4 Cara Mudik Walaupun Kehabisan Tiket Pulang Kampung

Tiket Lebaran
Image Source Bintang

Lebaran kini semakin hari semakin dekat, kurang dari dua minggu lagi seluruh umat Islam akan merayakan hari kemenangannya. Walaupun masih lama, banyak orang yang  sudah tidak sabar untuk pulang ke kampung halaman. Maklum saja, momen yang hanya ada pada setiap satu tahun sekali ini benar-benar dimanfaatkan, karena pada saat itu dimana semua anggota keluarga besar bisa berkumpul untuk merayakannya. Untuk mereka yang sudah memiliki tiket mudik, yang perlu dipersiapkan tinggal kesehatan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Tapi, bagaimana dengan mereka yang belum mempunyai tiket? sepertinya harus mulai berpikir dari sekarang untuk merealisasikan rencana pulang kampung.

Maklum, sebulan sebelum Lebaran, tiket –tiket alat transportasi akan melonjak naik,.transportasi darat seperti kereta api biasanya sudah ludes. Sementara itu, mendekati liburan harga tiket pesawat akan melonjak tinggi.

Nah sekarang untuk anda yang sedang mumet memikirkan rencana lebaran, ini tips yang bisa membantumu:

1.Cari Tiket di Agen Perjalanan

Jika tiket di konter resmi ataupun website perusahaan terkait sudah habis diborong, coba anda cari melalui agen-agen resmi. Masih banyak agen tiket maupun agen perjalanan online yang bisa anda telusuri. Jika anda beruntung, siapa tahu masih ada tiket sisat yang batal digunakan oleh pembelinya. Tetapi, kalau pun ada tiket yang tersisa anda sudah tidak  lagi bisa memesan tempat duduk maupun memilih kelas.

2. Kehabisan tiket? Lakukan Estafet

Bagi anda yang tidak kebagian tiket baik itu menggunakan bus, kereta api, maupun pesawat, sebetulnya masih ada kesempatan kok mudik dengan alat transportasi tersebut. Caranya adalah dengan mencari alternatif  bandara,  stasiun, terminal atau di kota lain sebagai titik keberangkatan anda. Contohnya, jika anda mudik dengan kereta api, coba carilah stasiun yang dekat dengan kota anda tetapi jumlah pemudiknya jauh lebih sedikit.

Contohnya, jika anda ingin mudik ke daerah Jawa Timur, kemungkinan untuk mendapatkan tiket kereta dari Jakarta sangat sulit. Untuk itu, anda bisa mencari alternatif keberangkatan lainnya seperti dari stasiun Bandung. Cara melihat ketersediaan tiket pun lebih mudah karena bisa dipantau secara online.

3. Ikut Program Mudik Gratis

Jika cara di atas tidak cukup berhasil, mengapa tidak memanfaatkan mudik gratis yang ada di anda. Banyak kok instansi dan juga perusahaan yang melayani fasilitas ini. Misalnya, Jika anda berencana mudik dengan kereta namun kehabisan tiket, coba saja ikut program mudik gratis.

4. Gunakan Kendaraan Pribadi

Jika semua alternatif transportasi umum sudah tidak bisa diakses dan anda memang harus mudik, alternatif yang bisa anda dilakukan adalah mudik dengan kendaraan pribadi. Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat dibandingkan motor terlebih bila jarak yang harus ditempuh cukup jauh. karena, mobil lebih aman, sehat dan mempunyai kapasitas besar jika ingin mudik bersama keluarga.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

June 27, 2016

Posted In: Tips & Tricks, Travel

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami