5 Manfaat Menanamkan Pengertian Pendidikan Finansial Sejak Dini

Asuransi pendidikan
Imagesource : Greate

Banyak orang tua yang berpikir bahwa jika mengenalkan anak kepada uang dapat membuat anak tersebut menjadi terlalu cinta uang sehingga sering sekali orang tua tidak pernah mengajarkan anak tentang uang sejak dini. Padahal banyak fungsi yang didapat saat orang tua mulai mengajarkan anak mulai sejak dini, karena dijaman sekarang ini anak-anak tumbuh didunia dengan permasalahan yang semakin kompleks sehingga mereka akhirnya pun perlu untuk mengetahui tentang finansial sejak dini agar mampu untuk mengambil alih masa depan sendiri.

Tidak salah jika mengajarkan anak sejak dini tentang pembelajaran keuangan, hanya saja kita perlu sesuatu yang lebih baik untuk mengajarkan mereka tentang finansial, seperti mengajarkan menabung, berbelanja dan memegang uang saku mereka sendiri. Cara-cara tersebut efektif untuk mengajarkan anak tentang finansial. Anda dapat mengajarkan anak tentang finansial sejak usia 5 atau 6 tahun.

Tujuan pendidikan finansial sejak dini adalah agar anak dapat mengerti tentang pemahaman dasar yang penting mengenai topik-topik keuangan conothnya menabung, investasi, belanja dan juga perencanaan keuangan lainnya.

Berikut beberapa manfaat yang anda dapatkan jika menghajarkan anak tentang finansial sejak dini, diantaranya yaitu:

  1. Mengerti Matematika

Jika anda mengajarkan anak tentang finansial atau tentang uang sejak dini, mereka bisa mengerti tentang perhitungan. Contohnya seperti menyuruh mereka berbelanja dengan uang RP.10.000 sedangkan harga belanjanya ialah Rp.7000, anda dapat mengajarkan anak tentang pengurangan dari cara tersebut, sehingga perlahan-lahan anak dapat mengetahui tentang matematika.

  1. Dapat Mengatur Keuangan Sendiri

Saat anda mengajarkan anak tentang keuangan sejak dini dengan cara memberikan mereka uang jajan selama seminggu misalnya Rp.10.000, anda dapat mengatakan kepada mereka bahwa uang tersebut harus bisa bertahan hingga 1 minggu. Dari sini anak mulai belajar sediri secara perlahan bagaimana uang mereka dapat bertahan selama 1 minggu tanpa merasa kurang.

  1. Mau Belajar Hemat

Anak pun dapat belajar berhemat saat anda mengajarkan tentang keuangan kepada mereka yaitu untuk menabung uang berlebih yang telah diberikan tersebut. Dari sini anak dapat belajar mengetahui bahwa uang sangat berharga. Anda juga dapat membukakan rekening anak yang telah tersedia di banyak bank.

  1. Mampu Membuat Keputusan Tentang Keuangan

Ketika mengajarkan anak tentang keuangan sejak dini, anak bukan hanya bisa belajar menabung saja. Tapi, anak pun mampu untuk mengatur keuangan mereka sendiri, anak dapat mengatur kemana uang mereka akan mereka pakai. Tanpa adanya sifat boros dan ingin menghabiskan uang secara berlebihan, anda dapat memberikan pengertian kepada anak bahwa dapat membeli apa saja yang mereka butuhkan dengan uang mereka sendiri.

  1. Mengerti Perbedaan Antara yang Disukai Dengan Yang Dibutuhkan

Biasanya anak yang berumur 6 tahun memiliki tingkat keegoisan yang tinggi, saat mereka sudah memiliki uang mereka akan membelanjakan uang tersebut dengan permainan yang mereka sukai saja. Akan tetapi, disini anda dapat memberikan pemahaman sejak dini kepada anak bahwa uang yang diberikan kepada mereka hanya untuk barang-barang yang dibutuhkan saja, seperti peralatan sekolah atau barang penting lainnya. Sehingga, anak pun dapat mengerti tentang barang yang “disukai” dengan barang yang “penting”.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 2, 2016

Posted In: Financial, Hot News

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami