5 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Kepungan Kabut Asap

Kabut Asap
Image Source nasional.harianterbit.com

Sudah hampir lebih dari satu bulan ini Provinsi Riau, dan sekitarnya terpapar kabut asap tebal akibat dari pembakaran hutan untuk membuka lahan. Saking tebalnya kabut asap ini hingga menggangu aktivitas warga sehari-hari. Beberapa penerbangan ke Riau terpaksa ditunda, anak-anak sekolah pun diliburkan. Maka bisa dipastikan perekonomian di Riau juga mulai melemah akibat dampak dari kepulan tebal asap yang hingga kini belum juga mereda.

Tidak hanya mengganggu aktivitas keseharian penduduk saja, kabut asap juga dapat menyebabkan kesehatan terganggu. Ada beberapa penyakit yang diakibatkan oleh tebalnya kabut asap (Baca : 8 Ganguan Kesehatan Yang Dapat Terjadi Akibat Kabut Asap ), salah satu yang paling banyak ditemukan adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Namun tidak hanya ISPA, penyakit seperti alergi kulit dan iritasi mata juga menghantui para korban dari kabut asap tersebut. Berikut ini ada beberapa kiat menjaga kesehatan ditengah kepulan kabut asap :

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Perbanyak minum air putih

Banyak penelitan mengatakan, bahwa kekurangan minum air putih bisa menyebabkan kamu kehilangan konsentrasi. Jika dalam keadaan udara normal saja kekurangan air minum kamu bisa kehilangan konsentrasi, apalagi dalam keadaan udara berselimut asap. Paru-paru kamu akan kotor dan terpapar partikel-partikel jahat yang dibawa oleh asap tadi.

Nah, untuk mengeluarkan partikel-partikel jahat dari tubuh kamu tadi dianjurkan untuk minum air secukupnya. Jangan tunggu sampai kamu dehidrasi, karena kesehatan kamu akan terancam karena kekurangan air sekaligus kerusakan paru-paru akibat menghirup udara yang tercemar.

Perbanyak asupan makanan bergizi

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan saat menghadapi ancaman dari udara yang kotor tercemar asap pembakaran. Jadi perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti vitamin C, vitamin E, dan Omega-3. Zat-zat tersebut dapat kamu temukan pada makanan seperti apel, tuna, sarden, kiwi, jeruk, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Pakai masker setiap kali beraktivitas di luar ruangan

Saat berselimut asap, usakan jangan terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan. Tapi apabila kegiatan tersebut tidak dapat ditinggalkan, maka cobalah untuk gunakan masker setiap kali hendak beraktivitas di luar ruangan.

Menutup jendela dan pintu rapat-rapat

Saat indeks standar polutan sudah berada melewati ambang batas, maka tutup rapat-rapat pintu dan jendela kamar kamu. Jangan pernah untuk coba-coba keluar apalagi membuka pintu dan jendela lebar-lebar. Tidak usah pedulikan bagaimana membosankannya berada di dalam rumah dengan kondisi pengap akibat minimnya udara segar yang masuk. Hal tersebut masih lebih baik ketimbang menghirup udara yang tercemar polusi akut. Jika di rumah kamu menggunakan AC sebaiknya kamu lebih rajin memeriksa dan membersihkan filter pada AC. Karena filter tersebut kotor, malah AC yang kamu gunakan berbalik mencemari udara di dalam ruangan.

Mencuci tangan dan wajah sesudah beraktivitas di luar ruangan

Setiap kamu berada di luar ruangan maka tubuh kamu terpapar oleh partikel jahat yang terbawa oleh kabut asap. Jika dibiarkan maka kulit kamu juga dapat mengalami gangguan kesehatan, jadi sebaiknya cuci tangan dan wajah kamu setelah beraktivitas di luar ruangan. Akan lebih baik jika kamu membersihkan badan dengan mandi, agar lebih maksimal lagi.

Kabut Asap
Lindungi kesehatan anda dari resiko penyakit dengan asuransi kesehatan. Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Related Post

Leave a Reply

September 16, 2015

Posted In: Health, Hot News, Tips & Tricks

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami