7 Hal Ini Ternyata Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil

Mar - 19
2019
Hal Ini Ternyata Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil

7 Hal Ini Ternyata Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil

Semua orang pasti menginginkan asuransi mobil dengan premi murah dan proteksi maksimal. Apalagi kini banyak perusahaan asuransi kredibel yang berlomba-lomba menghadirkan asuransi mobil dengan premi terjangkau. Fenomena tersebut turut mempengaruhi minat masyarakat terhadap asuransi mobil. Apalagi kini jumlah peminat mobil baru pun terus meningkat setiap tahun.

Namun, tahukah Anda bahwa tujuh hal ini juga turut mempengaruhi premi asuransi mobil?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Jenis Mobil yang akan Diasuransikan

Beda jenis mobil, maka berbeda pula besaran preminya. Ada jenis-jenis mobil yang dianggap memiliki sistem keamanan lebih baik dibandingkan jenis lainnya. Sehingga premi asuransinya relatif lebih murah.

Namun, mobil sport dan berbagai jenis mobil mewah lainnya justru dibanderol dengan premi asuransi yang lebih mahal. Karena spare part mobil tersebut pasti lebih mahal dibandingkan jenis mobil standar. Jika terjadi kehilangan atau rusak parah, perusahaan asuransi juga harus menyiapkan lebih banyak uang sebagai bentuk pertanggungan.

Usia Mobil Juga Berpengaruh

Semakin tua usia mobil, maka semakin mahal pula premi asuransi yang harus dibayarkan. Karena mobil yang sudah tua dianggap lebih mudah rusak dan rentan kecelakaan dibandingkan mobil baru. Itulah sebabnya Anda mesti bersedia membayar lebih demi mendapatkan proteksi asuransi mobil terbaik bagi kendaraan kesayangan. Pengaruh usai mobil juga membuat orang lebih memilih membeli mobil baru supaya tidak terlalu terbebani dengan premi asuransi yang mahal.

Usia Pengemudi

Para pengemudi berusia 17 hingga 25 tahun dianggap lebih berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas saat mengendarai mobil. Hal tersebut membuat premi asuransi untuk pengemudi muda biasanya lebih mahal dibandingkan pengemudi yang lebih tua. Para pengemudi yang usianya matang biasanya memiliki pengalaman mengemudi yang memadai dan emosinya pun lebih stabil saat berkendara.

Pada umumnya, pengemudi pria juga dikenakan premi asuransi mobil yang lebih mahal. Karena data lalu lintas menunjukkan bahwa kecelakaan mobil lebih sering dialami oleh pengemudi pria daripada pengemudi wanita.

Skor Kredit di Bank

Perusahaan asuransi biasanya akan memeriksa skor kredit seseorang sebelum mengabulkan pengajuan asuransinya. Orang-orang yang skor kreditnya baik dianggap memiliki kondisi finansial stabil dan sanggup membayar asuransi secara lancar. Sehingga premi asuransi mobilnya akan lebih murah. Sebaliknya, skor kredit yang buruk (pernah terlilit utang) akan membuat perusahaan asuransi ragu dan cenderung menetapkan premi asuransi yang mahal.

Catatan Mengemudi dan Klaim Asuransi Mobil

Informasi tentang pengalaman mengemudi dan klaim asuransi mobil juga mempengaruhi besaran premi. Bila Anda tercatat sebagai pengemudi yang sering ditilang, pernah mengalami kecelakaan, dan sering melakukan klaim asuransi mobil, kemungkinan besar Anda akan dikenakan premi yang mahal. Karena Anda dianggap lalai dan berisiko mengalami risiko berkendara lainnya di kemudian hari. Pengalaman mengemudi yang mulus tanpa tilang dan kecelakaan menjadi kunci untuk memperoleh premi asuransi mobil yang terjangkau.

Jarak Tempuh Mobil per Tahun

Kalau Anda sering berkendara jarak jauh, perusahaan asuransi akan menetapkan premi asuransi yang lebih mahal. Karena risiko kecelakaan dan kerusakan mobil akan meningkat seiring dengan peningkatan jarak tempuh. Bahkan, ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan premi istimewa bagi mobil yang jumlah kilometernya masih sedikit.

Lingkungan Tempat Tinggal

Faktor lingkungan tempat tinggal juga tak luput dari perhatian perusahaan asuransi. Lokasi yang rawan bencana alam dan tindak kriminalitas memang membuat perusahaan asuransi lebih waspada. Bencana atau risiko tak terduga yang menimpa mobil Anda bisa terjadi kapan saja.

Itulah sebabnya premi asuransi mobil di lingkungan yang rawan pun akan dibanderol lebih tinggi dibandingkan dengan lingkungan yang lebih aman. Kendati demikian, hal tersebut akan membuat Anda lebih tenang. Karena mobil kesayangan Anda mendapatkan proteksi maksimal sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin memilih asuransi mobil terbaik dengan premi terjangkau, Anda bisa melakukan perbandingan secara online. Informasi tentang karakteristik mobil dapat digunakan untuk memperoleh hasil perbandingan berbagai produk asuransi mobil. Anda pun bisa mempelajari spesifikasinya terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan asuransi mobil yang Anda butuhkan.

Memilih asuransi terbaik untuk mobil kesayangan kini tak akan membuat Anda bingung lagi. Mari temukan asuransi mobil dengan premi terjangkau dan manfaat yang sebanding dengan kebutuhan Anda!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *