Aktivitas ini Bisa Menjadi Pengisi Waktu ‘Ngabuburit’ Anda

‘Ngabuburit’ adalah kata yang biasa digunakan sebagai waktu menunggu buka puasa. Kata yang biasa digunakan pada bulan Ramadan atau bulan puasa ini berkenaan dengan semacam kegiatan atau aktivitas menyenangkan yang membuat waktu ketika menunggu Maghrib atau buka puasa tidak terasa lama atau membosankan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Banyak orang yang menghabiskan waktu ngabuburit ini seperti ketika hari-hari biasa selain di bulan Ramadhan, tapi bukankah akan sangat sayang jika bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkah ini tidak dimanfaatkan dan dijalankan dengan baik? Ketimbang menghabiskan waktu dengan tidur atau malas-malasan di rumah, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa kegiatan atau aktivitas yang  bermanfaat entah untuk diri sendiri atau untuk lingkungan sekitar.

Berikut ini adalah jenis-jenis aktivitas bermanfaat yang sekiranya bisa Anda coba sebagai pengisi waktu ngabuburit Anda:

  1. Perbanyak ibadah

Yang paling utama yang disarankan di sini tentu saja adalah beribadah. Anda sebagai umat muslim tentunya setuju jika Ramadhan dan puasa Anda akan sia-sia jika Anda tidak memanfaatkan waktu untuk beribadahnya dengan baik, bukan?

  1. Menghasilkan sesuatu

Sesuatu di sini bisa dianggap sebagai karya. Bisa sebuah karya tulis jika Anda suka menulis, sebuah lagu jika Anda suka menulis lagu, sebuah lukisan jika Anda suka melukis, dan lain sebagainya. Selain bisa ‘membunuh’ waktu dengan kegiatan atau hobi yang disukai, Anda juga bisa mendapatkan hasil atau bukti nyata atas kreativitas Anda. Sehingga, waktu Anda tidak akan terbilang sia-sia.  Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dsari karya yang Anda buat itu: bisa Anda coba patenkan atau bahkan sekadar mengasah keterampilan Anda.

  1. Menikmati suatu karya

Jika pada poin yang pertama adalah menghasilkan karya, Anda juga bisa memanfaatkan waktu ngabuburit Anda untuk menikmati karya (yang dihasilkan orang lain) yang Anda sukai. Membaca buku atau menonton film adalah contoh yang paling umumnya. Selain berguna untuk menghibur, Anda juga bisa banyak belajar dari sini. Menggali makna-makna yang terkandung di dalam tulisan atau film, atau bahkan mempelajari teknik menulis penulisnya. Anda juga bisa menjadi orang yang lebih kritis di sini dengan mencoba memberikan apresiasi atas karya yang Anda nikmati, bisa dengan memberikan review, opini, dan lain sebagainya.

  1. Mengunjungi tempat-tempat yang menginspirasi

Selain sekedar pergi ke tempat-tempat yang menyenangkan, ada baiknya jika Anda juga menunjungi tempat-tempat yang menginspirasi. Tentu saja inspirasi di sini tergantung dari masing-masing orang, karena setiap orang—termasuk Anda, pasti mempunyai sense atau cara melihat inspirasi yang berbeda. Tempat apa pun memang bisa memberikan inspirasi, tapi tidak ada salahnya jika Anda memikirkan sendiri terlebih dahulu tempat yang kira-kira bisa menginspirasi Anda. Alam yang menenangkan atau bahkan tempat-tempat sosial mungkin bisa dijadikan pilihan.

  1. Membantu sesama

Ketika mengunjungi tempat-tempat sosial, Anda juga bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti membantu orang-orang di sana. Bisa dengan memberikan sumbangan atau amal berupa benda fisik atau pertolongan berupa jasa seperti mengajar anak-anak kurang mampu, dan lain sebagainya. Selain bisa mengisi waktu luang, kegiatan seperti ini tentu saja memiliki manfaat yang besar dan merupakan kegiatan mulia—apalagi jika dilakukan di bulan Ramadhan.

Jadi, bagaimana? Dengan tips-tips yang telah disebutkan di atas apakah sudah tergambar di benak Anda mengenai kegiatan apa yang kira-kira Anda ingin lakukan sebagai versi ngabuburit terbaik Anda?

Related Post

Leave a Reply

May 31, 2017

Posted In: Lifestyle

Tags: , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami