Anda Bisa Lho Melakukan Simulasi Asuransi Kendaraan Sendiri

Jun - 20
2019
Simulasi Asuransi Kendaraan Sendiri

Anda Bisa Lho Melakukan Simulasi Asuransi Kendaraan Sendiri

Hal utama yang paling dikhawatirkan sebelum seseorang mengambil polis asuransi mobil adalah premi. Mereka takut jika ternyata preminya begitu tinggi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan simulasi asuransi mobil.

Setiap kendaraan dikenakan premi asuransi yang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang menentukan premi asuransi tersebut.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Itulah sebabnya Anda tidak bisa menggunakan patokan mobil lagi. Patokannya ya mobil Anda sendiri.

Lalu, bagaimana cara melakukan simulasi asuransi kendaraan? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Faktor Apa Saja yang Pengaruhi Premi Asuransi Mobil?

Sebelum Anda melakukan simulasi asuransi mobil, alangkah lebih baiknya jika Anda ketahui dulu apa saja faktor yang mempengaruhi angka premi asuransi mobil. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan sangat bisa memahami mengapa mobil satu premi asuransinya lebih murah daripada mobil lainnya.

Sebenarnya, banyak sekali faktor yang digunakan oleh perusahaan asuransi mobil untuk menentukan premi asuransi mobil Anda. Akan tetapi, secara umum, berikut ini faktor yang paling menentukan.

Tipe Mobil

Apakah mobil Anda termasuk mobil kelas premium? Jika ya, ada kemungkinan premi asuransi mobil Anda mahal. Dengan asumsi, ketika terjadi kerusakan, biaya perbaikan dan juga pembelian sparepart mahal. Itulah alasan mengapa premi asuransi mobil premium atau mewah itu mahal.

Namun, ada kalanya mobil kelas premium justru preminya murah. Ada pertimbangan lain yang digunakan oleh perusahaan asuransi ketika melakukan simulasi asuransi mobil. Biasanya, mobil mewah memiliki fitur keamanan yang super canggih. Hal ini membuat risiko kecelakaan dan juga risiko pencurian mobil bisa ditekan. Karena inilah perusahaan berani memberikan premi yang murah.

Nah, ada angka tengah antara harga sparepart atau biaya perbaikan yang tinggi dengan fitur keamanan yang super lengkap. Di sinilah perusahaan angka menentukan angka premi yang tepat.

Yang pasti, semakin mewah sebuah mobil, premi asuransinya semakin tinggi. Tidak selalu demikian. Karena perusahaan tidak hanya mempertimbangkan satu hal tapi banyak hal lainnya.

Tahun Pembuatan

Coba Anda tebak mana yang lebih mahal antara mobil yang masih baru dengan mobil yang sudah tua? Jika jawaban Anda adalah mobil yang baru, jawaban Anda salah. Justru mobil yang semakin tua dikenakan premi asuransi lebih tinggi.

Kok bisa? Karena risiko rusak lebih tinggi pada mobil tua. Kalau mobil baru, mesin masih bagus. Risiko rusak rendah. Maka dari itu, saat melakukan simulasi asuransi kendaraan, perusahaan akan menanyakan tahun pembutan mobil Anda.

Tipe Asuransi

Tahukah Anda bahwa ada 2 tipe asuransi yang ditawarkan? Yang pertama adalah tipe asuransi All Risk. Artinya, semua kerusakan, entah itu kecil maupun besar ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Begitu juga dengan risiko kehilangan.

Sementara itu, tipe yang kedua, yaitu tipe TLO atau Total Loss Only hanya menanggung kerusakan besar dan juga kehilangan. Mana kira-kira yang paling mahal? Jelas yang tipe pertama, yaitu tipe asuransi All Risk.

Akan tetapi, tidak mesti tipe All Risk ini yang terbaik. Sesuaikan dulu dengan kebutuhan Anda. Lakukan simulasi asuransi mobil dan pilih mana yang paling sesuai dengan anggaran keuangan Anda.

Umur

Banyak yang tidak menyangka jika perusahaan asuransi mempertimbangkan faktor usia ketika menentukan premi asuransi. Ini yang harus Anda perhatikan.

Alasannya sangat masuk akal. Ada perbedaan risiko kecelakaan antara pengemudi yang masih muda dengan yang sudah tua. Untuk pengemudi muda yang masih labil, biasanya risiko kecelakaan saat berkendara tinggi. Makanya, saat melakukan simulasi asuransi kendaraan, preminya tinggi. Lain hal jika pengemudi sudah berusia matang. Emosi sudah stabil serta pengalaman berkendara sudah bagus membuat perusahaan tidak perlu terlalu khawatir.

Penggunaan Mobil

Premi asuransi mobil pribadi dengan mobil kantor atau dinas beda. Biasanya, lebih mahal premi asuransi mobil pribadi. Namun, ini bukan satu-satunya yang diperitimbangkan. Perusahaan asuransi juga melihat penggunaan mobil. Walaupun mobil kantor, jika frekuensi penggunaannya sering, maka bisa saja permi asuransinya tinggi.

Setidaknya 5 faktor tersebut yang mempengaruhi premi asuransi mobil. Lalu, kira-kira berapa premi asuransi mobil Anda?

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Kini, semuanya serba lebih mudah. Dengan adanya teknologi dan internet, semua lebih gampang. Begitu pula ketika Anda ingin melakukan simulasi asuransi mobil.

Dulu, Anda perlu ke kantor perusahaan asuransi mobil. Atau setidaknya Anda harus bertemu dengan petugas asuransi mobil agar bisa dihitung berapa premi asuransi mobil Anda.

Sekarang, Anda tidak perlu repot-repot ke kantor. Anda hanya perlu menggunakan smartphone atau laptop Anda. Cukup kunjungi laman  asuransi mobil Cek Premi. Di sana, ada semacam kalkulator yang bisa menghitung berapa biaya premi asuransi mobil Anda.

Anda akan diminta untuk memasukkan data-data mengenai kendaraan yang Anda miliki. Contohnya tipe mobil, tahun pembuatan, lokasi, dan lain sebagainya. Setelah itu, akan muncul angka. Angka tersebut merupakan estimasi biaya premi yang harus Anda bayarkan.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengajukan asuransi mobil. Tidak perlu ke kantor. Cukup ajukan secara online di situs tersebut. Lakukan registrasi online. Lalu, lakukan transfer pembayaran. Mobil Anda sudah diasuransikan. Anda bisa lebih tenang berkendara.

Mudah, kan?

Yang terpenting, pilih tipe asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesuaikan juga dengan kemampuan finansial Anda. Karena pada dasarkan mengasuransikan mobil itu untuk menghindarkan Anda mengalami kerugian yang lebih tinggi dengan mengeluarkan uang yang sedikit. Segera lakukan simulasi asuransi mobil dan pilih tipe asuransi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *