Asap Knalpot, Indikasi Kerusakan pada Mesin Mobil

asap knalpot

Asap knalpot atau gas buang merupakan produk dari sisa pembakaran mesin kendaraan yang tak sempurna. Gas tersebut mengandung berbagai jenis zat kimia yang bisa dengan mudah terhirup manusia. Kandungan zat kimia tersebut bisa berbahaya bagi sistem pernafasan atau masalah kesehatan lainnya. Asap knalpot dengan warna berbeda mengindikasikan kerusakan tertentu. Berikut informasinya.

Asap Knalpot dan Kerusakannya

  • Asap Putih

Biasanya kendaraan dengan bahan bakar bensin mengeluarkan asap knalpot yang tak terlihat. Apabila mobil kamu mengeluarkan asap berwarna putih pekat secara tiba-tiba, kemungkinan ring piston bermasalah. Salah satunya adalah aus yang terjadi akibat usia penggunaan maupun jarang melakukan ganti oli.

Untuk mobil diesel, knalpot yang mengeluarkan asap putih pekat bisa jadi pertanda sistem pembakaran solar tak bekerja maksimal. Penyebabnya, jumlah solar yang terlalu banyak di ruang bakar tidak bisa dibakar secara sempurna. Kondisi tersebut juga dapat terjadi karena solar yang digunakan tidak sesuai dengan mesin kendaraan.

  • Asap Hitam

Pada mobil diesel, knalpot yang mengeluarkan asap hitam mungkin dianggap normal. Namun, jika mobil kamu menggunakan bensin dan mengeluarkan asap hitam, bisa jadi pembakarannya tidak sempurna. Masalah ini pun sering mengakibatkan mobil terasa lebih boros bensin. Cara paling tepat menangani masalah tersebut adalah memeriksa kondisi filter udara beserta komponen lain yang terkait dengan sistem pembakaran. Mulai dari fuel pressure regulator, sensor, hingga injeksi bahan bakar.

  • Asap Biru

Biasanya, kondisi semacam ini disebabkan oleh terbakarnya oli dan bahan bakar secara bersamaan pada area ruang bakar mesin. Masalah ini juga lebih sering terjadi pada mobil yang usianya sudah tua. Selain itu juga kerap menimpa mobil dengan jarak tempuh panjang atau mobil yang digunakan secara sembarangan.

Apabila masalah tersebut terjadi, pastikan kamu memeriksa volume oli secara berkala. Jika benar berkurang, segera tambah. Ganti oli jika memang oli tersebut sudah mengental dan berwarna hitam pekat.

 

Solusi Menghilangkan Asap Knalpot Bermasalah

  • Gunakan Oli yang Sesuai

Cara pertama sebaiknya perhatikan oli yang kamu gunakan. Apakah oli yang digunakan terlalu encer atau tidak. Penggunaan oli yang terlalu encer mengakibatkan oli akan masuk ke dalam sela-sela mesin. Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan akan mengakibatkan overheating.

  • Rutin Membersihkan Knalpot

Tips selanjutnya yakni pastikan kamu rutin membersihkan knalpot. Cara membersihkan knalpot dapat dilakukan dengan oli atau cairan khusus pembersih yang dijual di bengkel-bengkel terpercaya atau bengkel resmi.

  • Perhatikan Waktu Pemakaian

Pemakaian kendaraan dalam jangka panjang tanpa memperhatikan komponen-komponen mesin  tentu saja akan membuat kerusakan. Keluarnya asap pada kendaraan lama biasanya terjadi adanya kerak pada saluran pembuangan. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu melakukan servis rutin. 

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp.35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun. 

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant. 

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Asap Knalpot

Apa penyebab knalpot berasap putih?

Jika mobil kamu mulai menunjukkan knalpot mengeluarkan asap putih, maka hati-hati. Bisa saja oli mobil sudah bocor masuk ke ruang pembakaran. Inilah yang menimbulkan asap putih muncul secara otomatis dari kendaraan.

Kenapa asap knalpot biru?

Tak jarang, kita melihat sebuah kendaraan mengeluarkan asap knalpot berwarna biru. Ini bukan hal yang unik. karena warna biru tersebut menandakan ada sedikit oli yang terbakar dalam mesin.