7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet Selain Servis ke Bengkel

Apr - 18
2021
cara merawat ac mobil

7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet Selain Servis ke Bengkel

Selain rutin melakukan servis di bengkel, ternyata ada lho cara merawat AC mobil yang mudah dan bisa kita lakukan sendiri di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Baca selengkapnya di sini!

AC atau Air Conditioner merupakan bagian yang sangat penting bagi kendaraan. Komponen yang satu ini berguna sebagai pendingin kabin mobil, terutama dalam kondisi cuaca yang panas.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Bagi masyarakat negara tropis seperti Indonesia, penggunaan alat yang satu ini terbilang krusial. Karena itu, penting untuk menjaga keremajaan AC agar tetap berfungsi secara optimal.

Inilah 7 Cara Merawat AC Mobil supaya Awet

Sebenarnya, cara merawat AC mobil paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan membawa kendaraan tersebut langsung ke bengkel atau dealer mobil terdekat.

Namun selain membutuhkan biaya, cara tersebut terbilang periodik karena tak bisa dilakukan setiap hari. Sebagai langkah perawatan daily basis, berikut langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Rutin Membersihkan Kondensor AC

Pernah mengalami masalah AC tidak dingin? Bisa jadi itu karena kondensornya. Agar tetap awet, kondensor AC perlu dirawat secara berkala untuk membuang debu dan kotoran yang menempel.

2. Ganti Filter Kabin secara Berkala

Selain dibersihkan secara rutin, filter kabin juga harus diganti secara berkala. Filter kabin merupakan komponen sangat penting, sebab bertugas sebagai pengisap debu yang akan masuk ke evaporator.

3. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Merokok saja sudah berbahaya bagi kesehatan, apalagi jika Anda melakukannya di dalam mobil. Kebulan asap rokok tentu memperberat kinerja pendingin. Kabin dan filter AC pun akan cepat kotor!

4. Lakukan Pemanasan Komponen AC

Bukan cuma mesin, pemanasan terhadap komponen pendingin juga berguna sebagai cara merawat AC mobil. Apalagi jika AC tersebut jarang digunakan, tentu selang dan belt-nya akan cepat rusak.

Karena itu, panaskan komponen pendingin mobil dengan cara menghidupkan AC selama 10 menit minimal seminggu sekali. Setelah itu, cek juga kondisi kondesor beserta filter kabinnya, ya!

5. Matikan AC saat Mesin Tidak Menyala

Kebiasaan membiarkan AC dalam kondisi hidup saat mematikan mesin mobil nyatanya dapat menimbulkan dampak buruk terhadap komponen pendingin itu sendiri!

Sehingga, pastikan Anda mematikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mobil. Begitu sebaliknya, nyalakan mesin kendaraan lebih dulu sebelum mengeser panel AC mobil.

6. Periksa Kelayakan Extra Fan AC Mobil

Cara merawat AC mobil selanjutnya adalah dengan memeriksa kelayakan extra fan-nya. Komponen ini cukup penting, sebab bertugas untuk membantu proses pendinginan freon dalam kondensor AC.

7. Buang Suhu Panas sebelum Nyalakan AC

Jika kondisi kabin sedang panas-panasnya, lebih baik buang dulu suhu panas tersebut sebelum menyalakan AC. Hal ini dimaksudkan, untuk mengurangi kerja AC dalam mendinginkan ruangan.

Itulah beberapa cara merawat AC mobil yang bisa Anda coba. Jangan lupa, lengkapi keamanan dan kenyamanan kendaraan dengan polis asuransi mobil yang tepat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *