Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Setelah Wisuda

wisuda

Wisuda sampai saat ini masih menjadi suatu hal yang membahagiakan dan membanggakan bagi setiap orang yang mencapainya. Bagaimana tidak ketika segala perjuangan seseorang selama kurun waktu menuntut ilmu tersebut terbayar dengan pemberian gelar di belakang namanya? Gelar tersebut bukan hanya sekedar gelar, gelar tersebut menandakan bahwa seseorang telah melalui serangkaian perjuangan dalam dunia akademis untuk menjadi orang akademis. Terutama, orang akademis yang berguna. Tidaklah bisa dikatakan hidup seseorang itu benar-benar sukses jika belum bermanfaat untuk lingkungannya, meskipun uangnya banyak.

Apabila Anda setuju dengan pernyataan di atas, Anda tentunya akan berpikir seperti ini: “Bagaimana agar saya dapat berguna untuk lingkungan sekitar saya?”
Setelah seseorang wisuda, jalan yang bercabang seakan berada di hadapan mereka untuk dipilih, mana yang mau dilalui? Jalan yang dimaksud di sini adalah keputusan Anda akan apa yang ingin dilakukan selepas wisuda itu. Anggap saja poin-poin yang saya tulis di bawah ini adalah pilihan jalan-jalan itu, jalan mana yang kira-kira akan Anda pilih?

  • Melanjutkan pendidikan
    Hal yang banyak dituju atau menjadi impian banyak orang adalah menuntut ilmu setinggi mungkin. Setelah memenuhi wajib belajar sembilan tahun, setiap orang pasti ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Sekolah Menengah Atas dan kuliah. Bahkan, setelah seseorang memenuhi pendidikan kuliahnya dengan mendapatkan gelar sarjana 1, masih ada sarjana 2 hingga sarjana 3 yang bisa sangat menggiurkan untuk diraih.
  • Mencari pekerjaan
    Tidak jarang orang yang beranggapan, atau bahkan setidaknya ada secuil dalam benak setiap orang, bahwa “Mencari ilmu adalah untuk mendapatkan pekerjaan”. Hal ini adalah pikiran yang sangat realistis, walaupun tidak sepenuhnya benar. Tentu saja dalam mendapatkan pekerjaan, pada zaman yang persaingannya tinggi seperti sekarang, pendidikan sangat berpengaruh. Sebuah perusahaan pasti akan melihat latar belakang pendidikan seseorang untuk mempertimbangkannya menjadi karyawan: “Apakah pendidikannya baik dan sudah sesuai dengan pekerjaan tersebut?”. Meskipun berpikir seperti ini agak menyalahi tujuan dalam mencari ilmu itu sendiri yang pada hakikatnya adalah untuk mendapatkan ilmu, bukan masalah pekerjaan semata.
  • Mencari pendamping hidup
    Nah, poin nomor tiga inilah yang biasanya “digalaukan” oleh para kawula muda, termasuk mungkin beberapa dari Anda yang membaca tulisan ini. Yah, hal ini memang sangat manusiawi, tapi jangan sampai hidup Anda difokuskan untuk hal ini saja. Toh masih banyak hal yang bisa dilakukan dan lebih penting untuk dipikirkan dari pada hal ini, meniti karir yang baik misalnya. Namun untuk Anda yang memang sudah memiliki calon, boleh saja setelah wisuda Anda langsung menikah, tapi coba perhatikan dulu, ya, situasi dan kondisinya seperti apakah Anda sudah pantas dan bisa membina rumah tangga yang baik atau belum.

Demikianlah tiga poin utama yang bisa dan biasa seseorang lakukan setelah wisuda. Bagaimana dengan Anda? Mana jalan yang Anda pilih? Anda bebas memilih jalan mana pun dalam kehidupan Anda sendiri, asalkan jangan lupa memperhatikan satu hal: sudahkah Anda bermanfaat untuk lingkungan Anda? “Bermanfaat” di sini tidak selalu harus dengan memberikan dampak yang nyata pada lingkungan dan membutuhkan banyak uang, tapi setidaknya Anda bisa bermanfaat menjadi pribadi yang baik dan tidak sungkan dalam menolong sesama.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 3, 2016

Posted In: Features, Inspirational, Lifestyle

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami