Ini Dia Cara Membedakan Sepeda Motor Bekas Terendam Banjir

Sepeda Motor
Image Source bisnis.news.viva.co.id

Selain dengan kredit cara termudah mendapatkan sepeda motor adalah dengan beli sepeda motor bekas. Tapi pastinya memilih sepeda motor bekas sangat diperlukan kehati-hatian. Mulai dari kondisi body, aksesoris, mesin, hingga spare parts yang menempel perlu diperhatikan secara detail. Khususnya mesin, karena mesin adalah hal yang menjadi Patokan utama sepeda motor layak atau tidak untuk anda beli. Jika anda membeli sepeda motor dengan mesin yang sudah rusak, maka akan jadi kerugian sendiri buat anda, karena harga mesin sepeda motor bisa lebih mahal dari harga motor bekasnya sendiri.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Tentunya sepeda motor bekas yang anda beli sudah pernah dipergunakan oleh si pemiliknya, dan anda akan sulit mendeteksi apa hal yang pernah terjadi sebelumnya terhadap sepeda motor tersebut. Terutama sepeda motor bekas yang pernah terkena banjir, cukup sulit mengetahui tanda-tanda sepeda motor yang sudah terkena banjir.

Cara termudahnya adalah dengan bertanya kepada ahli atau mekanik, namun si pedagang biasanya lebih cerdik untuk menutupi itu semua. Lalu bagaimana cara mudah mengidentifikasi sepeda motor yang pernah terendam banjir ? Berikut adalah tipsnya yang dikutip dari Kompas.com :

Cek Endapan Tanah Pada Sela-Sela Plastik Pada Bodi

Endapan tanah dari banjir bisa dilihat di sambungan dek, atau plastik pada bodi. Endapan tanah tersebut bisa terlihat setelah dibuka atau dipisah, jika jelas atau pun terdapat bercak dari endapan tanah, maka sudah pasti sepeda motor tersebut sudah pernah terendam banjir.

Lihat Endapan Pasir Pada Komponen

Walaupun sudah coba dibersihkan, tapi masih saja kekurang telitian membuat endapan-endapan pasir tersebut tertinggal. Makanya sebagai pembeli kita dituntut untuk lebih teliti lagi, buka bodi motor lalu cek komponen-komponen seperti ikatan kabel-kabel soket, sampai komponen kecil.

Cek Tombol-Tombol

Pasir yang mengendap pada tombol-tombol di sepeda motor akan menyebabkan seret dan sedikit sulit saat coba dibuka. Jika ditemukan hal tersebut, bisa dipastikan sepeda motor terendam hingga bagian atas.

Kenali Suara Mesinnya

Suara mesin motor yang kasar saat mesin dinyalakan patut dicurigai sudah terkena imbas banjir, atau air yang masuk sudah mempengaruhi kinerja pelumas. Kalau pun penyebabnya bukan banjir, sepeda motor dengan suara mesin yang seperti itu memang sudah tidak layak dibeli karena perawatannya kurang.

Perhatikan Warna Pelumas di Bagian Gardan

Sebelumnya buka boks CVT untuk skutik, jika banyak komponen yang berkarat, dan berpasir, tandanya sudah pernah terendam air. Namun jika hal tersebut kurang meyakinkan anda bisa mengecek warna pelumas di bagian gardan. Sepeda motor yang sudah terendam banjir akan merubah warna pelumas di bagian ini menjadi seperti warna kopi susu.

 

Asuransi Motor
Cak Perlindungan Motor Terbaik Anda (Klik Gambar)

Related Post

Leave a Reply

March 31, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami