Ini Dia Gejala Penyakit Meningitis Yang Merenggut Nyawa Olga Syahputra

Meningitis
Image Source youtube.com

Setelah hampir setahun absen akibat sakit meningitis, artis sekaligus comedian Olga Syahputra menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura pada hari Jum’at tanggal 27 Maret 2015 lalu. Tepat pada pukul 16.17 waktu Singapura akhirnya pelantun lagu “Hancur Hatiku” tersebut menyerah pada penyakit yang membuat dirinya harus menjalani sisa hidupnya dengan berpindah-pindah rumah sakit.

Tak ada yang menyangka bahwa meningitislah yang mengakhiri perjalanan Olga Syahputra di dunia. Bagi beberapa orang penyakit meningitis sendiri masih terasa asing di telinga. Mungkin anda sendiri pun belum mengetahui apa itu meningitis, dan bagaimanakah gejala awalnya ? Berikut pengertian meningitis dan gejalanya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian

Meningitis adalah radang yang terjadi pada membrane yang menyelubungi otak dan tulang sumsum belakang, radang tersebut dapat diakibatkan oleh infeksi oleh virus bakteri, serta mikroorganisme lainnya. Selain itu, meningitis juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu yang dikonsumsi. Kematian yang terjadi pada penderita meningitis adalah dikarenakan radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang, jadi kondisi ini dapat dikatakan sebagai kedaruratan medis.

Gejala

Penyakit meningitis dapat dideteksi lebih awal dengan mengenali gejala-gejala awalnya, ini dia gejala umum seseorang yang terjangkit meningitis.

– Demam tinggi yang datang secara tiba-tiba/mendadak

– Sakit kepala hebat

– Leher terasa kaku, ini terjadi akibat peradangan tulang sumsum belakang

– Muntah dan mual

– Kejang

– Kantuk dan kesulitan bangun

– Nafsu makan dan minum berkurang

– Ruam pada kulit

Tidak hanya menyerang orang dewasa, meningitis juga banyak ditemukan pada bayi. Bedanya adalah gejala meningitis yang timbul pada bayi tidak disertai dengan sakit kepala dan leher kaku. Gejala meningitis yang tampak pada bayi adalah demam tinggi, menangis secara konstan, ada benjolan di ubun-ubun kepala bayi, bayi akan pasif tidak aktif seperti bayi pada normalnya, dan bayi akan alami makan yang buruk.

Nah, jika anda, keluarga, atau kerabat ada yang mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi maka segeralah memberikan pengobatan secara medis, penanganan medis yang cepat dapat menghindari hal yang tidak diinginkan saat terserang penyakit meningitis. Karena penyakit ini datang dan bereaksi sangat cepat. Penanganan yang terlambat sedikit saja bisa berakibat fatal, karena penyebaran bakteri maupun mikroorganisme tersebut bisa saja langsung menggerogoti dan merusak otak anda secara permanen.

asuransi kesehatan
Cegah kerugian akibat meningitis dengan menggunakan asuransi kesehatan, pilih asuransi kesehatan terbaik disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 30, 2015

Posted In: Health

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami