Ini Tanda-Tanda Sepeda Motor Anda Bakal Mogok

Sepeda Motor
Image Source kaskus.co.id

Bagi para bikers profesional, hal yang paling menjengkelkan bagi mereka pada saat berkendara dengan sepeda motor adalah kondisi cuaca yang ekstrim. Berbeda dengan bikers yang masih awam, hal yang menjengkelkan buat mereka pada saat mengendarai sepeda motornya adalah mogok. Tentu hal yang dianggap menjengkelkan para bikers yang masih “hijau” tersebut tidak akan dirasakan oleh para bikers yang sudah profesional, karena mereka pasti sudah menguasai segala bentuk dan seluk beluk mesin sepeda motornya.

Sedangkan bikers yang masih awam mungkin mengendalikan pedal gas saja sudah merupakan sesuatu yang bisa mendatangkan “kiamat” kecil bagi mereka. Untuk itu, beberapa dari para bikers tersebut perlu diberikan bekal, karena menghadapi jalanan sama sulitnya dengan menghadapi pasangan. Tapi bukan berarti para bikers yang masih awam tersebut tidak memahami atau tidak ahli saat mengendarai sepeda motornya, mereka hanya kurang sedikit pengalaman. Dan satu lagi, mereka juga sangat mudah terpancing emosinya.

Guna mencegah perluasan penderita hipertensi di Indonesia yang bisa disumbangkan oleh para bikers yang masih awam, berikut ini kami berikan info singkat mengenai tanda-tanda sepeda motor bakal mogok dari Andri Irwan seorang penggawa bengkel terkemuka yang dikutip dari okezone.com .

Irwan memaparkan sebelum mogok sepeda motor menunjukan beberapa tanda, nah melalui tanda inilah si pengendara diharapkan untuk lebih peka akan kondisi sepeda motornya. Tanda yang pertama tenaga atau tarikan sepeda motor mulai berat, lalu kemudian diiringi oleh bunyi atau suara seperti tembakan saat gas dilepas, apabila sepeda motor anda terdapat RPM jarumnya akan terlihat sulit untuk naik.

Dengan adanya tanda-tanda di atas, seharusnya anda sudah paham bahwa ada yang tidak beres dengan motor anda. Cara menanganinya adalah tentu saja dengan dibawa kebengkel, tapi apabila anda adalah seseorang yang cukup mahir mengenai mesin dan seluk beluk sepeda motor, anda dapat mengeceknya sendiri.

Irwan menambahakan kalau ada beberapa penyebab sepeda motor mogok, penyebab utama motor mogok adalah karena masalah pengapian yang tidak sempurna. Pengapian tidak sempurna dikarenakan busi motor yang kotor, jadi warnanya sudah mulai menghitam. Atau juga diakibatkan oleh sumbatan, jadi karburatornya tidak bekerja dengan sempurna. Untuk motor injeksi, biasanya masalah terdapat pada injeksinya.

Jika penyebab motor anda mogok hanya karena busi yang kotor, anda dapat mengatasi sendiri masalah tersebut. Cukup dengan mambuka kabel busi, kemudian cabut lalu bersihkan dengan kain dan dipasangkan kembali sesudahnya. Meski begitu, anda masih tetap harus memeriksakan kondisi sepeda motor anda ke bengkel, karena pembersihan tersebut hanya bersifat sementara. Atau anda dapat mengganti busi yang sudah hitam tersebut untuk menghindari risiko mogok dikemudian hari.

 

sepeda motor
Yuk lindungi sepeda motor anda dengan asuransi motor. Cek premi termurahnya mulai dari Rp 100 ribu per tahun (Klik Gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 25, 2015

Posted In: Automotive

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami