Kebiasaan Sederhana Berikut Ini Telah Membuang Banyak Air

kebiasaan sederhana

22 Maret, tepat hari ini adalah hari air sedunia. Mari kita membahas tentang air kali ini, untuk memperingati hari Air sedunia. Hari air sedunia dibuat untuk menyadarkan masyarakat dunia, akan pentingnya air bersih untuk kesehatan dan pembentukan pengelolaan sumber air bersih yang berkelanjutan.

Kampanye hari Air sedunia dibuat oleh PBB dan anggota Negara adalah untuk mempromosikan konservasi air secara global, dengan adanya kegiatan-kegiatan yang nyata. Konservasi air bersih ini memfokuskan pada perhatian publik terhadap adanya isu-isu kritis air dan masalah air secara garis besar. Dan, mengupayakan agar lebih banyak masyarakat mendapatkan akses air bersih.

Menurut buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta, “Permukaan bumi yang ditutupi air samudra meliputi sekitar 70%”, jumlah tersebut kira-kira sebesar kira-kira 1,4 ribu juta kilometer kubik, namun sayangnya walau begitu yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia sendiri hanya 0,003%. Dengan jumlah seperti itu, tidak heran bila ada beberapa negara atau daerah yang tidak memiliki akses sama sekali untuk mendapatkan ait bersih.

Maka itu, kami mengajak Anda dalam memperingati hari air sedunia ini, mari kita lebih berhemat dalam menggunakan air. Mulai sekarang ubah kebiasaan Anda yang secara tidak sadar telah membuang air cukup banyak.

Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang sering lakukan dalam penggunaan air, yaitu:

– Air Terbuka Saat Sikat Gigi
Kebiasaan sederhana pertama yang sering kit lakukan dan secara tidak sadar telah menghabiskan banyak air adalah saat sikat gigi. Saat gigi, umumnya orang-orang akan mebiarkan air terus keluar dari krannya, hingga mereka selesai menyikat giginya. Padahal, kebiasaan seperti itu tanpa sadar membuat telah menghabiskan air yang banyak.

– Mengisi Bak Mandi
Kita tentu juga sering mengis bak mandi dan tidak meperhatikan bahwa air yang telah penuh di bak tersebut, telah penuh. Akhirnya, airnya terbuang dengan sia-sia begitu saja. Ada baiknya, mulai dari sekarang saat mengisi bak mandi, Anda lebih memperhatikannya agar air tidak terbuang dengan sia-sia.

– Mencuci
Mencuci baju, motor atau mobil memang membutuhkan air yang banyak, namun sayangnya banyak orang tanpa sadar malah menggunakan air dengan berlebihan. Dan, akhirnya mmebuat air menjadi terbuang dengan sia-sia begitu saja.

Demikian 3 kebiasaan sederhana yang umumnya kita lakukan, tanpa sadar telah membuang-buang air begitu saja. Kami menyarankan kepada Anda, untuk mencintai bumi tercinta kita ini, dengan menggunakan air dengan sebijak mungkin. Ingatlah, bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa mendapatkan akses air bersih. Coba bayangkan, bila air bersih tidak ada didunia ini, bagaimana cara kita hidup? Dengan menggunakan air bersih dengan bijak, menjadikan kita manusia yang lebih bersyukur atas air bersih yang diberikan oleh alam kepada kita. Jadi, sekali lagi gunakan air dengan bijak dan selamat hari air sedunia.

Leave a Reply

March 22, 2017

Posted In: Inspirational

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami