Lindungi Fauna Langka Dengan Ikut Merayakan Hari Hak Asasi Hewan

 

Hari Hak Asasi Hewan
Image Source Cekpremi

 

Hari Hak Asasi Hewan mungkin sekilas terdengar lucu di telinga Anda. Ternyata tidak hanya manusia, hewan pun juga memiliki hak asasi, bahkan ada hari peringatannya setiap setahun sekali.

Namun, jika Anda mengetahui bagaimana latar belakang akhirnya dibuat hari peringatan ini, Anda pasti tidak akan menertawakan atau menyepelekannya lagi, malahan sangat mendukung hak asasi hewan ini.

Hak asasi hewan mempunyai arti bahwa hewan juga memiliki hak asasi. Bahwa mereka ada bukan hanya untuk dimanfaatkan, tapi juga agar bisa memiliki kehidupannya sendiri yang layak sebagai hewan. Hal ini memang tidak bisa disamakan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) karena pada dasarnya hewan memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, namun bukan berarti kita bisa memperlakukan mereka dengan semena-mena.

Tindakan manusia yang semena-mena terhadap hewan adalah salah satu alasan punahnya hewan. Anda pasti sudah tahu bahwa dari jaman dahulu kala hingga saat ini sudah banyak sekali hewan yang punah. Para dinosaurus atau hewan purba lainnya mungkin punah karena tidak lolos proses seleksi alam, atau perubahan alam yang tidak sesuai lagi dengan adaptasi mereka. Tapi,  beberapa punahnya hewan juga disebabkan oleh kelakuan manusia sendiri. Contoh: melakukan perburuan, merusak ekosistem mereka, dan sebagainya. Punahnya suatu jenis atau spesies hewan ini bisa terjadi di mana saja, di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa hewan yang punah atau yang termasuk ke dalam kategori langka. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Harimau Jawa

Seperti namanya, Harimau ini adalah hewan yang berasal dan hidup di pulau Jawa yang memiliki ciri-ciri khas Jawa seperti mempunyai berat sekitar 100-141 kg dan panjang sekitar 2.43 meter untuk Harmau Jantan, dan Harimau betina yang memiliki bobot yang lebih ringan dan lebih pendek daripada yang Jantan. Sayangnya, spesies Harimau ini sudah punah sejak tahun 1980 akibat perburuan oleh manusia dan berkurangnya lahan habitat mereka akibat perluasan lahan pertanian.

2. Pesut Mahakam

Pesut Mahakam adalah sejenis Lumba-Lumba. Yang unik adalah, Lumba-Lumba jenis ini hidup di air tawar, tidak seperti mamalia air lainnya yang hidup di air laut. Dinamakan Pesut Mahakam juga karena populasinya kini hanya terdapat di sungai Mahakam. Padahal dulu, mamalia ini bisa ditemukan di banyak muara di Kalimantan. Sekarang, walaupun hewan ini belum punah, keberadaanya bisa dibilang sangat langka. Penyebabnya adalah habitat yang terganggu dengan semakin sibuknya lalu-lintas air di sekitar sungai Mahakam dan juga berkurangnya sumber makanan (ikan dan udang) karena bersaing dengan manusia (para nelayan).

3. Bekantan

Bekantan adalah sejenis kera dengan ciri hidung unik yaitu besar dan panjang, serta rambut seperti jambul yang berwarna coklat kemerahan. Monyet yang memiliki nama lain “Monyet Belanda” yang berasal dari Kepulauan Kalimantan ini pun jugatergolong ke dalam satwa yang hampir punah.

Masih banyak lagi contoh satwa yang punah atau hampir punah. Masih banyak lagi satwa yang terancam keberadaannya dan akan tambah panjang lagi daftarnya jika kita tidak bertindak untuk melindungi keberadaannya.

Pemerintah Indonesia, dalam usahanya melindungi keberadaan satwa-satwa langka ini, sudah membuka banyak suaka margasatwa sebagai tempat berlindung mereka, serta membuat beberapa peraturan atau undang-undang guna melindungi keberadaan mereka. Termasuk dengan mengajak masyarakat untuk turut memperingati hari Hak Asasi Hewan sedunia.

Hari Hak Asasi Hewan ini berguna untuk menumbuhkan kesadaran manusia atau masyarakat akan pentingnya peduli terhadap hewan dan  menghentikan tindakan semena-mena terhadap hewan. Bahkan di China, ada yang namanya Festival Yulin yang sangat mengerikan karena mereka membunuh-bunuhi atau membantai Anjing di sana. Meskipun Anda bukan termasuk pecinta hewan, pasti Anda akan turut melawan festival yang semena-mena terhadap Anjing  tersebut dan mendukung hak asasi para hewan.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 12, 2016

Posted In: Features, Inspirational

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami