Mengenal Macam Macam Jenis Asuransi, Ada Apa Saja Sih?

Apr - 23
2021
macam macam asuransi

Mengenal Macam Macam Jenis Asuransi, Ada Apa Saja Sih?

Setiap asuransi memang memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai perlindungan diri terhadap berbagai resiko kerugian keuangan yang bisa sewaktu-waktu menimpa kita. Tidak selamanya hidup yang kita jalani berjalan mulus, ada saja cobaan dan resiko yang dihadapi. Oleh karena itulah asuransi memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Mari mengenal lebih dalam apa itu asuransi dan apa saja macam macam jenis asuransi dia artikel ini!

Pengertian asuransi

Menurut OJK asuransi adalah sebuah bentuk perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

– Memberikan penggantian biaya kepada yang tertanggung jika pemegang polis mengalami kerugian seperti kerusakan, biaya yang timbul, kerugian atau juga bisa dalam bentuk tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung karena terjadinya suatu peristiwa.

– Memberikan pembayaran biaya jika sewaktu-waktu pemegang polis meninggal dunia, maka pihak asuransi akan memberikan dana yang sudah ditetapkan sesuai dengan perjanjian hasil pengelolaan dana.

Macam macam jenis asuransi di Indonesia:

Setelah mengenal pengertian umum mengenai asuransi, ada baiknya kalian juga mengenali berbagai macam jenis asuransi di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa 

Asuransi jiwa memberikan biaya pertanggungan jika sewaktu-waktu pemegang polis meninggal dunia. Metode pencairan dana pun biasanya bisa digunakan dengan 2 cara yaitu dengan mencairkan dana setelah yang tertanggung meninggal atau kalian juga bisa mencairkan dana sebelum yang tertanggung meninggal.

Sistem pengaplikasiannya juga cukup fleksibel, selain kalian bisa mendaftarkan diri sendiri, kalian juga bisa mendaftarkan anggota keluarga kalian.

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan 

Jenis asuransi selanjutnya yang akan dibahas merupakan salah satu jenis asuransi yang sangatlah penting bagi manusia. Asuransi kesehatan memberikan pertanggungan biaya yang akan timbul jika sewaktu-waktu pemegang polis jatuh sakit. Meskipun sudah ada BPJS, namun memiliki asuransi kesehatan dari perusahaan swasta juga tidak kalah penting.

Benefit yang didapat dari asuransi perusahaan swasta biasanya juga lebih menguntungkan dibandingkan dengan BPJS. Kalian bisa memilih berbagai jenis perusahaan asuransi kesehatan yang terpercaya seperti Sinarmas, Simasjiwa, Malacca Trust.

3. Asuransi properti

Asuransi properti

Rumah juga masuk sebagai salah satu aset berharga yang wajib diberikan perlindungan. Asuransi properti memberikan keringanan jika sewaktu-waktu rumah mengalami musibah seperti longsor, tsunami, gempa bumi dan berbagai macam kerugian yang bisa saja menimpa.

Penting bagi kalian untuk mendaftarkan aset properti kalian agar terlindung dari berbagai macam resiko musibah yang bisa saja terjadi.

4. Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan 

Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang banyak diminati oleh warga Indonesia. Dengan menggunakan asuransi kendaraan, maka segala kerugian atau kerusakan yang terjadi biaya servis akan ditanggung oleh pihak asuransi. Tentunya besaran biaya yang ditanggung sudah diatur dalam perjanjian awal polis.

Jika kalian penasaran apa saja produk asuransi kendaraan yang tersedia, maka kalian bisa mengunjungi halaman ini untuk penjelasan lengkapnya.

5. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan

Pendidikan merupakan investasi yang penting bagi buah hati, oleh karena itu muncul lah produk asuransi pendidikan. Dengan menggunakan asuransi pendidikan kalian bisa mendapatkan keuntungan berupa bantuan dana pendidikan.

Dana pendidikan ini bisa dicairkan sesuai dengan jenjang pendidikan sang buah hati. Misalnya jika anak memasuki jenjang SD, maka dana yang bisa dicairkan adalah sebesar 20%  dan jika anak sudah memasuki universitas dana yang bisa dicairkan menjadi 40% dari total tanggungan yang sudah disepakati di awal perjanjian.

6. Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan

Jenis asuransi satu ini cocok digunakan bagi orang yang suka berperfian ke luar pulau atau negeri. Asuransi perjalanan memberikan proteksi terhadap kerugian uang yang bisa saja terjadi saat perjalanan. Misalnya biaya evakuasi medis, santunan kecelakaan pribadi, pemulangan jenazah sampai proteksi terhadap barang-barang yang dibawa saat perjalanan.

Berikan proteksi terhadap aset-aset berharga kalian 

Pastikan seluruh aset berharga milik anda terproteksi dengan adanya asuransi. Mulai dari jiwa, kesehatan, properti, kendaraan, pendidikan dan perjalanan pastikan semuanya terproteksi sesuai dengan prioritas. Kalian bisa membandingkan dan memilih berbagai jenis produk asuransi di Cekpremi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *