Mitos Kuno Tentang Gerhana Matahari

Gerhana Matahari
Image source: Pressandjournal

Pernahkah terbayang di benak kita apa yang terjadi bila tiba-tiba sumber kehidupan yaitu matahari hilang begitu saja? Tentu sangat mengerihkan bukan? Semua aktivitas kita sehari-hari terhambat dan kita tidak bisa melakukan apapun.

Itulah yang akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016, dimana sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami kegelapan selama beberapa menit. Daerah-daerah tersebut ialah Palembang, Balikpapan, Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, Halmahera.

Diprediksi gerhana matahari terlama akan terjadi di Halmahera dengan durasi selama 3 menit 17 detik, dimana rencananya akan dilakukan pemotretan dan juga spektroskopi korona matahari. Gerhana matahari merupakan sebuah fenomena alam yang jarang sekali terjadi, maka tidak heran banyak peneliti yang tidak sabar menunggu hal ajaib ini. Gerhana matahari terjadi karena Bulan, Matahari dan Bumi terjadi dalam satu garis, dimana bulan diapit oleh matahari dan bumi.

Karena sebagian belahan bumi mengalami kegelapan, manusia pun mulai menyakut pautkan keajaiban ini dengan dunia lain atau dunia khayalan. Berikut beberapa mitos kuno tentang gerhana matahari yang sangat populer di kalangan masyarakat:

  1. Pertanda Kemarahan Tuhan
Mitos gerhana matahari
Image source: liputan6

Sebenarnya kata gerhana yaitu eclipse berasal dari bahasa Yunani yang artinya ditinggalkan. Bangsa Yunani kuno percaya bahwa manusia ditinggalkan oleh dewa, karena ulah manusia sendiri yang di tandai dengan gerhana matahari. Dimana akan terjadi kegelapan di sebagian daerah di bumi.

 

  1. Matahari Dimakan
Naga makan matahari
Image sourse: kaskus

Untuk mitos matahari dimakan, memiliki cerita yang bervariasi di setiap negara. Jika di korea di percaya gerhana matahari di curi oleh anjing jahil, sedangkan di legenda norse kuno dipercaya bahwa serigala skoll mengejar matahari yang berniat untuk memakan matahari tersebut, di China mereka percaya bahwa matahari dimakan oleh naga maupun setan. Di Indonesia sendiri, untuk cerita di makan matahari ini datang dari kebudayaan jawa kuno yaitu matahari dimakan oleh seorang raksasa bernama batara kala atau Raha yang memiliki dendam terhadap dewa matahari atau sang surya.

  1. Beracun
Racun
Image Source: Pixabay

Di India dipercaya bahwa segala makanan yang dimasak sewaktu gerhana matahari akan beracun maupun najis. Sedangkan di Jepang, masyarakat disana percaya bahwa gerhana matahari ialah sebuah wabah dimana racun akan betebaran, maka mereka akan menutupi sumur-sumurnya untuk menghalangi kontaminasi pada air.

  1. Tidak Boleh Keluar
mitos gerhana matahari
Image source: babble

Satu lagi mitos yang berasal dari India, bahwa wanita hamil tidak boleh keluar saat sedang terjadi gerhana karena di percaya anaknya akan mengalami kecacatan seperti mengalami kebutaan atau bibir sumbing. Ternyata, walaupun mitos ini berasal dari India akan tetapi hampir semua masyarakat di seluruh dunia mempercayai iniĀ  termasuk di Indonesia. Namun, belum ada pengakuan dari medis tentang mitos ini tentang bagimana bisa gerhana matahari membuat sebuah janin bisa mengalami kecacatan.

 

  1. Menanam Bunga
Menanam Bunga
Image source: Zoyajeans

Sedangkan untuk di Italia sendiri, mitos tentang gerhana lebih ke energy positifnya, dimana di negara ini mempercaya jika menanam bunga pada saat gerhana matahari, bunga-bunga tersebut akan tumbuh menjadi lebih indah dan berwarna dibanding dengan hari-hari biasanya.

Demikianlah beberapa mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat dunia. Percaya atau tidak itu merupakan pandangan dari masing-masing orang sendiri, suka atau tidak tergantung bagaimana kita menyikapinya. Mitos tidaklah selalu buruk jika kita berpandangan positif, kita dapat menyakininya sebagai sebuah cerita rakyat belaka jika tidak ingin mempercayainya. Karena lebih baik kita menganggapnya sebagai cerita fiktif daripada menghina kepercayaan seseorang.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 21, 2016

Posted In: Hot News, Inspirational, Lifestyle, Must See

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami