Perhatikan 7 Masalah Finansial Ini Sebelum Menikah

Menikah
Image Source says.com

Puncak dari perjalanan asmara dari dua orang yang saling mencintai adalah pernikahan, sebuah peristiwa yang akan membawa perjalanan cinta mereka ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Setelah komunikasi dengan pasangan mencapai kata mufakat maka bisa diartikan kedua belah pihak menyetujui untuk diadakannya proses pernikahan.

Sebelum benar-benar menuju hari pernikahan, biasanya ada beberapa hal yang disiapkan. Mulai dari pemilihan gaun, gedung untuk resepsi, atau juga mas kawin yang akan digunakan. Tapi satu hal penting yang juga tidak boleh dilupakan adalah mengetahui, atau mengenal pasangan lebih dalam lagi. Terutama cara mereka mengatur keuangannya, karena masalah finansial bisa jadi salah satu factor penyebab retaknya hubungan rumah tangga.

Berikut ini adalah 7 masalah finansial yang harus diketahui pasangan sebelum menikah :

1. Detail Pendapatan dan Ketakutan

Hilangkan sifat masa bodo selama pacaran mengenai pendapatan dengan pasangan, telisik lebih jauh lagi tentang masalah finansial mengenai tunjangan, bonus, dan lain-lain. Jika sebelumnya sudah pernah diceritakan, maka tidak ada salahnya untuk tahu lebih jelas lagi.Ceritakan juga mengenai ketakutan dan harapan kedepannya mengenai masalah finansial dengan pasangan.

2. Tabungan

Lupakan kesenangan saat dimasa anda belum menikah dulu, setelah menikah penting bagi anda untuk menghemat pengeluaran anda dan mulai memikirkan kesejahteraan keluarga anda. Sisihkan sebagian uang yang biasa anda gunakan bersenang-senang untuk ditabung, lalu alihkan untuk membeli kebutuhan primer anda dan keluarga seperti rumah, biaya pendidikan anak, atau mobil. Awali semua dengan mengadakan resepsi pernikahan yang sederhana jika kondisi keuangan yang hanya sekedar cukup.

3. Kurangi Hutang

Salah satu tanda kondisi finansial yang tidak sehat adalah ditandai dengan banyaknya hutang. Setidaknya bisa dilakukan dengan mengabaikan kartu kredit anda, tapi ingat sebelum itu lunasi dulu tagihannya.

4.Asuransi

Rasa aman dan nyaman tentu penting untuk diberikan terhadap pasangan, terutama untuk para wanita yang kelak akan menjadi istri nantinya. Jadi wajar-wajar saja jika nanti anda tanyakan ini kepada pasangan, tanya apa suami anda sudah punya asuransi atau belum ? Jika sudah punya, pastikan nanti nama anda masuk ke dalam jaminan asuransinya, begitu juga dengan hak waris.

5. Kebiasaan Menggunakan Kartu Kredit

Di poin nomor 3 disarankan agar anda mulai untuk mengabaikan kartu kredit, tapi jika anda bukan orang yang memiliki hasrat atau keinginan berbelanja secara berlebihan, maka tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan kartu kredit. Tapi, anda juga harus terbuka mengenai pembelian barang-barang apa saja yang dilakukan melalui kartu kredit. Hal ini dilakukan guna menghindari kerugian dan perselisihan akibat penggunaan kartu kredit tadi. Bukankah transparansi juga diperlukan apalagi mengenai hal yang sensitive seperti perencanaan keuangan.

6. Perjanjian Pranikah

Mungkin ini adalah hal yang akan merusak kata-kata cinta indah yang ditulis oleh Kahlil Gibran, tapi mau apalagi? Meskipun tidak romantis, namun perjanjian pranikah ini juga diperlukan guna mengantisipasi konflik yang akan muncul kedepannya nanti. Tapi jangan lupa juga sebelumnya, diskusikan ini dengan pasangan anda apakah benar-benar membutuhkan perjanjian ini secara resmi.

7. Jaminan Kesehatan

Rumah tangga yang sehat bisa juga dikarenakan tubuh yang sehat, hhmmm .. walaupun korelasinya tidak begitu terasa tapi tidak ada salahnya jika ini juga dibicarakan dengan pasangan anda. Terlebih jika nanti anda berencana akan langsung punya anak.

Karena hubungan tidak seindah ending dari novel Shakespeare, jadi renacakan 7 hal diatas tersebut dengan matang.

 

Cekpremi
Cek asuransi terbaik anda mulai dari harga termurah (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 12, 2015

Posted In: Lifestyle, Tips & Tricks

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami