Pertimbangan Yang Bikin Anda Yakin Memilih Asuransi TLO Mobil Bekas

Aug - 01
2019
Memilih Asuransi TLO Mobil Bekas

Pertimbangan Yang Bikin Anda Yakin Memilih Asuransi TLO Mobil Bekas

Setidaknya ada dua jenis asuransi kendaraan bermotor yang bisa Anda pilih. Namun, mengapa Anda harus memilih asuransi TLO mobil bekas? Alasan yang tepat harus Anda miliki ketika menentukan pilihan.

Ada asuransi mobil TLO. Satunya lagi asuransi mobil All Risk. Dari kedua jenis asuransi tersebut, para pakar finansial menyarankan untuk memilih asuransi TLO untuk mobil bekas.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Apa alasannya? Berikut ini penjelasannya.

Alasan Mengapa Tepat Memmilih Asuransi TLO Mobil Bekas 

Anda pasti sudah tahu apa itu asuransi mobil TLO. Secara singkat, ini jenis asuransi dengan jaminan pertangunggan yang sangat sempit. Lebih sempit dibandingkan dengan jenis asuransi mobil lainnya, yaitu All Risk. 

Secara umum, ada dua hal yang bisa membuat Anda mengajukan klaim asuransi. Yang pertama adalah ketika terjadi kerusakan fatal. Jika diprosentase, kerusakan mobil Anda mencapai lebih dari 75%. Pada saat itu, asuransi mobil bekas TLO bisa Anda gunakan.

Yang kedua, ketika mobil Anda dicuri orang. Saat kejadian buruk ini menimpa, Anda bisa ajukan klaim. Itu saja menurut penuturan sebagian besar pemegang polis asuransi, perusahaan asuransi tidak memberikan ganti rugi 100%. Namun, ini sebenarnya kebijakan masing-masing perusahaan saja. Anda bisa tanyakan kepada pihak perusahaan mengenai jaminan kerugian yang bakal ditanggung.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah mengapa asuransi TLO mobil bekas. Mengapa tidak asuransi All Risk saja? Setidaknya ada 2 alasan.

Harga Premi

Seperti yang Anda sudah ketahui, jaminan asauransi TLO itu terbatas. Makaya harga premi asuransinya lebih rendah dibandingkan dengan asuransi All Risk. 

Dan Anda harus tahu. Ada kemungkinan premi mobil bekas itu jauh lebih tinggi. Apalagi jika tahun pembuatan mobil Anda sudah di atas 5 tahun.

Logiknya sederhana. Semakin tua usia mobil, maka risiko terjadinya kerusakan semakin tinggi. Maka dari itu, perusahaan asuransi pun menetapkan premi yang sedikit lebih tinggi.

Untuk menghemat biasa asuransi, ada saran untuk memilih asuransi TLO. Setidaknya Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang besar untuk mengambil jenis asuransi All Risk. Ini menjadi pertimbangan utama mengapa sebaiknya Anda memilih polis asuransi TLO mobil bekas. 

Kebutuhan 

Satu pertanyaan yang perlu Anda jawab. Mana yang paling mungkin membebani finansial Anda? Ketika mobil mengalami kerusakan kecil seperti baret pada body? Atau kerusakan besar diakibatkan oleh tabrakan di jalan raya? Tentu saja yang kedua, bukan?

Lalu, satu lagi. Mana yang paling mungkin terjadi ketika Anda memiliki mobil bekas. Apakah kerusakan kecil atau besar?

Dari dua pertanyaan tersebut, Anda pasti mengerti kenapa banyak yang merekomendasikan memilih asuransi TLO mobil bekas. Karena ini adalah kebutuhan.

Ada risiko besar di mana Anda harus keluar uang untuk memperbaiki mobil bekas. Dan itu bisa Anda antisipasi dengan cara mengambil polis asuransi mobil TLO.

Nah, setelah mengetahui penjelasan tersebut di atas, apakah masih ada keraguan untuk beli premi asuransi mobil TLO?

Tips Menghindari Kerusakan Kecil Pada Mobil 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil bekas TLO tidak memberikan jaminan untuk kerusakan kecil. Maka dari itu, jika Anda memilih asuransi ini, Anda perlu tahu bagaimana agar finansial Anda tidak terbebani dengan kerusakan kecil yang mungkin bisa terjadi.

Yang pertama, usahakan Anda lebih talaten merawat mobil bekas Anda. Cek kondisi oli mesin setiap kali Anda akan menggunakan mobil. Pasalnya, sering kali terjadi kebocoran oli. Dan ini bisa merusak mesin jika oli terus berkurang. Jika Anda cek dan oli mesin berkurang, isi kembali. 

Selain itu, ganti oli secara berkala. Ikuti petunjuk pengganti oli. Karena setiap merk oli mesin direkomendasikan untuk diganti pada jarak tempuh mobil tertentu.

Meskipun Anda sudah melakukan perawatan, risiko terjadinya tabrakan kecil bisa terjadi. Apalagi jika Anda tinggal di kota besar yang macet. Bersenggolan dengan mobil lain seolah menjadi hal yang lumrah terjadi.

Ingat. Lecet pada body mobil tidak bisa Anda klaimkan. Anda harus keluarkan untuk sendiri untuk mengecat body mobil yang lecet tersebut.

Hindari hal tersebut dengan cara yang sederhana. Yaitu manfaatkan alat transportasi umum. Anda bisa sesekali saja menggunakan mobil sendiri, seperti ketika jalan-jalan dengan keluarga pada waktu weekend. Sementara itu, untuk mobilita setiap hari, manfaatkan fasilitas transportasi massal.

Satu hal lagi juga penting untuk Anda pertimbangkan. Mengajukan perluasan perlindungan. Anda harus tahu ketika Anda membeli asuransi TLO mobil bekas, tidak ada jaminan jika mobil rusak parah akibat huru-hara atau akibat banjir.

Bagaimana jika tempat Anda rawan banjir atau sering terjadi huru-hura? Anda tetap bisa memilih asuransi mobil TLO. Akan tetapi, ajukan perluasan jaminan sesuai yang Anda butuhkan.

Lalu, bagaimana dengan premi asuransinya? Memang premi asuransinya akan sedikit lebih mahal. Namun, kenaikan tidak begitu signifikan. Premi tidak semahal ketika Anda memilih asuransi mobil All Risk. 

Untuk lebih jelasnya mengenai premi asuransi mobil bekas ini, silakan Anda lakukan penghitungan sendiri. Di laman Asuransi mobil Cek Premi, Anda bisa melakukan simulasi berapa premi asuransi mobil bekas milik Anda.

Kunjungi situs Cek Premi. Lalu, Anda bisa manfaatkan fasilitas kalkulator penghitungan premi asuransi. Pastikan Anda memilih asuransi TLO. Kemudian, klik hitung. 

Anda bisa juga bandingkan antara premi asuransi TLO mobil bekas dengan premi asuransi All Risk. Maka Anda akan ketahui perbedaan premi untuk kedua jenis asuransi ini.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *