Ragam Manfaat Teh Bunga Telang Beserta Cara Membuatnya

Jun - 29
2021

Ragam Manfaat Teh Bunga Telang Beserta Cara Membuatnya

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, penelitian terhadap manfaat teh bunga telang mulai marak ahli publikasikan. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari tumbuhan tersebut.

Bunga telang atau kembang telang adalah tanaman merambat yang tumbuh subur di pekarangan atau tepi hutan. Ia tergolong sebagai anggota suku polong-polongan yang berasal dari benua Asia.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Menurut penelitian, bunga telang mengandung banyak antioksidan, peptida, dan flavonoid. Sebab itu, flora yang satu ini sering pakar manfaatkan sebagai bahan baku obat dan produk kesehatan.

Inilah Manfaat Teh Bunga Telang bagi Kesehatan

Mulanya, kuntum bunga telang jamak dimanfaatkan sebagai penghias makanan. Namun seiring berjalannya waktu, teh bunga tersebut ahli ketahui menyimpan khasiat bagi kesehatan, seperti:

1. Mengobati Gangguan Penglihatan

Salah satu antioksidan yang terkandung dalam teh bunga Telang ialah proantosianidin. Menurut penelitian, kandungan satu ini efektif meningkatkan aliran darah menuju kapiler mata manusia.

Karena itu, salah satu manfaat teh bunga telang bagi kesehatan adalah mengobati gangguan penglihatan. Dengan mengonsumsi teh ini, organ mata kita menjadi lebih sehat dan terjaga.

2. Membantu Meremajakan Kulit

Kecantikan adalah salah satu industri terbesar, yang memanfaatkan bunga telang sebagai bahan baku produknya. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan pada bunga tanaman tersebut.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan mampu meningkatkan jumlah kolagen dan sistesis elastin pada kulit manusia. Sebab itu, zat ini berguna untuk meremajakan kulit serta mengurangi tanda penuaan.

3. Mengatasi Masalah Rambut

Manfaat teh bunga telang selanjutnya ialah mengatasi berbagai masalah rambut. Berkat kandungan bioflavonoid-nya, tumbuhan ini ahli gadang-gadang efektif memperbaiki rambut rontak dan uban.

Meski begitu, pemanfaatan bunga telang sendiri tidak boleh dilakukan secara serampangan. Agar khasiatnya benar-benar terasa, olah teh bunga tersebut secara baik dan benar ya.

4. Meredakan Masalah Pernapasan

Terakhir, manfaat teh bunga telang yang dapat dirasakan oleh peminumnya adalah meredakan masalah pernapasan. Karena itu, teh ini direkomendasikan untuk penderita asma, batuk dan lainnya.

Khasiat obat yang satu ini diperoleh dari kandungan antiseptik yang terdapat pada kembang telang. Zat ini berperan sebagai anti ekspektoran yang bisa mengurangi iritasi di organ pernapasan.

Langkah dan Cara Membuat Teh Bunga Telang

Produk olahan teh bunga telang sebenarnya sudah banyak dijual di pasaran. Namun jika Anda tertarik untuk meracik sendiri di rumah, berikut cara membuat teh bunga telang yang bisa dicoba.

  1. Rebus 5 – 10 helai bunga telang dengan air mendidih;
  2. Perhatikan warna kelopak bunga dan tunggu sampai memudar;
  3. Tambahkan satu batang serai ke dalam rebusan untuk menambah cita rasa;
  4. Saring air rebusan bunga Telang dalam keadaan mendidih; serta
  5. Minum air rebusan tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaat teh bunga telang.

Demikian cara membuat teh bunga telang yang perlu Anda ketahui. Untuk mengantisipasi segala risiko di masa depan, jangan lupa daftarkan diri Anda dengan asuransi kesehatan terpercaya, ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *