Sapi di Lereng Merapi Dilindungi Asuransi

Asuransi_cekpremi
Image Source beritadaerah.co.id

 

Para peternak sapi perah jenis FH (Frisian Holstein) mendapatkan fasilitas asuransi ternak. Jadi apabila sapi itu mati, akan diganti pihak asuransi dengan sapi yang seharga.

Kepala Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Yogyakarta Muhammad Ali mengatakan pinjaman sapi yang diperpleh dari BRI sebesar Rp 16 juta per ekor ditambah asuransi Rp 400 ribu

Di lokasi peternakan seluas 1,7 hektare di lereng Merapi itu ada 180 ekor sapi perah. Tercatat ada 43 orang peternak korban erupsi Merapi 2010 yang mengikuti program itu.

Asuransi sapi itu sangat penting mengingat risiko kematian sapi yang juga tinggi. Jika sapi sakit, biaya pengobatan ternak penghasil susu itu juga ditanggung.

Kelompok peternak itu sangat diuntungkan. Sebab, sapi-sapi tersebut merupakan pinjaman kredit dari BRI yang dikelola secara terpadu. Para peternak menyicil pembayaran kredit dengan hasil susu dari sapi dan pendapatan lainnya, seperti penjualan pupuk padat dan cair dari kandang komunal terpadu itu.

Total pemberian pinjaman sapi bagi peternak dari BRI sebesar Rp 2,1 miliar hingga bulan April lalu. Masing-masing peternak mendapat kucuran Rp 48 juta ditambah uang asuransi senilai Rp 1,2 juta.

Ali menjelaskan kenapa sapi-sapi tersebut dihargai Rp 16 juta, dikarenakan sapi-sapi tersebut sedang bunting 4-5 bulan.
Pinjaman yang dikucurkan itu melalui program kredit ketahanan energi dan pangan. Para peternak mendapatkan subsidi bunga. Hanya, mereka harus membayar bunga 5 persen. Akan tetapi pemerintah memberikan subsidi 7,5% dari bunga.

Program itu ditujukan bagi petani, peternak, dan petani tebu. Maka, bunga bank yang dikenakan bukan bunga komersial. Plafon kredit ini mencapai Rp 100 juta.

Dalam program ini, kata dia, BRI Yogyakarta telah mengucurkan dana Rp 252 miliar untuk 1.502 debitur dari Sragen-Majenang. Sedangkan hingga akhir tahun lalu mencapai Rp 240 miliar.

Ali juga menegaskan bahwa tahun ini targetnya adalah Rp 117 miliar, target tersebut hanya 8 persen dari jumlah target nasional.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 27, 2014

Posted In: Uncategorized

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami