Serba-Serbi Perawatan Mobil Matic yang Wajib Anda Ketahui

Apr - 29
2019

Serba-Serbi Perawatan Mobil Matic yang Wajib Anda Ketahui

Popularitas mobil matic di tanah air sedang meningkat selama beberapa tahun terakhir. Karena mobil matic dianggap lebih nyaman digunakan pada kondisi kemacetan lalu lintas yang parah. Anda jadi tak perlu repot-repot menahan kopling dan memindahkan transmisi gigi saat berkendara.

Kendati demikian, masih ada anggapan yang menyatakan bahwa perawatan mobil matic lebih sulit daripada mobil manual. Anggapan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar. Kalau Anda sudah memahami serba-serbi perawatan mobil matic berikut ini, niscaya Anda bisa mempraktikannya secara praktis:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Servis Mobil secara Teratur

Sama seperti merawat mobil manual, mobil matic juga wajib diservis secara teratur. Anda wajib melakukan proses servis secara berkala setiap enam bulan sekali atau saat jarak tempuh mobil mencapai 10.000 km. Servis berkala akan mengidentifikasi kerusakan yang mulai terjadi pada mobil Anda. Sehingga kerusakan ringan tersebut bisa segera ditangani sebelum menyebabkan dampak yang lebih buruk lagi bagi mesin.

Jangan Lupa Mengganti Oli Transmisi

Oli transmisi merupakan komponen penting yang terdapat pada mobil matic. Penggantian oli transmisi harus dilakukan bila mobil mencapai jarak tempuh 25.000 hingga 50.000 km. Usahakan untuk menggunakan merek oli yang direkomendasikan secara resmi oleh produsen mobil. Supaya penggantian oli transmisi tidak menimbulkan gangguan mesin mobil.

Anda juga wajib segera mengganti oli transmisi setelah mobil matic terendam banjir. Jangan sampai air yang masuk ke gear box malah mengacaukan sistem transmisi mobil Anda.

Teliti Menentukan Transmisi Mobil

Anda harus menguasai sistem transmisi mobil matic dengan baik saat akan menggunakannya. Jika mobil belum benar-benar berhenti, jangan menggunakan sistem transmisi pada posisi P. Karena hal tersebut bisa meningkatkan risiko kerusakan pada persneling mobil. Demikian pula halnya saat Anda akan memarkirkan mobil. Hindari pemilihan sistem transmisi pada posisi D. Supaya kopling mobil matic tak mudah rusak akibat pengaturan sistem transmisi yang keliru.

Filter Oli Transmisi Juga Perlu Diganti

Selain oli transmisi, filter olinya juga berhubungan langsung dengan sistem transmisi mobil matic. Itulah sebabnya Anda wajib mengganti filter oli transmisi setiap mobil mencapai jarak tempuh 25.000 km. Jangan sampai sistem transmisi mobil mengalami gangguan serius akibat filter oli yang tidak berfungsi maksimal.

Memeriksa Sistem Transmisi secara Teratur

Anda bisa melakukan pengecekan sistem transmisi secara mudah pada mobil matic. Ketika berada di tempat yang datar, letakkan transmisi pada posisi D atau R lalu lepaskan rem. Mobil matic yang berfungsi normal akan bergerak dengan sendiri pada posisi transmisi tersebut. Bila mobil matic Anda tidak bergerak tanpa injakan gas, berarti ada kerusakan yang terjadi pada sistem transmisinya.

Mengecek Komponen Valve

Mobil matic sering mengalami kerusakan pada komponen valve (gasket emisi). Hentakan gas atau pemindahan tuas yang dilakukan secara keras memang rentan menyebabkan kebocoran valve. Sebaiknya Anda mengecek komponen valve secara teratur agar bisa segera menanganinya jika terjadi kerusakan.

Selalu Memanaskan Mobil sebelum Mengendarainya

Mobil manual biasanya bisa langsung dikendarai tanpa proses pemanasan terlebih dahulu. Namun, tidak demikian halnya dengan mobil matic. Anda harus memanaskannya secara teratur sebelum memulai perjalanan jauh. Panaskan mobil matic dengan transmisi pada posisi N. Mobil matic Anda akan terhindar dari kerusakan serius kalau Anda memanaskannya secara teratur sebelum berkendara.

Melakukan Uji Berkendara secara Berkala

Bila Anda berkendara secara terburu-buru, mungkin Anda tidak peka mengidentifikasi kerusakan pada mobil matic Anda. Oleh karena itu, Anda wajib meluangkan waktu untuk uji berkendara secara berkala. Anda patut mencermati kondisi mesin mobil, suara mesin, dan getaran yang tidak wajar. Kalau mobil matic Anda mulai terasa tak nyaman, berarti Anda harus segera melakukan proses servis untuk mengembalikan performanya.

Proses perawatan mobil matic juga patut diimbangi dengan perlindungan dari asuransi mobil terbaik. Belum terlambat bila Anda baru mulai mencari-cari asuransi mobil murah untuk melindungi mobil kesayangan Anda. Asuransi mobil total loss only atau asuransi mobil all risk bebas Anda pilih sesuai kebutuhan. Pastikan kalau premi asuransi mobil tersebut tidak akan menjadi beban finansial baru bagi Anda.

Mengendarai mobil matic kesayangan akan senantiasa menyenangkan bila Anda merawatnya secara telaten dan melindunginya dengan asuransi mobil terbaik.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *