Sudut Pandang Keindahan Asuransi Dalam 4 Dimensi Resiko

Resiko
Image Source boomeon.com

18 Oktober lalu adalah Hari Asuransi, memang tidak ada goresan tinta merah dalam kalender pada tanggal 18 Oktober lalu. Namun bagi orang yang berkecimpung dalam dunia asuransi tentu hal ini terasa amat penting untuk diperingati setiap tahunnya.

 

Bagi orang yang alergi asuransi, yang terlintas dalam benaknya pada saat mendengar kata “asuransi” adalah biaya premi yang harus dibayarkan, mereka tidak memperdulikan bagaimana manfaat yang bisa diberikan oleh asuransi. Biasanya rasa alergi itu akan hilang seiring dengan datangnya penyesalan, karena resiko terjadi dan semua sudah terlambat.

 

Nah, agar penyesalan itu tidak terjadi sudah saatnya anda menggunakan asuransi, berikut ini adalah perencanaan dan cara memahami asuransi dalam empat dimensi resiko atau bisa disebut dengan 4-D.

 

Death

Semua orang pasti akan mengalami yang namanya mati, tapi tentu saja anda tidak ingin mengalaminya pada saat dini. Asuransi memang tidak bisa mencegah terjadinya kematian karena semua sudah menjadi kehendak Tuhan. Tapi bagaimana kelangsungan hidup orang yang selama ini bergantung dengan anda, seperti orang tua, istri, dan anak. Disitulah tugas asuransi menjaga bagaimana memastikan orang lain tetap hidup dengan layak.

 

Maka itu perusahaan asuransi perlu memastikan UP (Uang Pertanggungan) yang bisa mencukupi biaya kebutuhan orang-orang yang anda sayangi kelak.

 

Disability

Kita tidak pernah diberitahu apa yang akan terjadi setelah kita mengalami resiko, misalnya ketika mengalami kecelakaan, terserang penyakit, atau tertimpa musibah bencana alam. Semua resiko itu bisa saja menyebabkan anda kehilangan kemampuan untuk kembali bekerja dan mengais rezeki. Dalam pengelolaan keuangan kita amat membutuhkan asuransi sebagai salah satu investasi, jadi biaya pendidikan untuk anak dan pensiun anda, tidak terganggu.

 

Debt

Saat memiliki hutang maka anda pun memiliki kewajiban untuk melunasinya, bukan berarti hutang menjadi pilihan buruk dalam perencanaan perekonomian. Justru manfaat positif dari berhutang adalah salah satu cara untuk membantu anda memiliki kebutuhan dengan harga yang amat tinggi, seperti membeli rumah atau modal usaha. Akan tetapi jalan untuk melunasi hutang tadi bisa saja menemui jalan terjal.

 

Bencana alam, huru-hara, dan lainnya dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Untuk kasus ini asuransi jiwa dan asuransi umum akan sangat membantu anda dalam melindungi kekayaan serta menjaga daya usaha anda untuk melunasi hutang.

 

Divorce

Hal yang paling ramai dibicarakan dari pasangan suami istri yang bercerai adalah perebutan hak asuh anak, demi mempertahankan hak asuh anak kadang kedua belah pihak yang bercerai akan saling ngotot, dan siap melakukan apapun demi mendapatkannya.

 

Namun tidak hanya hak asuh yang sering dibahas saat proses perceraian. Jika kita simak para selebriti yang bercerai di infotainment mereka sering membahas perihal perbutan harta warisan. Dalam polis asuransi jiwa ada yang namanya beneficiary atau ahli waris, ahli waris ini adalah seseorang yang akan menerima manfaat Uang Pertanggungan jika terjadi resiko kematian terhadap pemegang polis.

 

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir karena orang yang anda cintai akan tetap mendapatkan hak warisan dan tidak dapat diganggu oleh kasus perceraian.

 

Pahami lebih dalam empat dimensi resiko di atas agar anda semakin sadar bahwa asuransi itu indah.

 

Resiko

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 16, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami