Ini Cara Urus dan Syarat Ganti Plat Motor, Gampang Tidak Perlu Calo!

Sep - 07
2021
syarat ganti plat motor

Ini Cara Urus dan Syarat Ganti Plat Motor, Gampang Tidak Perlu Calo!

Memiliki kendaraan pribadi berarti juga harus memahami persoalan administrasi yang menyertainya seperti pajak kendaraan, masa berlaku surat hingga nomor plat kendaraan. Jika ada di antaranya yang expire atau habis masa berlakunya, berarti Anda harus melakukan perpanjangan. Untuk mengurus perpanjangan plat motor, ada beberapa dokumen syarat ganti plat motor yang harus Anda lengkapi.

Syarat Ganti Plat Motor dan Cara Pengurusannya

Untuk mengganti plat motor yang sudah kadaluarsa, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus dibawa, antara lain:

  • STNK asli dan fotocopy 1 lembar
  • KTP asli dan fotocopy 1 lembar
  • BPKB asli dan fotocopy 1 lembar
  • Membawa sepeda motor

Semua dokumen tersebut harus dibawa semua. Saat melakukan pengurusan sebaiknya Anda membawa bolpoin sendiri agar tidak perlu antri saat mengisi formulir pendaftaran di kantor Samsat.

Pergantian plat motor juga diikuti dengan perpanjangan STNK. Hal tersebut karena keduanya diterbitkan secara bersama-sama. Di dalam STNK tersebut terdapat data berupa nomor plat kendaraan yang aktif, sehingga antara STNK dan plat motor harus sinkron.

Dokumen yang harus dibawa untuk perpanjangan STNK yakni STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, KTP serta SIM asli dan fotokopiannya. Jangan lupa Anda juga harus membawa surat keterangan hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan yang dilakukan oleh petugas Samsat.

Pastikan semua persyaratannya lengkap, ya! Jika Anda sudah memastikan tidak ada dokumen yang terlewat, berikut ini langkah-langkah untuk mengganti plat nomor motor baru di Samsat.

cara perpanjang plat motor

  1. Melakukan Cek Fisik Motor

Setelah mengisi formulir pendaftaran, hal pertama yang harus dilakukan adalah petugas akan mengecek kondisi kendaraan. Anda akan diarahkan untuk ke loket pengecekan kendaraan. Saat melakukan pengecekan motor, perlu diingat bahwa tidak ada pemungutan biaya oleh petugas.

  1. Mendaftar Dan Melakukan Validasi Hasil Cek Fisik Kendaraan

Sesudah kendaraan dicek, parkir kembali motor Anda di parkiran. Lalu serahkan hasil cek fisik kendaraan dan STNK asli ke bagian legalisir di loket cek fisik. Petugas loket akan melakukan validasi hasil cek fisik tersebut. Tunggu sampai proses selesai.

  1. Mengisi Formulir Perpanjangan STNK

Tahap selanjutnya adalah mengisi formulir perpanjangan STNK. Isi formulir tersebut dengan lengkap disertai dengan dokumen persyaratan perpanjangan STNK dan penggantian plat nomor baru yang dibutuhkan. Jika masih bingung, Anda bisa bertanya langsung dan meminta bantuan petugas.

Baca juga: Berkendara Jadi Semakin Aman, Yuk Hitung Denda Pajak Mobil per Tahun

  1. Mendaftar Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Setelah mengisi formulir pendaftaran, selanjutnya yaitu mendaftar pembayaran pajak kendaraan. Siapkan beberapa berkas yang diperlukan beserta hasil cek fisik kendaraan. Serahkan semua berkas tersebut, lalu nomor antrian akan didapatkan.

  1. Melakukan Pembayaran

Semua tahapan sudah hampir selesai, selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Biaya ganti plat motor ini disesuaikan dengan jenis dan pajak kendaraan bermotor yang dimiliki. Biaya penggantian plat nomor motor roda dua atau roda tiga yaitu Rp 60.000, sedangkan untuk roda empat mencapai Rp 100.000.

Sementara biaya perpanjangan STNK juga tergantung jenis kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dan tiga, biaya perpanjangan STNK umumnya sekitar Rp 100.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih tarifnya bisa sampai Rp 200.000.

Ketika melakukan pembayaran, Anda akan menerima dua lembar bukti pembayaran, yaitu lembar berwarna putih dan berwarna biru. Lembar berwarna putih digunakan untuk mengambil plat nomor baru, dan lembar berwarna biru digunakan untuk mengambil STNK baru.

  1. Ambil STNK Dan Plat Nomor Baru

Tahap terakhir adalah mengambil STNK baru dan plat nomor baru di loket pengambilan STNK. Setelah menerima lembar STNK baru, cek dulu apakah data yang terisi seperti nama pemilik, plat nomor, jenis kendaraan sudah sesuai. Di sini Anda juga akan menerima bukti pembayaran pajak kendaraan terbaru.

Sedangkan untuk mengambil plat nomor baru, Anda harus pergi ke loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Ambil plat nomor baru Anda disana. Selamat, STNK dan plat nomor baru sudah ada di tangan. Tidak begitu rumit bukan prosedur pengurusan plat nomor beserta STNK baru tersebut?

Itu tadi syarat ganti plat motor yang harus kamu bawa tanpa boleh ada yang tertinggal. Jangan lupa ya, pastikan tidak ada syarat yang tertinggal. Gampang, bukan? Jika Anda menggunakan Calo untuk mengurus hal ini, tentu biaya yang harus keluar menjadi lebih besar. Makanya, lakukan sendiri saja. Jika Anda ingin menghindari kerugian finansial karena hal tidak terduga, jangan lupa tambahkan asuransi kendaraan juga. Anda bisa dapatkan informasinya hanya di Cekpremi.com.

Baca juga: Pajak Asuransi Mobil Diberlakukan? Begini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi