Tidak Hanya Kebakaran, Ini Dia Resiko Yang Dijamin Oleh Asuransi Properti

Asuransi Properti
Image Source clarke-slighte.com

Masih banyak yang beranggapan bahwa asuransi properti hanya menanggung resiko kebakaran saja, padahal jaminan yang diberikan oleh asuransi properti ini bisa dikatakan sangat luas. Bisa dipastikan, dengan anda menggunakan asuransi properti maka anda sudah tidak perlu lagi khawatir akan hal yang tidak diinginkan yang bisa saja menimpa rumah anda.

Dilihat dari namanya yang menggunakan kata “properti”, berarti asuransi jenis ini melindungi segala sesuatu yang berkaitan dengan properti seperti rumah, toko, kantor, hingga pabrik. Namun yang masih disayangkan adalah asuransi properti tidak seterkenal asuransi lainnya seperti kesehatan, jiwa, dan kendaraan bermotor. Karena itu banyak orang yang menilai jaminan perlindungan asuransi properti secara sempit.

Demi menjaga keutuhan dan perencanaan finansial anda, tentu segalanya harus sudah diperhitungkan. Mulai dari kesehatan diri anda hingga hal-hal lain yang bisa menghancurkan apa yang sudah anda rancang sebelumnya. Termasuk juga resiko yang bisa menimpa properti yang anda miliki, misalkan saja terjadi musibah kebakaran terhadap rumah anda. Maka kerugian yang ditimbulkan akan sangat besar, karena rumah sendiri bukan barang investasi milik anda yang didapat dengan harga rumah.

Belum lagi jika anda adalah seorang pebisnis yang memiliki pabrik atau kantor, bisinis anda bisa sekejap runtuh saat terjadi resiko yang menyebabkan kantor atau pabrik yang anda miliki hancur. Jadi asuransi properti diperlukan guna menopang dan menjaga terhadap apa yang sudah anda miliki.

Jadi sebenarnya resiko apa saja yang dicover oleh asuransi properti ? Berikut adalah penjelasannya :

Disesuaikan Dengan Jenis Properti

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi properti disesuaikan dengan jenis propertinya sendiri, dan juga tergantung dari jenis pertanggungan yang anda sendiri inginkan. Properti dalam asuransi dibagi menjadi beberapa bagian yaitu properti berupa tempat tinggal seperti rumah, apartemen, dll; properti milik pribadi yang digunakan untuk bisnis seperti kantor, ruko, kantor, dll; dan yang terakhir adalah properti industri seperti pabrik.

Asuransi Properti Perlindungan Rumah

Asuransi yang melindungi properti pribadi atau tempat tinggal biasa disebut dengan asuransi rumah. Asuransi rumah melindungi berbagai jenis properti yang berasal dari pelanggan perseorangan, jenis perlindungan yang diberikan adalah komprehensif. Perlindungannya bisa berupa asuransi standar untuk bangunan da nisi rumah, hingga tambahan lainnya yang lebih kompleks seperti perlindungan finansial untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang lebih spesifik.

Asuransi rumah menyediakan perlindungan finansial terhadap bangunan beserta isi rumah dari beberapa kemungkinan resiko seperti kebakaran, pencurian, kerusakan akibat suatu kecelakaan, badai/banjir, gempa bumi, dan musibah lainnya.

Sama seperti asuransi lainnya, asuransi rumah juga memiliki beberapa perlindungan tambahan seperti berikut:

– Perlindungan barang-barang berharga

– Akomodasi perlindungan sementara (Jika rumah rusak dan tidak dapat ditinggali lagi)

– Personal Liability yaitu perlindungan finansial terhadap rusaknya properti serta cidera yang dialami pihak ketiga serta biaya legal yang dikeluarkan terkait perlindungan ini

– Perlindungan pribadi barang-barang yang dibawa keluar rumah seperti jam tangan, perhiasan, dan sebagainya

– Perlindungan tanggung gugat yang disebabkan oleh aktivitas olahraga, serta kerugian finansial akibat kehilangan atau rusaknya peralatan olahraga.

Asuransi Properti Perlindungan Properti Bisnis

Dalam Asuransi properti jenis ini perlindungan yang diberikan jauh lebih kompleks ketimbang untuk jesin asuransi rumah. Hal ini dikarenakan dalam bisnis ada peralatan atau mesin yang digunakan bisa juga menimbulkan resiko dan kerugian yang jauh lebih besar. Contoh saja di pabrik, biasanya aka nada perlindungan tersendiri untuk mesin-mesin yang dimilikinya.

Jadi perlindungan yang tepat untuk objek-objek properti bisnis tersebut biasanya adalah paket asuransi “Property All Risk” , paket asuransi ini memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap objek dan kepentingan terkait. Jenis resiko yang dicover dalam paket ini adalah :

– Kebakaran, peledakkan, petir, kejatuhan pesawat, asap

– Kebongkaran/pencurian dengan kekerasan

– Bencana alam (gempa bumi dan letusan gunung berapi adalah pengecualian, dan harus ditutup dalam polis terpisah), resiko lainnya yang kejadiannya tak terduga dan tidak disengaja.

Jenis asuransi “Property All Risk” ini menjamin hampir seluruh resiko selama resiko tersebut tidak dikecualikan. Untuk resiko yang dikecualikan pun masih dapat ditanggung oleh pihak asuransi asal dimasukan ke dalam klausul perlindungan tambahan.

Jadi asuransi properti jenis apa yang akan anda pilih ?

 

asuransi properti
cek premi asuransi properti termurah disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 8, 2015

Posted In: Features

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami