Tips Aman Berkendara ke Tempat yang Jauh

 

Berkendara adalah sebuah kegiatan yang umum dilakukan oleh kita semua ketika ingin mencapai tempat tertentu, terutama tempat yang jauh. Kendaraan sebagai salah satu terobosan teknologi pada zaman yang modern ini memang merupakan salah satu hal yang mempermudah manusia untuk bisa berpergian ke suatu tempat tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga, dari mulai kendaraan yang sederhana seperti sepeda, motor, mobil, hingga yang lebih kompleks lagi seperti kereta atau pesawat terbang. Apa pun jenis kendaraannya, Anda harus selalu memperhatikan keamanan Anda, apalagi jika Anda berkendara sendiri atau mengemudikan kendaraan itu sendiri.

 

Tips Aman Berkendara

Resiko berkendara sendiri bisa dibilang lebih besar dibanding menaiki kendaraan umum. Hal tersebut dikarenakan semua urusan mengemudi yang berada di tangan Anda. Berbeda dengan berkendara di transportasi publik seperti kereta atau pesawat terbang dimana masinis dan pilot serta kru lainnya yang bertanggung jawab atas keselamatan Anda, berkendara sendiri tanggungannya hanya terletak pada diri Anda saja. Belum lagi jika ada penumpang yang ikut bersama Anda, keselamatan penumpang tersebut juga menjadi tanggung jawab Anda, terutama jika Anda berkendara dengan mobil (pribadi).


Oleh karena itulah akan dibahas berikut ini mengenai tips-tips aman berkendara, terutama ke tempat yang jauh dengan menggunakan mobil pribadi:


1. Memeriksa kondisi mobil sebelum mulai berkendara

Sebelum mulai berkendara, ada baiknya bagi Anda untuk memeriksa kondisi mobil yang ingin digunakan terlebih dahulu. Dari mulai ban mobil, apakah kondisi anginnya sudah pas atau belum (tidak terlalu kembung dan tidak juga mendekati kempes), lalu kondisi keseluruhan bagian luar mobil, terutama wiper yang mempunyai fungsi penting menjaga kaca depan mobil agar tetap kering ketika turun hujan. Tidak lupa juga memeriksa bagian dalam mobil seperti kondisi setir, hingga rem. Pemeriksaan ini bisa sangat menolong Anda untuk terhindar dari resiko-resiko yang tidak diinginkan seperti kecelakaan pada mobil karena, Anda sadari atau tidak, tindakan serampang dan ceroboh seperti tidak menyadari kondisi mobil sendiri yang sedang tidak baik adalah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.


2. Mempersiapkan cadangan atau apa-apa saja yang mungkin dibutuhkan dalam perjalanan

Jangan sepelekan persiapan membawa peralatan yang walaupun tidak pasti akan dipakai, tapi mungkin diperlukan nanti. Misalnya saja seperti ban cadangan atau alat-alat sederhana untuk memperbaiki mesin mobil untuk berjaga-jaga jika di jalan mobil Anda mengalami mogok, ban kempes, dan lain sebagainya.


3. Menggunakan asuransi

Asuransi adalah suatu produk jasa perlindungan yang bisa menghindari atau setidaknya memperkecil kemungkinan Anda rugi. Tidak heran jika asuransi seperti asuransi mobil juga bisa sangat berguna untuk menjamin keamanan Anda dalam berkendara atau berpergian ke tempat yang jauh. Dengan menggunakan asuransi mobil yang terbaik, Anda setidaknya tidak perlu khawatir lagi dengan resiko terburuk yang bisa terjadi pada mobil dan Anda pun bisa mendapatkan bantuan selama berkendara jika terjadi resiko pada saat itu, misalnya saja layanan mobil derek atau Road Car Assistance lainnya.


Demikianlah sekiranya tips-tips yang bisa Anda contoh jika Anda mau tetap aman ketika berkendara ke tempat yang jauh. Camkanlah di benak Anda bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

May 16, 2017

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami