5 Tips Memilih Koper yang Tepat Untuk Perjalanan Menyenangkan

Jul - 07
2021
ukuran koper

5 Tips Memilih Koper yang Tepat Untuk Perjalanan Menyenangkan

Koper merupakan benda paling penting untuk melakukan perjalanan. Apalagi untuk Anda yang hobi travelling, koper menjadi teman setia dan Anda harus tau tips memilih koper dengan baik karena koper bisa menjadi barang investasi lho! Seiring perkembangan teknologi, koper memiliki desain dan model yang beragam. Tentunya hal ini juga mempengaruhi jenis penggunaan serta pengguna itu sendiri.

Kualitas koper menjadi penting agar koper tidak tiba-tiba rusak di tengah perjalanan. Saat ini banyak sekali koper dengan berbagai macam fitur modern di pasaran. Menentukan jenis koper yang akan digunakan juga harus dilakukan dengan cermat. Berikut ini 5 tips yang wajib kAnda ketahui sebelum memilih koper agar perjalananmu nyaman dan menyenangkan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

5 Tips Memilih Koper yang Tepat

tips memilih koper

Semakin beragam fitur-fitur koper sering kali membuat kita bingung untuk memilih. Ada yang memilih karena harganya yang murah, tetapi tak berapa lama malah justru merepotkan kita di perjalanan karena rusak. Simak tips berikut ini untuk menentukan koper yang tepat untuk perjalananmu!

1. Perhatian Bahan Koper

Pilihlah bahan koper yang sesuai dengan tujuan pengguanmu. Ada dua jenis bahan koper, yaitu hard case yang memiliki permukaan keras dan tahan lama, dan soft case yang terbuah dari bahan lembut seperti kain, kulit, karbon, atau plastik.

Koper dengan bahan hard case biasanya lebih aman dan cocok untuk tipe perjalanan jangka panjang. Hal ini karena bahan hard case tahan lama dan tidak mudah dirusak dengan benda tajam sehingga bisa mencegah pencurian barang. Selain itu, jenis ini juga tahan terhadap benturan sehingga bisa melindungi barang-barang bawaan dengan baik. Meskipun demikian, bahan hard case umumnya lebih berat.

Sedangkan Jenis sostcase memiliki banyak kantong penyimpanan yang tersebar baik di dalam maupun luar koper. Hal ini mempermudah Anda untuk mengorganisir barang bawaan. Selain mudah untuk keluar masuk bagasi, koper dengan bahan ini juga ringan dan mudah dibawa sehingga cocok untuk perjalanan jangka pendek.  

2. Perhatikan Kapasitas Koper

Kapasitas koper bisa dilihat dari ukurannya walaupun ukuran yang sama bisa jadi memiliki kapasitas yang berbeda, tergantung pada produsennya. Koper tersedia dengan berbagai ukuran, mulai dari SS hingga L. Anda bisa memilih ukuran koper dengan mempertimbangkan durasi perjalananmu.

Sebagian besar koper berukuran S berkapasitas 20–30 liter, cocok untuk perjalanan 2–3 malam. Koper ukuran M berkapasitas 60–70 liter, ideal untuk perjalanan sekitar 6–7 malam. Sementara itu, tipe berkapasitas besar seperti 90–100 liter dapat menampung barang bawaan hingga sepuluh malam. Tipe ini cocok untuk perjalanan jangka panjang.

Anda bisa memperkirakan ukuran koper dengan rumus, “lama menginap dikali 10 liter.” Jika berencana membeli banyak oleh-oleh, Anda bisa tambah +1 hari untuk perkiraan lama menginap.

3. Perhatikan Roda Koper

Roda koper merupakan faktor penting yang menentukan kemudahan Anda membawa koper. Saat memilih koper, penting untuk memeriksa ukuran dan jumlah roda serta bunyi yang dihasilkan. Ukuran roda akan mempengaruhi stabilitas dan ketahanan koper. Selain itu, koper yang didesain tanpa suara juga akan menambah kenyamanan karena tidak takut mengganggu orang lain.

Pada umumnya, ada dua tipe roda pada koper yakni tipe roda dua dan roda empat. Koper beroda empat memiliki stabilitas yang lebih baik dan lebih mudah digerakkan. Jika roda berputar 360 derajat, koper bisa memutarnya dengan mudah sehingga akan lebih nyaman untuk berjalan di koridor sempit.

4. Perhatikan Keamanan dan Kemudahan Penggunaan

Tips memilih koper lainnya adalah cek bagian pembuka dan penutup koper. Ada dua tipe pembuka dan penutup ini, yaitu tipe risleting dan tipe rangka atau frame lock.

Tipe ritsleting sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan kapasitas penyimpanan yang optimal. Tipe ini memiliki bobot yang ringan dengan kemudahan bongkar muat barang bawaan. Tipe ritsleting juga memungkinkan Anda untuk memiliki space tambahan. Jadi, Anda bisa membawa lebih banyak barang ke dalam koper. Selain itu, tipe ritsleting memungkinkan Anda untuk mengeluarkan atau memasukkan barang dengan mudah. Anda cukup membuat celah kecil, tidak perlu membuka semua ritsletingnya.

Sementara itu, tipe rangka (frame lock) sangat ideal bagi mereka yang mengutamakan keamanan. Dengan tipe ini, risiko koper tidak sengaja terbuka akan jauh lebih kecil sehingga lebih aman. Jika rangka koper terbuat dari logam, bobotnya tentu akan menjadi lebih berat. Namun, tipe ini relatif aman untuk membawa setelan atau gaun yang mudah kusut.

5. Pastikan Bahan Tahan air

Pastikan koper memiliki bahan tahan air atau telah diberi sealant tahan lembap di bagian dalam untuk membantu menjaga barang-barang Anda tetap kering. Ini berfungsi saat hujan dan juga jika bagasi berada di permukaan yang kotor, basah, atau lengket.

Itu tadi lima tips memilh koper yang tepat. Pilihlah dengan bijak, ya, agar perjalananmu menjadi nyaman dan aman. Tidak ada yang salah untuk memilih koper sesuai budget, namun memilih berdasarkan kebutuhan akan lebih baik. Semoga bermanfaat!

asuransi jiwa covid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *