Tips Mengatur Biaya Servis Bulanan Kendaraan Anda

cara merawat mobil dengan baik
Image Source Spaoto

Merawat kendaraan terkadang tidak menjadi perhatian utama untuk semua orang yang mempunyai kendaraan. Meskipun demikian,  menurut saya, bagaimanapun akan tiba pada saatnya kendaraan tersebut harus dirawat dan di perhatikan, seperti aki habis, busi mati ban pecah, dan masih banyak hal lain yang bisa saja terjadi, yang pada akhirnya akan membutuhkan biaya perawatan juga, dan pahitnya dalam keadaan seperti justru terjadi secara tiba – tiba alias tak terduga. Mengeluarkan biaya secara mendadak dapat membuat kepala pusing dan mengacaukan rencana atau anggaran bulanan keluarga anda pastinya. Terlebih jika tidak diimbangi dengan ketersediaan tabungan cadangan untuk hal-hal seperti itu. Oleh sebab itu cara yang tepat adalah dengan memperkirakan biaya perawatan tersebut, baik dengan cara perkiraan ataupun berdasarkan catatan atau aturan merawatan mobil anda.

Berikut ini tips mengatur biaya servis bulanan kendaraan anda agar tidak boros:

1. Kenali Kendaraan Anda

Yang dimaksud dengan mengenali kendaraan anda adalah, anda perlu mengetahui berapa lama kendaraan anda bisa bertahan tanpa harus mendapatkan perawatan mesin dari bengkel. Karena biasanya ada kendaraan yang benar – benar perlu diperhatikan pada waktu tertentu. Hal itu menghindari agar anda nantinya tidak mengalami biaya yang membengkak karena kurang memperhatikan kendaraan atau tidak mengenali kendaraan anda sendiri.

2. Ikuti Aturan Dari Pabrikan kendaraan anda

Hal ini sangatlah penting untuk anda perhatikan. Mengikuti peraturan yang sudah ditentukan dari pabrikan kendaraan anda adalah hal paling utama, karena biasanya pabrikan mobil sudah lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan serta apa saja yang dibutuhkan oleh kendaraan anda. Jangan pernah sesekali anda melawan aturan dari pabrikan kendaraan anda, karena sudah pasti akan berakibat buruk untuk kantong dan juga kendaraan anda.

3. Pilih Bahan Bakar Yang Cocok Untuk Kendaraan Anda

Memilih bahan bakar yang tepat adalah langkah yang paling utama, karena bahan bakar adalah faktor penentu kendaraan anda. Jika anda sampai memilih bahan bakar, bukan hal yang tidak mungkin mesin kendaraan anda bisa berkarat atau malah kadang akan membuat kendaraan anda mogok.

4. Periksa Tekanan Ban Kendaraan Anda

Ban pada setiap kendaraan biasanya sudah memiliki standar yang sudah di rekomendasikan sesuai pembuatannya. Semakin sering anda menggunakan kendaraan anda di jalan bukan hal yang tidak mungkin tekanan ban kendaraan anda juga akan terus berkurang dan membuat jalannya kendaraan anda tidak bekerja dengan optimal. Jika kendaraan anda sudah tidak bisa optimal ketika berjalan. Kerusakan – kerusakan khususnya pada bagian pelek akan kerap terjadi dan membahayakan nyawa and ketika berkendara.

Itulah empat tips yang bisa anda lakukan agar bisa menghemat biaya servis kendaraan pribadi yang anda miliki. semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

May 16, 2016

Posted In: Automotive, Lifestyle, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami