Pandemi Mungkin Saja Berlanjut. Ini Tips Mengelola Keuangan di Awal Tahun

Dec - 31
2020
Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi

Pandemi Mungkin Saja Berlanjut. Ini Tips Mengelola Keuangan di Awal Tahun

Menjalani era new normal saat ini harus siap menghadapi segala sesuatu yang tidak pasti. Bukan hanya menciptakan krisis kesehatan dunia, pandemi virus COVID-19 juga mempengaruhi perekonomian global tak terkecuali di Indonesia. Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips mengelola keuangan supaya tidak mengalami kesulitan finansial jika hal-hal yang tidak terduga terjadi. 

Maksudnya hal yang tidak terduga seperti apa sih? Ya bisa jadi perusahaan-perusahaan dari berbagai industri melakukan Layoff karyawan (pemberhentian sementara) atau bahkan langsung mem-PHK karyawannya karena penghasilan perusahaan yang menurun drastis akibat dari pandemi. Selain itu, hal yang patut diwaspadai juga adalah kesehatan diri sendiri. Akibat sering lembur atau bekerja freelance sana sini demi bisa bertahan saat pandemi juga bisa berakibat negatif pada kesehatanmu. Jangan sampai uang yang sudah susah kamu kumpulkan malah habis begitu saja karena harus membayar perawatan di rumah sakit.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Makanya, di masa seperti ini, kamu wajib bisa harus tau tips mengelola keuangan dengan baik, supaya hal-hal yang tidak diinginkan bisa kamu hindari dan kamu bisa menjalani hari dengan tenang meskipun di tengah era new normal. Berikut adalah tips mengelola keuangan ala Cekpremi.com untuk bantu kamu membuat rencana budgeting yang baik!

 

Hitung dan Catat Pengeluaranmu Tiap Bulan

Biasakan untuk mencatat rincian pengeluaranmu tiap bulan. Hal ini supaya kamu bisa mengetahui bagaimana flow keuanganmu dan mengevaluasinya. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih bijak dan disiplin menggunakan uangmu.

 

Langsung Pisahkan Pengeluaranmu Setiap Gajian

Saat gajian mulai pisahkan dan atur keuanganmu dengan mengikuti persentase 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% menabung/investasi, 10% untuk membayar cicilan, dan 10% untuk donasi/sedekah. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki lebih dari satu rekening bank untuk memisahkan keuanganmu sesuai kebutuhan. 

 

Wajib Memiliki Dana Darurat

Di jaman yang serba tidak pasti, kamu wajib memiliki dana darurat. Jika kamu masih single maka persiapkan dana darurat sebesar 3X pengeluaran bulanan, jika kamu sudah menikah maka dana darurat yang butuh disiapkan sebesar 6X pengeluaran bulanan dan seterusnya. Dana darurat akan membantu kamu untuk tetap bisa memiliki keuangan yang stabil untuk sementara waktu saat kamu tidak memiliki pemasukan.

 

Persiapkan Asuransi Kesehatan & Jiwa

Hal yang cukup penting namun masih sering diabaikan banyak orang di Indonesia adalah memiliki asuransi. Padahal, dengan memiliki asuransi khususnya kesehatan dan jiwa di tengah pandemi seperti ini, artinya kamu sudah memberikan perlindungan untuk diri sendiri dan orang tersayangmu dari risiko kerugian finansial.

 

Masa pandemi yang menjadi masa penuh ketidakpastian menuntut kita untuk lebih bijaksana dalam mengelola uang dan yang harus kita ingat adalah selalu utamakan untuk menggunakan uang akan sesuatu yang memang kita butuhkan, termasuk asuransi. Melalui Cekpremi.com kamu bisa langsung cari dan bandingkan harga-harga premi asuransi yang cocok dengan budgetmu, jadi kamu bisa tahu berapa kisaran dana yang harus kamu keluarkan tiap bulannya untuk kebutuhan asuransi. So, good luck untuk kalian yang masih terus berjuang di tengah pandemi ini ya, dan jaga kesehatan selalu!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *