Tips Mengganti Pelek Ban Mobil dan Motor

Pelek Ban
Image Source otomotifnet.com

Apabila ban pada kendaraan anda diibaratkan kaki, maka pelek ban adalah sepatunya. Pelek merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada kendaraan. Kebanyakan orang mengganti pelek ban mereka agar kendaraan yang mereka miliki terlihat keren. Namun , kadang mereka tidak mempertimbangkan keselamatan mereka sendiri. Mereka berpikiran bahwa pelek ban yang keren sudah pasti aman. Padahal memilih pelek ban tidak cukup hanya dengan keren, namun juga harus tepat dan sesuai dengan ukuran mobil atau motor anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Am salah satu pekerja bengkel ternama dikutip dari kompas.com . Ia menerangkan bahwa saat memilih pelek yang tepat terdapat rumusan khusus antara pelek dan ban, jadi ada perhitungan yang secara rinci dilakukan supaya tidak terjadi ketimpangan antara bobot mobil dan juga peleknya, dengan begitu pelek tidak mudah rusak dan patah.

Bicara soal sparepart kendaraan tampaknya tidak lengkap jika tidak membicarakan soal modifikasi di dalamnya. Nah, apabila anda ingin menggunakan pelek ban yang dimodifikasi juga ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum anda memasangnya. Amar menerangkan batas maksimal pelek yang dimodifikasi maksimal tiga tingkat dari ukuran bawaan pabrik.

Ukuran pelek ban menjadi faktor utama, karena akan sangat berpengaruh terhadap penyerapan benturan ban dan jalan. Semakin besar pelek, maka semakin tipis ketebalannya, hal ini akan menyebabkan kenyamanan menjadi berkurang akibat daya serap benturan ban berkurang dan hanya bergantung pada sok.

Jika sudah terlanjur salah memodifikasi maka hal yang harus dilakukan adalah mengakalinya dengan mengubah kaki-kaki mobil. Cara paling sederhananya adalah dengan mengganti per bawaan pabrik dengan karakter yang lebih kaku ayunannya, guna memberikan daya kejut yang lebih keras.

 

Pelek Ban
Biar lebih aman lagi yukk lindungi mobil anda dengan asuransi mobil. Cek asuransi mobil terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

May 6, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami