Tetap Asyik Meski Sendiri, Begini 5 Tips Solo Traveling

Jun - 20
2021
tips solo traveling

Tetap Asyik Meski Sendiri, Begini 5 Tips Solo Traveling

Last Updated on July 2, 2021 by

Melakukan solo traveling memang terdengar menyeramkan. Namun bagi sebagian orang, langkah ini justru sangat menantang sehingga dapat memberi pengalaman baru yang tak bisa dilupakan. Bagi Anda yang baru dalam dunia solo traveling, mengetahui tips solo travelling melakukan perjalanan ini sangat penting. Sebab meskipun menyenangkan, tetap ada risiko yang mengintai bagi para solo traveler.

Karena itu agar perjalanan liburan atau pelesiran Anda semakin berkesan, cekpremi.com telah menyiapkan beberapa tips solo traveling bagi para pemula. Mau tahu apa aja? Baca di sini, yuk!

5 Tips Solo Traveling untuk Para Pemula

1. Lakukan Riset Sebelum Memilih Destinasi

Dalam memilih destinasi wisata banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan, mulai dari bujet, akomodasi, transportasi, keamanan, sampai dengan lokasi-lokasi yang ingin didatangi.

Kita bisa saja memilih destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan ataupun minat pribadi, namun melakukan riset terhadap lokasi tersebut tetap penting untuk dilakukan.

Tak perlu muluk-muluk, cukup riset harga hotel, transportasi, hingga biaya tiket wahana yang ingin Anda datangi. Selain itu, pastikan keamanan sekitar penginapan dan tempat wisata mumpuni, ya.

Baca juga: Mau Berlibur di Masa Pandemi? Intip Tips Travelling Penting Ini!

2. Tentukan Bujet dan Buat Itinerari

Menyiapkan uang seadanya ketika bepergian seorang diri? Jangan coba-coba, deh. Lebih baik, hitung bujet perjalanan Anda sesuai dengan riset yang telah dilakukan sebelumnya.

Untuk mempermudah menyusun anggaran pelesiran, buatlah sebuah itinerari atau jadwal perjalanan. Dengan begitu, Anda sudah tahu tempat-tempat mana saja yang akan dituju nantinya.

Sebagai tips solo traveling, siapkan dana lebih sekitar 10 – 15% dari bujet yang telah ditetapkan. Mengingat Anda akan berpetualang sendirian, saving money agaknya patut diperhitungkan.

3. Bawa Barang yang Penting-Penting Saja

Agar tidak repot saat dalam perjalanan, sebaiknya bawalah barang-barang yang dianggap penting saja. Hindari menggunakan peralatan yang mencolok, agar keamanan Anda tetap terjaga.

Biar simpel gunakan tas backpack saat bepergian seorang diri. Kalaupun Anda ingin menggunakan koper, pilihlah jenis koper yang cukup ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Baca juga: Hi Ladies, Ini Perlengkapan Travelling Wanita yang Wajib Anda Bawa Saat Liburan!

4. Catat Nomor-Nomor Penting

Tips solo traveling satu ini harusnya sudah disiapkan sebelum keberangkatan. Kalaupun belum, catatlah beberapa nomor penting sesaat Anda sampai ke lokasi tujuan.

Nomor tersebut meliputi kantor polisi, rumah sakit, keluarga atau teman terdekat. Pastikan mereka selalu selalu stand by di dekat handphone-nya, agar lebih mudah dihubungi ketika keadaan darurat.

5. Pisahkan Uang dan Dokumen Lainnya

Tips solo traveling yang terakhir memang cukup simpel, namun sering dilupakan oleh pelancong. Memisahkan uang dan dokumen sangat penting untuk mengantisipasi segala tindak pencurian.

Selain itu, jangan lupa memindai atau memfoto dokumen penting seperti passport, KTP dan lain-lain. Jangan mudah memberi identitas diri kepada orang yang tidak dilakukan jika tidak dibutuhkan.

Demikian beberapa tips melakukan solo traveling yang harus diingat oleh para pemula. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin pelesiran seorang diri, ya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi perjalanan cekpremi