Trik Ampuh Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Mobil

Apr - 12
2019
Trik Ampuh Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Mobil

Trik Ampuh Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Mobil

Pengeluaran rutin bulanan pasti bertambah ketika Anda sudah memiliki mobil pribadi. Salah satu budget yang harus Anda siapkan adalah biaya bahan bakar. Semakin sering Anda mengendarai mobil, maka semakin besar pula biaya bahan bakar. Namun, Anda bisa melakukan upaya penghematan untuk meminimalkan budget tersebut.

Jika Anda melakukan beberapa trik berikut ini, niscaya penggunaan bahan bakan mobil Anda akan lebih hemat dari biasanya:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Memilih Jenis Bahan Bakar yang Tepat

Jangan hanya memilih bahan bakar mobil yang harganya terjangkau demi alasan penghematan. Anda justru harus memilih bahan bakar berdasarkan rekomendasi yang tepat untuk mobil Anda. Setiap jenis mobil memiliki karakter mesin yang sudah disesuaikan dengan bahan bakar tertentu. Sebaiknya Anda tidak menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya lebih rendah. Sebab hal tersebut akan membuat pembakaran mesin jadi tidak efisien. Akibatnya, penggunaan bahan bakar jadi lebih boros dan rentan mengganggu kinerja mesin.

Merawat Mesin Mobil secara Teratur

Merawat mesin mobil adalah salah satu kunci menghemat penggunaan bahan bakar. Jika mesin mobil Anda terawat dengan baik, kinerjanya tidak akan boros bahan bakar walaupun Anda melakukan perjalanan jauh. Hal tersebut bisa terjadi karena sistem pembakarannya bekerja secara lebih efisien.

Anda hanya perlu melakukan servis teratur untuk menjaga performa mesin mobil. Usahakan untuk melakukan proses servis besar setiap enam bulan sekali atau setiap jarak tempuh 10.000 km. Sehingga kinerja mesin mobil tidak menurun meskipun usia mobil Anda terus bertambah.

Membatasi Kapasitas Mobil

Tahukah Anda bahwa penggunaan bahan bakar mobil juga bergantung pada kapasitasnya?

Mobil yang membawa beban berat akan menyebabkan penggunaan bahan bakar jadi lebih boros. Oleh sebab itu, Anda harus membatasi kapasitas mobil. Terutama bila Anda akan melakukan perjalanan jauh. Jangan menyimpan benda-benda yang kurang bermanfaat di mobil. Dengan demikian, beban yang diangkut mobil jadi lebih ringan. Kinerja suspensi dan ban mobil pun tak akan terganggu oleh beban mobil tersebut.

Jangan Lupa Mematikan Mesin

Ketika terjebak kemacetan atau parkir dalam waktu cukup lama, sebaiknya Anda langsung mematikan mesin mobil. Karena mesin mobil yang terus-menerus menyala akan membuat konsumsi bahan bakarnya semakin boros. Lebih dari itu, temperatur mesin mobil juga cepat meningkat. Sehingga risiko mogok atau gangguan mesin lainnya jadi sulit dihindari.

Berkendara dalam Batas Kecepatan Normal

Mempertahankan laju kendaraan bukan hanya bermanfaat untuk menjamin keselamatan saat mengendarai mobil. Hal tersebut juga akan membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat. Semakin sering Anda menginjak gas dalam-dalam, maka semakin boros pula penggunaan bahan bakar mobil Anda. Karena putaran mesin yang terlalu rendah atau terlalu tinggi menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar.

Memperhatikan Cuaca ketika Memarkir Mobil

Memarkir mobil di tempat teduh adalah kebiasaan yang baik bagi mobil Anda. Selain melindungi kualitas body mobil, ternyata hal tersebut juga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Cuaca yang panas membuat bahan bakar menguap lebih cepat. Sehingga hal tersebut kerap membuat bahan bakar mobil Anda cepat habis. Mulailah membiasakan diri untuk parkir di tempat teduh dan mengisi BBM pada pagi atau malam hari. Risiko penguapan bahan bakar pun dapat diminimalkan.

Tak Perlu Ragu Menggunakan AC

Jangan menganggap bahwa penggunaan AC membuat bahan bakar mobil jadi boros. Mobil yang berada dalam kondisi mesin baik justru lebih hemat bahan bakar ketika Anda menyalakan AC-nya. Membuka kaca mobil justru dapat mengganggu laju mobil saat angin berhembus kencang. Akibatnya, Anda justru harus menekan gas lebih dalam demi menstabilkan laju mobil.

 

Kini, Anda tahu kan bahwa ada banyak hal yang bisa mendukung upaya penghematan bahan bakar mobil. Selain budget bahan bakar, jangan lupa pula menyiapkan budget rutin untuk asuransi mobil. Bila Anda memilih asuransi mobil murah, tentu Anda tak akan merasa terbebani dengan preminya. Pilihlah asuransi mobil terbaik secara teliti agar bisa memperoleh manfaat maksimal untuk mobil kesayangan.

Berbekal asuransi mobil berkualitas pilihan Anda, aktivitas berkendara jadi lebih leluasa dan terasa aman. Karena perusahaan asuransi mobil akan membantu memproteksi risiko sesuai dengan kesepakatan yang tercantum pada polis. Yuk, pilih dulu asuransi mobil yang tepat untuk mobil kesayangan Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *