10 Tips Perawatan Mobil Matic agar Performanya Selalu Prima

Jul - 12
2019
10 Tips Perawatan Mobil Matic

10 Tips Perawatan Mobil Matic agar Performanya Selalu Prima

Beberapa tahun belakangan ini, jumlah pengguna mobil matic di tanah air kian bertambah. Karena mobil matic dianggap lebih nyaman dikendarai ketika kondisi jalanan sedang macet. Varian jenis mobil matic semakin beragam dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Perawatan mobil matic ternyata juga tidak sulit bila Anda sudah memahami langkah-langkahnya.

Anda hanya perlu melakukan proses perawatan secara telaten agar performa mobil kesayangan senantiasa prima. Pahami dulu sepuluh tips perawatan mobil matic berikut ini demi menjaga kualitas mobil pribadi Anda:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Selalu Memanaskan Mesin Mobil sebelum Digunakan

Hal yang satu ini adalah teknik merawat mobil paling dasar. Sudah sepatutnya semua pemilik mobil memanaskan mesin mobil sesaat sebelum mobil digunakan. Terutama bila Anda menggunakan mobil matic. Panaskan mobil dengan posisi persneling netral (N). Proses pemanasan mobil akan membuat pelumasan mesin berlangsung sempurna. Risiko kerusakan mesin mobil pun dapat diminimalkan.

Menggunakan Persneling Mobil dengan Tepat

Urusan menggunakan persneling mobil matic memang tak boleh dianggap remeh. Anda wajib memilih persneling yang tepat ketika mobil berjalan, berhenti, atau sedang parkir. Misalnya, persneling P hanya digunakan untuk memarkirkan mobil. Persneling tersebut tak boleh digunakan lagi saat mobil sudah berhenti. Karena penggunaan persneling untuk fungsi yang tepat malah rentan menyebabkan kerusakan serius.

Memilih Oli Gardan Berkualitas

Oli gardan merupakan oli untuk melumasi bagian bawah mobil. Idealnya, oli gardan mesti diganti setiap mobil menempuh jarak 20.000 hingga 30.000 km. Tingkat kekentalan oli bisa menjadi indikator ketika akan menggantinya. Oli gardan yang sudah terlalu kental tentu tidak berfungsi maksimal dan harus segera diganti agar tidak mempengaruhi performa mobil. Sebaiknya Anda menggunakan oli gardan berkualitas yang memang dianjurkan untuk tipe mobil matic Anda.

Oli Transmisi Juga Harus Diganti secara Teratur

Komponen oli transmisi juga sangat penting bagi mobil matic. Oli yang satu ini berfungsi untuk melumasi sistem transmisi mobil. Agar komponen-komponen pada sistem transmisi tersebut tidak mudah aus. Oli transmisi pada mobil matic wajib diganti setiap kali mobil menempuh perjalanan 20.000 km. Jangan sampai Anda terlambat mengganti oli transmisi hingga mobil matic mudah mogok saat dikendarai.

Segera Mengganti Oli setelah Mobil Terendam Banjir

Air banjir adalah musuh bagi mobil matic. Jangan sampai Anda menyalakan mesin mobil matic yang baru terendam air banjir. Karena air banjir tersebut akan merusak sistem transmisi mobil. Sebagai langkah antisipasi, Anda mesti segera mengganti oli transmisi mobil matic yang baru terendam banjir. Hal ini penting untuk memastikan bahwa oli transmisi mobil Anda tidak bercampur dengan air.

Memeriksa Jumlah Oli Transmisi 

Jangan tunggu sampai mobil menempuh jarak yang cukup jauh bila ingin memeriksa jumlah oli transmisi. Tak jarang oli transmisi justru habis karena penggunaan mobil matic dalam intensitas tinggi. Alangkah lebih baik bila Anda memeriksa jumlah oli transmisi secara berkala. Supaya Anda bisa lekas menggunakan oli yang baru jika oli transmisi lama mulai habis. Gunakanlah oli transmisi berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil kesayangan Anda. Proses perawatan mobil matic yang satu ini jelas tidak sulit untuk dilakukan kalau Anda sudah terbiasa.

Jangan Lupa Mengecek Valve

Mobil matic sering mengalami masalah pada bagian valve. Pemindahan tuas yang kasar dan hentakan gas rentan menyebabkan kebocoran pada valve. Oleh sebab itu, komponen mobil yang satu ini juga wajib mendapatkan perhatian khusus. Agar kerusakan valve tidak berujung pada kebocoran atau kerusakan gasket transmisi.

Rutin Melakukan Test Drive

Sebaiknya mobil matic tidak dibiarkan begitu saja tanpa dikendarai. Sebab hal sepele ini malah kerap membuat mobil matic jadi mogok. Mesin mobil matic tidak dilumasi oli secara sempurna sehingga lebih mudah rusak. Solusinya, Anda mesti meluangkan waktu melakukan test drive secara rutin. Panaskan mobil dan mulailah mengendarainya selama kurang lebih setengah jam. Supaya mobil matic kesayangan Anda tetap prima saat digunakan untuk menempuh jarak jauh.

Aki Mobil Matic Mesti Diganti secara Rutin

Aki juga menjadi komponen penting pada mobil matic. Karena seluruh sistem kelistrikan mobil pasti terhubung dengan aki. Idealnya, aki mobil diganti setiap satu tahun sekali. Terutama bila Anda sering mengendarai mobil dalam jarak jauh. Jangan sampai aki mobil yang rusak membuat mobil Anda tiba-tiba mogok saat dikendarai. Bila hal tersebut terjadi, Anda harus melakukan proses jumper aki sebagai pertolongan pertama sebelum mengganti aki dengan yang baru. Mulai sekarang, sebaiknya Anda jeli mengamati kualitas aki mobil supaya bisa menggantinya pada waktu yang tepat.

Servis Besar Tak Boleh Luput dari Perhatian

Selain perawatan secara mandiri, jangan lupa membawa mobil matic Anda untuk mendapatkan servis besar di bengkel resmi. Sehingga kondisi mobil Anda diperiksa secara menyeluruh dalam proses servis tersebut. Setiap kerusakan yang terjadi bisa segera diidentifikasi dan diatasi sebelum menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Kalau Anda melakukannya secara teratur, Anda tak akan terbebani dengan biaya servis yang besar. Sebab kerusakan mobil dapat diidentifikasi sejak dini. 

Tak ada kata terlalu dini untuk merawat mobil matic. Bahkan, mobil matic baru mesti dirawat secara intensif sejak awal agar kualitasnya tetap terjaga. Jangan mudah percaya dengan mitos yang menyatakan kalau merawat mobil matic itu susah. Anda hanya perlu mempelajari dan melakukan perawatannya secara telaten. Niscaya mobil matic kesayangan Anda akan senantiasa menunjukkan performa prima dan tak mudah mogok ketika dikendarai.

Hal kedua yang wajib Anda miliki untuk memastikan mobil matic selalu dalam kondisi sehat adalah asuransi mobil. Kebanyakan orang merasa asuransi hanya diperlukan ketika mobil mulai bermasalah. Anggapan tersebut salah besar. Mencari proteksi mobil sebaiknya dilakukan sejak dini untuk mendapatkan fasilitas perlindungan mobil terbaik. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *