5 Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Bisnis Anda

Hampir setiap orang yang mengenal internet pasti punya akun sosial media seperti twitter, Facebook, Instagram, G+, dan lain-lain, atau paling tidak mereka sudah pasti memiliki akun di salah satu media sosial tersebut. Pada awal pembuatannya media sosial hanya digunakan untuk kegiatan bersosial seseorang secara online, dan ternyata saat ini media sosial sudah berkembang pesat serta efektif digunakan sebagai alat media promosi bisnis. Apabila saat ini Anda memiliki sebuah bisnis atau usaha dan tidak dipromosikan secara online maka Anda sudah sangat jauh tertinggal dari para pesaing yang menggunakan media sosial.

manfaat sosial media

Kegiatan pada media sosial bisa memberikan banyak dampak positif bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan brand bisnis dan juga meningkatkan organic search dari website bisnis tersebut hingga berada di pencarian teratas jika konsumen mensearch apa yang mereka butuhkan. Kami tidak mengatakan bila dengan memiliki akun media sosial akan otomatis meningkatkan penjualan bisnis Anda secara signifikan,  akan tetapi dengan adanya bisnis Anda di dunia maya tentunya pasti akan membuatnya menjadi lebih dikenal oleh orang banyak. Dan pastinya orang-orang yang berada di dalam media social Anda akan menghubungi Anda bila mereka menginginkan produk atau jasa yang anda tawarkan oleh bisnis Anda.

Kegiatan dari sebuah bisnis di media sosial tidak hanya bicara tentang promosi saja, tetapi lebih dari itu. Kita bisa saja menjadi seseorang yang hanya berorientasi pada uang dan keberhasilan jangka pendek saja, ataupun berorientasi pada keuntungan dalam hubungan jangka panjang dengan orang-orang yang terhubung pada media sosial, itu pilihan masing-masing dari anda nantinya. Namun, jika kita bicara tentang bisnis pasti setiap orang menginginkan sesuatu yang panjang dan mampu bertahan lama.

Berikut ini adalah 5 tips memanfatkan media social dalam berbisnis:

1. Pastikan pelanggan Anda bisa menandai “check-in”

Saat mereka berada pada tempat usaha Anda. Biasanya fasilitas ini facebook sudah menyediakannya dan sangat cocok untuk seseorang yang membuka bisnis seperti cafe, bar, atau restaurant. Pastinya Anda harus memanfaatkan fasilitas tersebut pada Facebook Page bisnis Anda agar bisnis Anda semakin dikenali oleh banyak orang.

2. Daftarkan juga bisnis Anda pada Foursquare

Karena website ini juga bisa membantu Anda dalam mengakses nama-nama orang yang sudah “check-in” pada bisnis Anda nantinya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa saja kebiasaan pelanggan anda dan bisa membantu Anda menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap pada bisnis Anda.

3. Aktif dalam kegiatan bersosial di jejaring social Twitter.

Posting kegiatan bisnis Anda di twitter secara rutin dan terus menerus, contohnya: para pelanggan yang datang ke bisnis Anda, event apa saja yang Anda lakukan, promosi produk – produk yang anda punya, dan masih banyak lainnya.

4. Youtube adalah salah satu media sosial yang bisa mendatangkan keberhasilan.

Belakangan ini media sosial ini banyak di gemari orang, mengapa tidak berkat jejaring sosial ini banyak seseorang yang langsung melejit namanya karena memposting berbagai kegiatan atau ide ide kreatif yang mereka miliki. Begitu pun dengan anda, anda bisa memposting berbagai macam produk anda di youtube.

5. Memposting artikel tentang kegiatan bisnis Anda di dalam blog.

Postingan tidak melulu tentang produk produk yang anda jual. Tetapi anda bisa memposting berbagai pengalaman menarik yang anda punya di blog agar para pembaca bisa tertarik dan akhirnya ingin mengetahui dengan sendirinya apa saja produk – produk yang anda miliki.

Demikianlah tips & cara memanfaatkan media sosial untuk perkembangan bisnis anda agar lebih dikenal oleh orang banyak. Semoga setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan ide untuk menerapkan rencana bisnis anda dengan memanfaatkan social media tersebut.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 23, 2016

Posted In: Tips & Tricks

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami