5 Tips Perawatan Kulit Buat Kamu Para Perokok

Ada banyak dampak negatif yang disebabkan oleh asap rokok bagi kesehatan tubuh kamu. Berbagai macam penyakit mengintai para perokok. Tidak hanya itu, merokok juga bisa berdampak buruk bagi penampilan Anda.

Penampilan dalam konteks ini menyangkut hal bagaimana pandangan orang lain terhadap Anda. Mungkin secara langsung tidak dapat langsung terlihat, namun seorang pakar kesehatan kulit Dr. Emily Wise menyatakan ternyata merokok juga memiliki dampak buruk untuk kulit Anda. Dr. Emily Wise yang juga seorang ahli dermatologis tersebut membeberkan 5 bahaya merokok untuk kulit seperti yang dikutip dari nymag berikut :

  1. Rokok dapat mengambil oksigen dari kulit.
  2. Membuat rusak pembuluh kapiler dan melebarkan pembuluh darah yang menyebabkan tone kulit tidak rata dan menyebabkan kulit memerah.
  3. Merokok dapat membuat kolagen dan elastin yang adalah intisari dari kemudaan kulit, hilang lebih cepat.
  4. Gerakan mengisap rokok dapat membuat area kulit di sekitar mulut dan alis Anda menjadi lebih keriput.
  5. Merokok juga dapat mengurangi kadar vitamin A di kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Dengan sedemikian banyaknya efek negatif dari merokok tersebut tetap saja para perokok kesulitan untuk segera berhenti merokok. Karena memang zat nikotin yang terkandung dalam rokok yang mengikat para perokok tersebut untuk tidak dapat meninggalkannya begitu saja. Nah, buat Anda yang ingin kulit Anda tetap terawat sambil menunggu Anda berhenti merokok, berikut ini adalah tips mudah perawatan kulit untuk para perokok.

Gunakan sunblock

Sebenarnya untuk Anda yang perokok atau tidak rasanya perlu menggunakan sunblock dengan SPF30. Bahan-bahan yang terkandung dalam sunblock mampu mencegah agar kulit tidak semakin memburuk.

Aplikasikan Serum Antioksidan

Coba gunakan serum antioksidan yang bias melindungi kulit dari dampak radikal bebas yang dibawa oleh asap rokok. Akan lebih baik jika Anda gunakan serum yang berbeda di pagi dan malam hari, untuk pemakaian, Anda dapat gunakan serum tersebut sebelum menggunakan tabir surya. Dengan begitu kolagen pada kulit Anda akan lebih terisi.

Gunakan Retinol

Untuk meningkatkan kadar vitamin A pada kulit Anda, cobalah gunakan retinol pada malam hari. Karena regenerasi kulit biasanya terjadi pada malam hari.

Pakailah Pelembab

Dampak dari penggunaan retinol adalah bisa menyebabkan kulit Anda kering, untuk menghidrasi kembali kulit Anda, gunakanlah pelembab.

Cuci muka dua kali sehari

Kulit yang terpapar oleh asap rokok pori-porinya akan tertutup, jadi cucilah wajah Anda minimal dua kali sehari. Akan lebih baik jika Anda juga menggunakan pembersih wajah yang mengandung glycolic acid yang dapat mempercepat regenerasi sel.

Merawat kulit memang bukan perkara mudah, terutama bagi para perokok yang seringkali menghadapi tantangan tambahan karena paparan bahan kimia dalam rokok yang dapat merusak kulit. Namun, tidak perlu khawatir!

asuransi kesehatan

Dengan asuransi kesehatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan perlindungan dan akses ke berbagai perawatan kulit khusus untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Dari konsultasi dengan dermatologis hingga perawatan intensif, asuransi kesehatan Anda bisa menjadi kunci untuk meraih kulit yang sehat dan terawat. Jangan biarkan rokok menentukan kesehatan kulit Anda. Lindungi kulit Anda dengan asuransi kesehatan yang mendukung perawatan kulit untuk para perokok. Saatnya bertindak demi kulit yang lebih sehat dan cerah!