9 Langkah Mencuci Mobil Di Rumah Dengan Hasil Maksimal

mencuci mobil

Sebenarnya ada beberapa kesalahan mencuci mobil yang umum dilakukan orang, salah satunya adalah menggunakan cairan pencuci piring. Tentu, itu mungkin membuat mobil Anda terlihat bersih dan beraroma segar tetapi seiring waktu, menggunakan jenis deterjen yang salah sebenarnya dapat merusak cat mobil Anda. Jadi, jika Anda pernah mencuci mobil menggunakan cairan pencuci piring, atau Anda hanya ingin mencoba beberapa trik yang bermanfaat, maka panduan ini cocok untuk Anda. Berikut 9 tips mencuci mobil di rumah dengan hasil maksimal.

1. Persiapkan Semua yang Anda Butuhkan untuk Mencuci Mobil

Pertama pastikan untuk memarkir mobil Anda di tempat teduh saat mencuci. Jika tidak memungkinkan, pastikan mobil dalam keadaan suhu ruangan saat disentuh, setidaknya untuk menghindari kotor kembali saat mobil mengering.

Kedua persiapkan bahan dan peralatan untuk mencuci seperti ember, handuk microfiber untuk pengering, selang air, sarung tangan cuci mobil microfiber, sikat roda, sabun cuci mobil, degreaser otomotif (untuk melumas engsel dan menghilangkan bekas oil), dan pembersih roda

2. Bersihkan Interiornya Terlebih Dahulu

Pindahkan barang-barang yang seharusnya tidak berada di dalam mobil, dan buang semua sampah. Gerakkan kursi depan sepenuhnya ke depan untuk mencapai vicinity di bawahnya dari kursi belakang. Pindahkan kursi ke belakang dan bersihkan lantai di depan. Terakhir, baringkan kursi untuk masuk sejauh mungkin ke celah-celah untuk mengambil kotoran yang tertinggal.

3. Sirami Mobil dengan Air Bersih tanpa Sabun Terlebih Dahulu

Percikan air ke seluruh bagian mobil tanpa menggunakan sabun pembersih berfungsi untuk menyingkirkan kotoran dan debu yang mudah hilang sehingga cat mobil tidak tergores

4. Gunakan Metode 2 Ember

Isilah ember pertama dengan sabun pembersih mobil dan ember yang kedua, Anda isikan dengan air bersih. Setelah mencuci bagian kotor dengan sabun, bilas sarung tangan cuci mobil dan sikat sesering mungkin dengan air bersih. Kemudian dengan cepat rendam dalam ember sabun untuk mengambil lebih banyak busa. Jadi Anda tidak menyeret kotoran pada cat Anda.

5. Gunakan Sabun Khusus untuk Mencuci Mobil

Anda harus menghindari penggunaan pembersih rumah tangga seperti menggunakan sabun cuci piring, sabun cuci baju dan lainnya. Mengapa ini sangat penting ? karena pembersih rumah tangga dapat menghilangkan lapisan pelindung cat dan bahkan dapat merusak lapisan keramik.

6. Mulailah dari Atas Hingga ke Bawah

Selain menggunakan pembersih yang salah, Kebanyakan orang juga melakukan kesalahan dengan membersihkan secara sembarangan atau memulai dengan yang terburuk. Lebih baik mulai dari atas hingga ke bawah agar bagian yang sudah dibersihkan tidak terkontaminasi kembali. Gunakanlah sarung tangan cuci mobil microfiber untuk membasuh dengan sabun, kain microfiber memiliki bahan yang sangat lembut dan tidak memiliki pola seperti kain lain sehingga tidak memberi garis lecet pada cat mobil.

Mulai menyiram seluruh mobil termasuk bagian atas, jendela, kap mesin dan tutup bagasi. Bagaimana dengan kotoran – kotoran di bagian bawah mobil?

Bilas juga sampai ke bawah, dan gunakan degreaser otomotif umum untuk menghilangkan bekas oil.

7. Cuci Velg dan Ban

Menggunakan handuk microfiber, sarung tangan microfiber, atau sikat roda khusus untuk roda Anda, semprotkan pembersih roda dan gosok permukaan roda. Pastikan untuk masuk ke celah-celah dan di bagian belakang roda. Setelah roda selesai, semprotkan ke bawah dan cuci ban Anda, jika perlu.

8. Bilas Lagi dengan Air Bersih

Setelah Anda mencuci seluruh mobil, bilas semuanya dengan air bersih lagi. Secara umum, cobalah untuk terus membilas mobil saat sedang mencuci, hal ini sangat efektif untuk dilakukan demi menghindari bentukan jamur yang disebabkan oleh air yang mengering.

9. Gunakan Wax Mobil

Lakukan finishing dengan melapisi wax mobil, proses ini dapat memberikan perlindungan dan membuat mobil terlihat lebih sehat dan segar selalu.

Tips Lainnya Saat Mencuci Mobil di Rumah

  1. Biasakan harus bekerja dari atas ke bawah pada mobil Anda, menghindari mencuci bagian bawah dua kali.
  2. Hanya gunakan kekuatan sedang untuk menggosok panel mobil, karena menggunakan terlalu banyak tekanan dapat menggores cat Anda.
  3. Hindari menjatuhkan spons Anda ke dasar ember, akan ada kotoran dan kontaminan lainnya di sana.
  4. Isi ulang ember Anda dengan air bersih dan cuci dengan air baru bila perlu – air kotor tidak dapat membersihkan dengan baik dan kontaminan berlebih dapat merusak cat.
  5. Basahi kembali permukaan mobil secara teratur saat Anda membersihkan mobil untuk mencegah noda air saat mengering.

Supaya usaha yang Anda lakukan untuk merawat mobil Anda tidak sia-sia, ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih salah satunya yaitu membeli produk asuransi agar mobil Anda selalu terjamin aman. Cekpremi menyediakan produk asuransi kendaraan bermotor. Asuransi yang memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, terbalik, dan tergelincir dengan jangka waktu pertanggungan terbaik.

Tunggu apa lagi? Segera miliki perlindungan kendaraan Anda dengan mendaftar asuransi mobil di Cekpremi.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Bolehkah mencuci mobil menggunakan sabun colek?” answer-0=”Tidak disarankan mencuci mobil menggunakan sabun colek atau sabun pencuci piring karena kadar deterjen yang tinggi sehingga dapat merusak lapisan cat mobil jika terlalu sering digunakan. Gunakan sampo khusus mobil yang mampu menjaga kualitas dan ketahanan cat pada body mobil.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa kali harus mencuci mobil?” answer-1=”Tidak ada frekuensi tertentu yang menyebutkan kita harus mencuci mobil dalam jangka waktu berapa lama. Sebaiknya mencuci mobil didasarkan pada frekuensi pemakaian. Mobil dengan pemakaian rutin sebaiknya dicuci 2-3 hari sekali agar usia cat mobil lebih panjang. Namun, teknik pencucian dan material sabun yang digunakan juga perlu diperhatikan agar tidak merusak mobil.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]