Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Jul - 04
2021
cara menghitung kapasitas ac gedung

Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Semakin hari kita dihadapkan dengan perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan suhu udara semakin tinggi dan membuat udara menjadi panas. Penggunaan Air Conditioner (AC) yang tidak tepat biasanya menimbulkan suhu udara yang tidak nyaman. Kalau suhu terlalu tinggi, tentu membuat tidak nyaman karena kepanasan. Tapi ada juga yang sudah diatur paling rendah, namun rasanya masih tetap panas. Nah, ini sangat dipengaruhi oleh kapasitas AC yang Anda gunakan. Sehingga Anda wajib tau cara menghitung kapasitas AC gedung atau ruangan sebagai acuan ketika membeli AC.

Sebelum membeli AC, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Yakni kebutuhan kapasitas AC berdasarkan luas ruangan atau gedung, di bagian mana AC tersebut akan diletakkan, dan jenis AC yang akan dibeli. Lalu, bagaimana cara menghitung kapasitas AC yang sesuai? Berikut ini cara menghitung kapasitas AC yang ideal, sesuai dengan kebutuhan gedung atau ruangan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

 

Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung atau Ruangan

Kebutuhan kapasitas AC paling ditentukan oleh luas ruangan. Ada dua cara untuk menentukan kapasitas AC yang sesuai, yakti cara mudah dan cara detail. Dan tentu saja, cara ini pun akan melibatkan perhitungan matematis.

Sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu istilah-istilah yang akan digunakan. Pertama adalah PK yang merupakan singkatan dari istilah berbahasa Belanda Paarde Kracht yang artinya tenaga kuda atau dalam bahasa Inggris disebut Hourse Power (HP).

1 PK = 735,5 watt/jam = 0,986 HP

Jika ada AC 1 PK, itu artinya adalah : tenaga listrik yang digunakan kompresor AC adalah sekitar 735,5 watt (ada juga yang bilang 750 watt) dalam 1 jam.  Tapi itu belum ditambah rugi daya, kipas pendingin indoor maupun outdoor. Terkadang AC 1 PK bisa menyedot listrik sekitar 1 KWh bahkan lebih.

Istilah selanjutnya adalah BTU/hr atau British Thermal Unit Per Hour. Satuan ini menunjukkan energi yang dibutuhkan untuk memanaskan atau mendinginkan 1 galon air agar temperatur naik atau turun sebesar 1 derajat Fahrenheit dalam 1 jam. Atau singkatnya, BTU menyatakan kemampuan mengurangi panas/mendingin ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama satu jam.

Kapasitas AC biasanya menggunakan satuan PK, sehingga perlu mengubah BTU/hr ke PK dengan tabel konversi di bawah ini.

kapasitas ac

Cara sederhana

Cara ini menggunakan asumsi bahwa kapasitas AC per m2 adalah 500 BTU/hr dan tinggal dikalikan dengan luas ruangan saja. Untuk ruangan dengan luas 8×4 meter, maka

Luas ruangan = 8×4 = 32 m2, maka

Kapasitas AC = 32 m2 x 500 BTU/m2 = 16000 BTU/hr atau dibulatkan menjadi 2 PK.

Cara Detail

Kebutuhan AC (BTU/hr) dari suatu ruangan bisa dihitung dari luas ruangan tersebut dengan rumus berikut:

Kebutuhan AC (BTU/h) = ( L x W x H x I x E ) / 60

Dengan keterangan sebagai berikut.

L  = Panjang ruangan dalam feet

W = Lebar ruangan dalam feet

H  = Tinggi ruangan dalam feet

I  = Pengaruh ruangan sebelah. Jika ruang berinsuli (berada di lantai bawah atau berhimpit dengan ruang lain maka nilai I = 10; Jika ruang tidak berinsuli (dilantai atas) maka nilai I = 18

E  = Pengaruh arah dinding terpanjang menghadap.

E = 20 Jika arah dinding terpanjang menghadap barat

E = 18 Jika arah dinding terpanjang menghadap selatan

E = 17 Jika arah dinding terpanjang menghadap timur

E = 16 Jika arah dinding terpanjang menghadap utara

Catatan: konversi meter ke feet dikalikan 3,28.

Jadi, misalnya ingin menghitung Anda ingin menghitung kebutuhan AC untuk ruang kamar dengan panjang 8 m, lebar 4 m dan tinggi 3 m. Arah dinding terpanjang menghadap utara dan ruangan berada di lantai paling atas, maka:

Kita ubah dulu meter ke feet

L  = 8 m x 3,28 = 26.24

W = 4 m x 3,28 = 13.12

T  = 3 m x 3,28 = 9.84

I   = 18 (ruangan berada di lantai atas)

E  = 16 (arah dinding terpanjang menghadap utara)

Kapasitas AC = (LxWxHxIxE)/60 = (26.24×13.12×9.84x18x16)/60 = 16260 BTU/h.

Dari hasil perhitungan di atas, maka anda harus membeli AC dengan kapasitas 2 PK = 18000 BTU/h

Itu tadi cara menghitung menghitung kapasitas AC gedung atau ruangan. Kedua cara tersebut akan memberikan hasil yang tidak jauh berbeda, jadi Anda bisa menggunakan salah satunya tergantung selera Anda.

Demi menambah nilai kenyamanan, Anda bisa mendaftarkan aset properti yang Anda miliki ke asuransi properti. Dapatkan tawaran menarik hanya di cekpremi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *