7 Aplikasi E-Wallet Terbaik, Tak Perlu lagi Bawa Dompet!

aplikasi e-wallet terbaik

Last Updated on December 24, 2021 by Andrian

E-Wallet atau Dompet Digital memang sedang ngetren. Hal ini dikarenakan layanan ini seringkali memberikan promo, diskon, dan cashback besar-besaran kepada penggunanya. Selain itu, E-Wallet juga lebih efisien, praktis, dan juga aman. Dari sekian banyaknya E-Wallet di Indonesia, manakah yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini? Berikut adalah deretan aplikasi e-wallet atau dompet digital terbaik di Indonesia.

Aplikasi E-Wallet Terbaik

aplikasi e-wallet terbaik indonesia

 

e-wallet atau dompet digital adalah suatu layanan yang bersifat elektronik dengan fungsi menyimpan data dan juga instrumen dari pembayaran diantaranya yaitu sebagai alat pembayaran melalui kartu serta uang elektronik, menampung dana serta bisa digunakan untuk melakukan pembayaran.

Dompet digital ini juga bisa berbentuk program ataupun software bahkan aplikasi layanan jasa untuk menyimpan uang secara digital dan juga melakukan transaksi online untuk tiap penggunanya.

Jika dilihat saat ini e-wallet berkembang secara pesat dan telah banyak startup Indonesia yang mengembangkannya. Di bawah ini adalah aplikasi e-wallet terbaik yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

1. GoPay

Aplikasi yang pertama adalah GoPay dari GO-JEK. Bisa disebut sebagai salah satu raja FinTech Indonesia, GoPay dapat digunakan untuk membayar transaksi yang berhubungan dengan layanan pada aplikasi GO-JEK seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Tix, Go-Clean, Go-Pulsa, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan transaksi pembayaran dengan aplikasi ini di merchant-merchant online dan offline yang bekerja sama dengan GO-JEK.

Hal menarik dari fitur GoPay adalah GO-JEK memberikan berbagai promo khusus yang tentunya menarik dan beragam setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan GoPay.

Anda juga bisa melakukan transfer uang baik itu ke antar sesama pengguna GoPay ataupun transfer antarbank. Lebih jauh lagi, kini GoPay memiliki layanan seperti aplikasi pinjaman online yang bernama GoPayLater.

Per tahun 2021 ini, pembayaran resmi untuk Tokopedia juga menggunakan GoPay. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak promo menarik seperti diskon ongkir menggunakan Go-Send Instant dan Same Day, loh!

Untuk masalah keamanan, tentunya GoPay sudah terjamin baik untuk seluruh transaksi pembayaran, saldo, serta informasi pribadi Anda karena sudah terdaftar di BI.

2. OVO

OVO merupakan salah satu aplikasi e-wallet favorit masyarakat Indonesia karena sering memberikan promo dan cashback kepada para penggunanya. Hingga saat ini pembayaran digital untuk Grab juga masih menggunakan OVO.

Aplikasi pembayaran serba bisa ini juga simpel, instan dan aman, serta bisa digunakan untuk segala transaksi finansial Anda.

OVO memiliki dua fitur utama, yakni:

  • Payment, kemudahan bertransaksi dan pembayaran untuk segala kebutuhan Anda dengan OVO.
  • Points, loyalty rewards yang diperoleh pengguna OVO setiap bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO dan dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant rekanan OVO (1 OVO Point = Rp1).

OVO juga telah terdaftar dan diawasi Bank Indonesia (BI) sebagai penyelenggara FinTech. Jadi, Anda tidak perlu khawatir menggunakan OVO. Cara top-up OVO juga mudah loh bisa dilakukan secara online ataupun offline.

3. DOKU

Pelopor E-Wallet di Indonesia, DOKU Wallet, juga tidak kalah dengan aplikasi E-Wallet OVO dari segi fitur.

Dilengkapi dengan fitur link kartu kredit dan uang elektronik atau cash wallet, Anda dapat menggunakan DOKU untuk berbelanja online maupun offline di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan DOKU.

Dengan menggunakan DOKU, Anda akan memperoleh banyak kemudahan seperti :

  • Pembelian pulsa dan paket data
  • Berlangganan Spotify
  • Pembayaran listrik, telepon, dan air.
  • Pembayaran TV berlangganan.
  • Pembayaran cicilan multifinance.
  • Pembayaran BPJS Kesehatan

Melalui DOKU E-Wallet, Anda juga bisa melakukan tarik tunai, transfer ke rekening bank, dan juga transfer ke sesama DOKU. Aplikasi ini terbilang aman selama Anda tidak memberitahukan DOKU ID dan password Anda kepada orang lain.

4. DANA

E-Wallet berikutnya adalah DANA. Platform pembayaran digital yang satu ini menawarkan beberapa keunggulan salah satunya adalah layanan dan dukungan transaksi sangat lengkap. Aplikasi ini juga mempunyai keunggulan tersendiri, sebab sudah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil.

DANA dapat digunakan baik itu di gerai online maupun konvensional. Aplikasi ini mengusung konsep open platform agar bisa terhubung dengan layanan transaksi digital lain dari vendor yang telah bekerja sama seperti Bukalapak, TIX ID, Cinema XXI, BBM, Sepulsa, Alfamart, Reservasi, BPJS Kesehatan, BCA, BNI, Maybank, dan banyak lainnya.

Selain itu, DANA juga menyediakan fasilitas pembayaran lewat QR code dengan mesin transaksi di outlet yang telah bekerja sama.

Cara isi saldo DANA juga dibuat mudah dan bisa dilakukan di mana saja seperti ATM, m-banking, dan minimarket terdekat.

5. LinkAja

Aplikasi dompet digital (E-Wallet) yang selanjutnya dalam daftar ini adalah LinkAja. Sama seperti OVO dan GO-Pay, Anda dapat menggunakan fitur pembayaran LinkAja di merchant offline yang menjadi rekanan BUMN dan Telkomsel.

Selain itu, kemudahan aplikasi ini juga dapat dirasakan untuk menikmati berbagai jenis pembayaran dan layanan transaksi seperti: Melakukan transaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja. Pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik hingga pembayaran BPJS.

Layanan lainnya yakni, pembelian paket TV kabel, bayar pembelian gear gaming, pembayaran BPJS Kesehatan, Asuransi Tokyo Marine, Jiwasraya hingga asuransi CAR. Ada juga fitur pembayaran cicilan ke multifinance, televisi berbayar iflix, dan donasi.

6. Sakuku

Sakuku adallah salah satu aplikasi e-wallet terbaik bikinan Bank Central Asia (BCA). BCA meluncurkan produk ini sebagai solusi kemudahan transaksi.

Dompet digital terbaik ini memiliki dua fokus utama, yaitu Sakuku dan Sakuku Plus. Kalau pakai Sakuku, maksimal saldo yang harus ada yaitu Rp2 juta. Sementara di Sakuku Plus, Anda bisa simpan uang hingga Rp10 jutaan.

Ada beberapa keuntungan dari memiliki dompet digital Sakuku ini seperti dapat untuk mengisi pulsa, membayar belanja di beberapa merchant dan website yang bekerja sama, mudah dalam top-up serta mudah juga untuk registrasinya.

Cara mengisi saldo Sakuku pun cukup mudah, Anda dapat mengisinya dengan cara transfer melalui ATM BCA dan KlikBCA. Untuk cara daftar Sakuku BCA juga tidaklah sulit karena Anda dapat melakukan pendaftaran akun melalui ponsel pintar yang dimiliki dengan nomor ponsel anda dan pastinya terkoneksi internet.

Jadi Anda yang ingin mencoba Sakuku BCA tidak perlu menjadi nasabah Bank BCA terlebih dahulu. Untuk mendapatkan layanan dan terdaftar menjadi pengguna

Sakuku BCA terbilang sangat mudah sekali. Anda cukup download aplikasi Sakuku BCA di Google Play Store ataupun App Store untuk iOS. Setelah instal aplikasi Sakuku, anda tinggal pilih menu pendaftaran atau registrasi.

7. Jenius

Jenius adalah salah satu produk dari Bank BTPN yang sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menariknya, salah satu dompet digital terbaik ini memiliki kartu fisik yang dapat membantu akses pengguna, jika mengalami kesulitan dengan fitur digitalnya.

Keunggulan dari Jenius yang utama adalah dapat digunakan untuk transaksi internasional seperti berlangganan layanan streaming film (Netflix, Prime Video, dll) tanpa harus memiliki kartu kredit, berbelanja di Amazon atau toko online internasional lainnya, hingga berlangganan e-book atau majalah seperti Foreign Affairs, The Economist, dan New York Times.

Keunggulan Jenius lain yang wajib Anda tahu adalah Anda bisa mengatur apapun yang Anda mau lewat aplikasi mulai dari limit harian hingga soal blokir kartu. Soal blokir, jika Anda kehilangan kartu Jenius, Anda bisa melakukan blokir sementara atau blokir permanen.

Lebih jauh lagi, Jenius juga sama dengan aplikasi e-wallet terbaik lainnya yakni sering mengadakan promo besar.

Keuntungan Menggunakan E-Wallet

dompet digital terbaik

Menggunakan E-Wallet untuk melakukan transaksi pembayaran memiliki keuntungan, lho! Apa saja keuntungannya?

1. Praktis dan Efisien

Dengan menggunakan E-Wallet Anda tidak perlu lagi pergi ke ATM, bank, dan membawa-bawa uang dan kartu yang membuat dompet tebal. Cukup dengan handphone dan koneksi internet Anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi.

Seperti berbelanja di aplikasi belanja online, melakukan pembayaran di restoran, dan masih banyak lagi.

2. Banyak Promo, Diskon, dan Cashback

E-Wallet juga sering, lho, menghadirkan banyak promo, diskon, dan cashback. Cashback-nya ada yang sampai 60%! Jadi, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi E-Wallet.

3. Aman

Saat ini, Bank Indonesia (BI) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi dengan ketat penyelenggara FinTech. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Kalau ada apa-apa Anda bisa laporkan FinTech yang bersangkutan kepada BI dan OJK.

Di sisi lain,saldo E-Wallet Anda juga aman, kok. Kalau misalnya handphone Anda hilang, belum tentu saldo Anda raib juga. Karena kebanyakkan aplikasi E-Wallet saat ini sudah dilengkapi dengan metode keamanan fingerprint, dan PIN.

Itulah dia deretan aplikasi E-Wallet terbaik di Indonesia. Dari ketujuh aplikasi tersebut, Anda menggunakan E-Wallet yang mana?

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →