10 Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Terbaik, Bunga Rendah

aplikasi pinjaman online cepat cair bunga rendah

Last Updated on April 7, 2022 by Rhandy Verizarie

Ramai diberitakan mengenai pinjaman online atau pinjol ilegal, membuat banyak dari kita bertanya-tanya, masih bisakah percaya pada pinjol? Otoritas Jasa Keuangan atau OJK selaku badan pemerintah yang mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan jasa keuangan, telah mengeluarkan peraturan terkait Lending dalam POJK Nomor 77/POJK.01/2016 mengenai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI). OJK pun mengimbau kepada FinTech legal untuk selalu menjalankan usahanya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Maka dari itu kali ini CekPremi memberikan rekomendasi aplikasi pinjaman online cepat cair terbaik yang menawarkan bunga rendah yang terdaftar dan diawasi OJK.

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Terbaik dengan Bunga Rendah

Aplikasi pinjaman online adalah salah satu produk dari penyelenggara fintech yang menyediakan layanan peminjaman uang atau kredit yang ditujukan untuk masyarakat. Aplikasi pinjaman online kini menjadi pilihan masyarakat karena kemudahan yang ditawarkan. Dibalik kemudahan ini tentu ada risiko yang menyertai. Misalnya, tingginya bunga. Pinjaman online juga ada yang mematok bunga harian, beda dengan KTA pada bank yang menerapkan bunga cicilan perbulan.

Selain itu, risiko penipuan dan teror ketika telat bayar atau gagal bayar pada pinjol juga tinggi. Oleh karenanya, penting untuk memastikan apakah aplikasi pinjaman online telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Agar Anda terhindar dari pinjol yang merugikan, berikut ini aplikasi pinjaman online cepat cair terbaik dan terpercaya dengan bunga rendah yang bisa dijadikan pilihan.

1. Kredivo

kredivo

Kredivo menyediakan layanan pinjaman online dengan bunga rendah. Untuk pendaftaran Kredivo caranya juga mudah dan cepat. Anda cukup mengunduh aplikasinya dan langsung lakukan pendaftaran.

Kredivo juga memiliki sistem keamanan yang setara dengan bank. Anda pun bisa lho, kredit hp tanpa dp dengan aplikasi ini.

  • Developer: PT FinAccel Digital Indonesia
  • OS Minimum: Berbeda tergantung perangkat
  • Ukuran: 14MB
  • Jumlah Instal: 5.000.000 ke atas
  • Rating: 4.5/5.0 (PlayStore)
  • Download Kredivo untuk Android

2. Akulaku

akulaku

Pinjol terbaik elanjutnya adalah Akulaku. Dengan aplikasi ini Anda dapat membeli barang dengan cicilan di merchant yang bekerja sama dengan Akulaku.

Merchant yang bekerja sama dengan Akulaku antara lain Shopee, Bukalapak, Blibli, JD.ID, dan masih banyak lagi.

Selain dapat dipakai sebagai pinjol dengan format kartu kredit digital, Akulaku menyediakan layanan KTA Kilat.

  • Developer: Akulaku
  • OS Minimum: Android 4.1 ke atas
  • Ukuran: 29MB
  • Jumlah Instal: 10.000.000 ke atas
  • Rating: 4.3/5.0 (PlayStore)
  • Download Akulaku untuk Android

3. Home Credit

Home Credit

Bagi Anda yang ingin nyicil belanja, tanpa kartu kredit, Anda juga bisa coba aplikasi pinjaman online cepat cair, Home Credit.

Proses pengajuannya juga cepat dan mudah karena semua proses dilakukan secara online hanya dengan download aplikasinya saja.

Merchant yang bekerja sama dengan Home Credit di antaranya Erafone, Bhinneka, Tokopedia, Blibli, dan masih banyak lagi.

Selain kartu kredit digital, ada aplikasi pinjaman online yang menyediakan layanan pinjaman uang tunai langsung cair tanpa ribet.

Berikut ini adalah aplikasinya.

4. RupiahCepat

RupiahCepat

RupiahCepat menawarkan kecepatan dan kemudahan pengajuan pinjaman online cepat cair.

Persyaratannya hanya perlu berusia 22 tahun ke atas, memiliki nomor HP, sumber pendapatan yang stabil, dan KTP. RupiahCepat juga sudah terdaftar di OJK.

5. Danacepat (KTA KILAT – Pinjaman Uang Kilat)

aplikasi pinjaman online cepat cair kta kilat

KTAKilat adalah platform kredit pinjaman tunai yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Aplikasi ini tidak memerlukan jaminan apapun, hanya memerlukan KTP dan download aplikasi, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman secara online.

Anda juga dapat memperbesar limit dan jangka waktu pinjaman dengan meningkatkan skor kredit pada BI Checking, semakin lengkap data, semakin tinggi skor kredit Anda.

6. AwanToko

aplikasi pinjaman online cepat cair bunga rendah AwanToko

AwanToko juga bisa Anda jadikan alternatif pinjaman online cepat cair terbaik dan terpercaya, khususnya buat Anda yang memiliki bisnis UMKM. Aplikasi ini menyediakan pembiayaan (kredit) yang aman karena sudah terdaftar di OJK.

Persyaratan pengajuan pinjaman yakni memiliki e-KTP ataupun KTP dan KK/SIM yang sah, memiliki smartphone dengan nomor HP aktif, memiliki number pekerjaan yang tetap, minimum usia 21 tahun sampai maksimum 55 tahun, dan WNI.

Saat ini AwanToko sudah hadir di wilayah Jabodetabek, Serang, Sukabumi, Jawa Timur dan Bali. Pembiayaan yang diberikan bisa sampai 500juta!

Terdaoat puluhan Toko Agen Grosir yang bekerja sama dan ratusan toko kelontong bekerja sama dengan AwanToko. Perusahaan FinTech ini juga memberikan teknologi untuk pedagang agar proses pemesanan menjadi lebih mudah dan cepat dengan produk Pesan Barang Online.

Cukup menggunakan Aplikasi AwanToko, produk ini akan mudahkan kamu untuk pesan barang dan gak perlu banyak buat waktu belanja ke Toko Agen Grosir. Tinggal pesan dari Aplikasi AwanTunai, semua beres.

  • Developer: PT SimpleFI Teknologi Indonesia (Awan Tunai)
  • OS Minimum: Android 4.3 ke atas
  • Ukuran: 17MB
  • Jumlah Instal: 500.000 ke atas
  • Rating: 3.3/5.0 (PlayStore)
  • Download Awan Tunai untuk Android

7. UangTeman

uangteman

Aplikasi pinjaman uang selanjutnya adalah UangTeman. UangTeman adalah perusahaan digital pertama di Indonesia yang memfasilitasi pinjaman jangka pendek secara online.

Semua proses yang dibutuhkan untuk meminjam di UangTeman dilakukan secara online baik melalui website maupun aplikasi mobile. Persyaratan yang diperlukan untuk meminjam di antaranya foto KTP dan foto selfie terbaru.

  • Developer: PT¬†Digital Alpha Indonesia
  • OS Minimum: Android 4.0.3 ke atas
  • Ukuran: 4.7MB
  • Jumlah Instal: 1.000.000 ke atas
  • Rating: 3.9/5.0 (PlayStore)
  • Download Uang Teman untuk Android

8. TunaiKita

TunaiKita

Jika butuh dana cepat online, TunaiKita adalah salah satunya. TunaiKita adalah pinjaman online tanpa jaminan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bergerak di bawah fintech P2P lending.

Anda cukup download aplikasi TunaiKita, install, isi data pribadi dan bisa langsung rasakan layanan pengajuan pinjaman tunai online.

Data pribadi yang dibutuhkan yakni KTP dan rekening bank. Persyaratan lainnya yakni minium usia 21 tahun – 60 tahun dan WNI.

  • Developer: PT Digital Tunai Kita
  • OS Minimum: Android 4.0.3 ke atas
  • Ukuran: 16MB
  • Jumlah Instal: 5.000.000 ke atas
  • Rating: 4.3/5.0 (PlayStore)
  • Download Tunai Kita untuk Android

9. AdaPundi

aplikasi pinjaman online cepat cair bunga rendah adapundi

Adapundi adalah salah satu pinjol terbaik yang juga bisa Anda jadikan pilihan. Semua warga negara Indonesia di atas 18 tahun dapat melakukan pinjaman di aplikasi ini.

Perdana tidak memerlukan jaminan apapun, hanya memerlukan KTP, pengajuan data 5 menit, dan dana pun akan segera cair. Aplikasi ini juga secara resmi telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

  • Developer: PT. Info Tekno Siaga
  • OS Minimum: Android 4.1 ke atas
  • Ukuran: Berbeda tergantung perangkat
  • Jumlah Instal: 1.000.000 ke atas
  • Rating: 4.4/5.0 (PlayStore)
  • Download AdaPundi untuk Android

10. Kredit Pintar

kreditpintar

Aplikasi pinjaman online cepat cair yang terakhir dalam daftar ini adalah Kredit Pintar. Cara pengajuan pinjamannya juga mudah, kok.

Cukup dengan melakukan proses registrasi, foto diri dan foto KTP, menunggu proses verifikasi akun, dan Anda pun bisa mengajukan pinjaman.

Fintech penyedia layanan pinjaman tanpa agunan, Kredit Pintar juga sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Tips Meminjam Uang di Aplikasi Pinjaman Online

Supaya Anda tidak terjerat hutang dari aplikasi pinjaman online, di bawah ini sejumlah tips yang bisa Anda ikuti sebelum mengajukan kredit di aplikasi. Di simak ya!

1. Pastikan Penyelenggara FinTech Aplikasi Pinjaman Online telah terdaftar di OJK

Dari sekian banyak aplikasi pinjaman online yang ada di Indonesia, hanya 106 penyelenggara fintech yang resmi terdaftar di OJK, menurut data pada 2021.

Untuk itu, sebagai calon debitur, Anda harus pintar dalam memilih layanan pinjaman online yang tepercaya. Pastikan bahwa fintech yang dipilih sudah terdaftar di OJK.

2. Ajukan pinjaman hanya untuk kebutuhan yang betul-betul penting

Anda harus tentukan dengan jelas tujuan dari pengajuan pinjaman Anda. Sebab, banyak orang yang menyalahgunakan aplikasi pinjaman online sehingga menjadi konsumtif dan akhirnya terjerat hutang.

Sebelum mengajukan pinjaman secara online, tentukan dulu kebutuhan hutang Anda. Apakah termasuk utang produktif, atau malah konsumtif?

Utang produktif adalah utang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan. Misalnya untuk modal usaha dan bisnis, biaya kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Sedangkan utang konsumtif adalah hanya untuk memenuhi hasrat saja. Membeli barang yang seharusnya tidak perlu.

3. Perhatikan bunga, tenor, denda dan seluruh biaya tambahan yang dikenakan

Selanjutnya, perhatikan kembali besaran bunga yang dikenakan, karena banyak penyedia kredit online yang bunganya tak masuk akal.

OJK telah menetapkan bunga pinjaman untuk penyelenggara FinTech p2p lending adalah 0,8 persen/hari. Juga adanya ketentuan bahwa jumlah total biaya, biaya keterlambatan, dan
seluruh biaya lain maksimum 100% dari nilai prinsipal pinjaman. Contohnya, bila pinjam Rp1 juta, maka maksimum jumlah yang dikembalikan adalah Rp2 juta.

Selain itu, cek kembali biaya tambahan yang dikenakan. Aplikasi pinjaman online yang aman pastinya memaparkan seluruh besaran bunga dan biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya denda, dan biaya lainnya secara transparan, sebelum calon nasabah menyetujui pinjaman.

4. Hitung kemampuan finansial Anda untuk membayar cicilan

Dari penghasilan Anda perbulan, Anda harus menghitung kebutuhan perbulan Anda berapa dan setiap bulannya Anda sanggup bayar cicilan berapa.

Apabila beban utang telah melampaui batas cobalah untuk mempertimbangkan kembali keinginan untuk mengambil utang.

Itulah dia rekomendasi aplikasi pinjaman online cepat cair terpercaya dengan bunga paling rendah beserta tips aman meminjam uang di aplikasi pinjaman online.

Semoga membantu!