Asuransi Tokopedia: Ketentuan dan Cara Klaim

Sep - 27
2021
asuransi tokopedia

Asuransi Tokopedia: Ketentuan dan Cara Klaim

Last Updated on September 29, 2021 by Andini

Sebagai seller, pastinya Anda pernah, kan, merasa khawatir barang pesanan yang Anda kirim rusak atau hilang dalam proses pengiriman? Ada satu solusi mudah bagi seller dan pembeli agar tetap nyaman dan tenang saat bertransaksi di toko online, Tokopedia, yakni dengan menggunakan asuransi.

Dengan terlindungi asuransi Anda tidak perlu takut barang yang Anda kirim atau barang yang Anda beli rusak. Hal ini dikarenakan Tokopedia sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

Jadi, segala transaksi yang menggunakan layanan ini akan terlindungi dari segala risko yang kiranya bisa terjadi pada proses pengiriman misalnya barang hilang keseluruhan, barang rusak sebagian, atau barang rusak keseluruhan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai asuransi Tokopedia sekaligus ketentuan dan cara klaimnya.

Apa Itu Asuransi Tokopedia?

apa itu asuransi tokopedia

Merupakan layanan asuransi pengiriman yang disediakan Tokopedia, yang bertujuan untuk melindungi segala transaksi yang terjadi di perusahaan e-commerce asal Indonesia tersebut.

Layanan ini akan melindungi segala risiko yang terjadi ketika proses pengiriman seperti kehilangan dan kerusakan barang, termasuk layanan free return.

Proses pengiriman ini meliputi proses pengiriman awal (shipment), pengembalian barang (return), dan pengiriman kembali (re-shipment). Patut dicatat, bahwa return dan re-shipment hanya berlaku apabila barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan penjual sebelumnya.

Asuransi ini bukanlah dari ekspedisi pengiriman, melainkan tanggung jawab Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia.

Semua ekspedisi yang tercantum ketika Anda masih berada dalam halaman Checkout, memiliki Asuransi Pengiriman yang dapat dipilih sendiri dengan tambahan premi 0,4 persen dari total harga barang ditambah biaya ongkos kirim.

Ketentuan Asuransi Pengiriman Tokopedia

ketentuan klaim asuransi tokopedia

Berikut ini adalah poin penting ketentuan penggunaan asuransi dari Tokopedia.

  • Asuransi pengiriman Anda menjadi tanggung jawab Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya.
  • Klaim pesanan yang hilang, rusak, atau tidak sesuai dapat diajukan maksimal 2×24 sejak status Pesanan Tiba atau Delivered.
  • Klaim tidak dapat diajukan apabila pesanan telah berpindah status menjadi Pesanan Selesai.
  • Asuransi pengiriman dipilih oleh pembeli dengan tambahan premi sebesar 0,40 persen dari harga produk yang dibeli ditambah ongkos kirim. Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi.

Patut dicatat bahwa tambahan premi tidak akan dikenakan apabila Anda belanja di Official Store Tokopedia karena beban premi ditanggung oleh Tokopedia Official Store.

  • Pihak asuransi akan mengganti kerugian Anda senilai harga barang + ongkos kirim awal + ongkos return + ongkos re-shipment senilai maksimal Rp100.000.000 per invoice.
  • Apabila barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak asuransi yang akan menanggung biaya ongkos kirim awal atau ongkos kirim return atau ongkos kirim re-shipment.
  • Maksimal pergantian ongkos kirim ditanggung senilai ongkos kirim awal yang tertera pada invoice.
  • Apabila pembeli tidak menggunakan Asuransi Pengiriman, maka apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, penjual tetap akan mendapat penggantian dari Partner Logistik sesuai dengan ketentuan dari masing-masing ekspedisi yang digunakan.
  • Penjual tidak perlu membayar premi kepada ekspedisi karena merupakan tanggung jawab Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia.

Kondisi yang Menyebabkan Asuransi Pengiriman Tokopedia Tidak Berlaku

Terdapat beberapa kondisi yang membuat asuransi pengiriman Tokopedia tidak bisa digunakan.

  • Penjual atau pembeli melakukan pengiriman atau pengembalian barang dengan resi terpisah untuk satu invoice.
  • Pengiriman awal barang menggunakan kurir instant atau same day (sistem pick up Gojek dan Grab) yang dipesan secara pribadi atau manual. Dengan kata lain GoJek dan Grab harus dipesan di Tokopedia.
  • Asuransi Pengiriman tidak menjamin atau bahkan menjadi tidak berlaku apabila keterangan produk pada invoice tidak sesuai dengan produk aslinya.
  • Asuransi Pengiriman tidak berlaku untuk makanan, minuman, dan/atau obat-obatan yang tidak terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Biaya Asuransi Pengiriman Tokopedia

Pembeli hanya perlu membayar biaya tambahan sebesar 0,4 persen dari total barang per invoice (total harga barang + ongkir). Sementara apabila pembeli belanja di Official Store Tokopedia, tidak akan dibebani biaya asuransi Tokopedia.

Cara Daftar Asuransi Pengiriman Tokopedia

 

Sebelum dapat menggunakan asuransi Tokopedia, bagi Anda seller dan pembeli harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Cara mendaftarnya sebagai berikut.

Untuk seller Tokopedia

Langkah 1: Masuk ke laman Tambah Produk
Langkah 2: Cek berat barang yang dijual dan pengiriman
Langkah 3: Pilih opsi Ya pada bagian Asuransi Pengiriman
Langkah 4: Klik simpan

Setelah langkah 4 selesai apabila ada yang membeli barang tersebut bakal tersedia opsi memilih asuransi ketika ingin Checkout. Apabila ada yang membeli dengan asuransi, seller wajib menempelkan label pengiriman Tokopedia sebagai bukti barang sudah diasuransikan.

Untuk pembeli Tokopedia

Langkah 1: Pilih barang yang ingin dibeli dan masukkan ke keranjang.
Langkah 2: Klik beli
Langkah 3: Setelah itu, pilih alamat pengiriman dan kurir pengiriman
Langkah 4: Akan muncul pilihan Wajib Asuransi. Klik centang.
Langkah 5: Lanjutkan pembayaran dan barang pembelian Anda sudah diasuransikan!

Cara Mengetahui Barang yang Dibeli Sudah Diasuransikan Apa Belum

Untuk mengetahui apakah barang Anda sudah mendapatkan asuransi atau belum, Anda bisa melihatnya melalui invoice pesanan barang. Berikut contoh gambar bahwa barangmu sudah mendapat asuransi Tokopedia.

Cara Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia

Apabila terjadi kendala dalam proses pengiriman sehingga barang menjadi rusak atau hilang, berikut adalah cara klaimnya.

Langkah 1: Ajukan komplain ke Tokopedia

Masuk ke situs Tokopedia untuk klaim. Kemudian, login menggunakan akun Tokopedia yang Anda gunakan untuk belanja. Adapun batas waktu pengajuan komplain ini adalah 2×24 jam dengan syarat status pembeli tidak mengganti status pesanan menjadi Pesanan Selesai.

Langkah 2: Pilih barang yang rusak atau hilang

cara klaim asuransi tokopedia

Setelah login dan Anda akan melihat tiga kategori asuransi. Klik bagian Belanja & Tagihan yang tertera Polis Aktif. Lalu, pilih barang yang mau Anda klaim. Klik Ajukan Klaim.

Langkah 3: Isi formulir

formulir pengajuan klaim tokopedia

Masukkan IMEI atau Nomor Seri dan isi kondisi barang saat ini. Klik Isi Formulir Pengajuan
Selanjutnya masukkan perkiraan biaya perbaikan, informasi tertanggung, informasi produk, kronologi kejadian, dan foto bukti kerusakan.

Langkah 4: Ajukan klaim

pengajuan klaim tokopedia

Setelah selesai klik Ajukan Klaim. Tokopedia akan melakukan investigasi terhadap kurir yang mengirimkan barang dan waktunya sesuai dengan ketentuan masing-masing kurir.

Anda akan mendapatkan notifikasi pengajuan klaim Anda ditolak atau diterima dalam jangka waktu 3×24 jam pada hari kerja setelah berkas dinyatakan lengkap.

Apabila klaim Anda disetujui maka manfaat akan diberikan dan dikirimkan ke Saldo Tokopedia Anda.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Investigasi Klaim Asuransi Tokopedia

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan investigasi berbeda-beda tergantung dari jenis kurir yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengakses situs Tokopedia.

Tips Menjaga Barang Anda agar Tetap Aman dan Terlindungi Setelah Pembelian

Bagi Anda yang sering belanja barang elektronik seperti laptop dan smartphone di toko online, lindungi gadget Anda dengan asuransi elektronik atau asuransi moveable all risk. Anda bisa cek perbandingan asuransinya di CekPremi dengan cara klik produk>asuransi lainnya>moveable all risk. CekPremi sudah bermitra dengan berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dan yang pasti harga preminya murah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *