Mengenal Asuransi Umum dan Jenisnya yang Ada di Indonesia

asuransi umum

Asuransi umum menjadi salah satu produk asuransi yang penting untuk dimiliki selain asuransi jiwa. Sebetulnya, apa sih asuransi umum itu dan apa perbedaannya dengan asuransi jiwa? Jika Anda juga mempertanyakan hal tersebut, sebaiknya simak artikel ini hingga selesai ya!

Pengertian Asuransi Umum

asuransi umum adalah

Asuransi umum atau general insurance adalah produk asuransi yang memberikan manfaat berupa ganti rugi untuk pihak tertanggung.

Ganti rugi ini bisa diberikan sebagai pengganti jika tertanggung mengalami musibah berupa kerusakan, kerugian, ataupun kehilangan harta benda tertentu.

Anda bisa berlangganan general insurance untuk mendapatkan proteksi dari bencana seperti kebakaran, kebanjiran, hingga kecelakaan.

General insurance bisa Anda dapatkan dari dua sumber, yaitu Government Insurance yang dijalankan pemerintah dan Commercial Insurance yang dijalankan swasta.

Perbedaan Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa

Meskipun tujuannya sama untuk memberikan proteksi terhadap nasabah, namun kedua jenis asuransi ini memiliki perbedaan.

Perbedaan paling dasar yaitu dari sisi penerima manfaat dan tanggungan.

Manfaat asuransi jiwa atau life insurance ditujukan untuk keluarga tertanggung atau ahli warisnya, sedangkan manfaat general insurance akan dirasakan oleh tertanggung itu sendiri.

Perbedaan berikutnya yaitu terkait objek yang dilindungi. Life insurance hanya melindungi jiwa tertanggung, sedangkan general insurance lebih luas cakupannya.

Selain itu, terdapat perbedaan lain dari segi jangka waktu asuransi, premi, hingga nominal tanggungan.

Jenis Asuransi Umum yang Ada di Indonesia

Asuransi umum memiliki jeneis yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Asuransi Rumah

Jenis yang paling populer pertama yaitu asuransi rumah. Sesuai namanya, produk asuransi ini digunakan untuk melindungi rumah dari berbagai risiko dan musibah yang mungkin timbul seperti kebakaran dan ledakan.

Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi berikutnya yaitu asuransi kecelakaan diri yang berguna untuk melindungi dari kerugian ekonomi dan fisik akibat kecelakaan.

Asuransi ini akan menanggung berbagai macam biaya mulai dari biaya perbaikan kendaraan, pengobatan, cacat, hingga santunan kematian.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Berikutnya ada asuransi kendaraan bermotor yang berguna untuk melindungi kendaraan Anda dari berbagai risiko yang mungkin ditimbulkan.

Asuransi ini tersedia dalam tiga kategori perlindungan, yaitu komprehensif, total loss only, serta third party liability.

Asuransi Perjalanan

Jika Anda gemar traveling, jangan sampai ketinggalan membeli produk asuransi ini setiap melakukan perjalanan ya!

Asuransi perjalanan ini bersifat jangka pendek dan hanya berlaku sepanjang durasi perjalanan Anda, dari saat berangkat hingga saat pulang.

Meskipun begitu, manfaatnya sangat banyak mulai dari menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan, pembatalan perjalanan, hingga penggantian jika kehilangan barang.

Asuransi Bisnis

Jenis yang terakhir yaitu asuransi bisnis yang digunakan oleh para pebisnis dan hanya untuk tujuan bisnis.

Produk asuransi ini juga sudah cukup populer karena banyak digunakan oleh kalangan pebisnis.

Beberapa contoh produk asuransi bisnis yang umum dipakai yaitu asuransi pengangkutan barang, asuransi rekayasa teknik, serta asuransi kredit.

Asuransi Rekayasa

Jenis asuransi umum atau general insurance ini bisa meminimalkan berbagai risiko yang muncul terkait dengan rekayasa. Ada dua aspek rekayasa yang dilindungi oleh asuransi rekayasa, yakni:

  • Engineering proyek yakni asuransi yang memberikan perlindungan terhadap aktivitas teknik dalam rangka membangun sesuatu
  • Engineering non-proyek yakni perlindungan terhadap pengoperasian alat-alat engineering seperti alat berat, mesin, dan lainnya.

Asuransi Pengangkutan

Jenis asuransi umum atau general insurance ini menawarkan pertanggungan atas risiko yang mungkin menimpa barang atau aset dalam perjalanan.

Perusahaan mengklasifikasikan asuransi pengangkutan sesuai dengan moda pengangkut barang yang menjadi jaminan, misalnya asuransi pengangkutan laut dan asuransi pengangkutan darat.

Beberapa asuransi pengangkutan yang tersedia di Indonesia antara lain marine cargo insurance, marine hull insurance, freight forwarder liability insurance, dan lain-lain.

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Berikut adalah 15 market leaders asuransi umum di Indonesia 2021 menurut LRMA:

1. PT Asuransi Sinar Mas

2. PT Asuransi Astra Buana

3. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk

4. PT Asuransi Central Asia

5. PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk

6. PT Asuransi Bangun Askrida

7. PT Asuransi Wahana Tata

8. PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk

9. PT BRI Asuransi Indonesia

10. PT Sompo Insurance Indonesia

11. PT Asuransi MSIG Indonesia

12. PT Lippo General Insurance, Tbk

13. PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

14. PT Asuransi Ramaya Tbk.

15. PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia

***

Semoga pembahasan asuransi umum di atas bermanfaat untuk Anda ya.

Jika ingin mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal, produk asuransi jiwa bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda!