Ban Mobil Botak Sebelah – Penyebab dan Cara Memperbaikinya

ban mobil botak

Komponen kendaraan yang berkondisi baik akan berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan berkendara. Termasuk ban, elemen yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Namun bagaimana bila ban mobil botak sebelah? 

Kondisi ban kendaraan yang aus idealnya terjadi dengan merata dan wajar ditemui. Ban mobil yang menipis secara menyeluruh diakibatkan oleh usia pakai dan juga jarak tempuhnya.

Lain halnya dengan ban mobil botak sebelah. Ban yang mengalami gesekan tak merata antara satu sisi dengan sisi lainnya merupakan hal yang tak bisa disepelekan. Kondisi tersebut dapat membahayakan pengguna kendaraan. 

Ban mobil botak sebelah bila dibiarkan akan menyebabkan mudah bocor dan meletus.

Lalu apa yang menyebabkan ban mobil botak sebelah? Bagaimana cara memperbaikinya? Simak uraiannya di bawah ini. 

Penyebab Ban Mobil Botak Sebelah 

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ban mobil aus tidak merata. 

  • Sudut Kemiringan Ban Tidak Lurus

Ban yang tak lurus, membuat permukaannya yang menempel pada jalan tidak merata. Sudut kemiringan antara sisi depan ban yang condong ke dalam atau ke luar. 

Penekanan tapak ban terjadi lebih besar pada salah satu sisi, sementara sisi lainnya cenderung terangkat. Bagian yang condong keluar tidak mengalami gesekan yang signifikan. Sementara sisi dalam ban lebih mudah aus karena bergesekan keras dengan permukaan jalan. 

Pengaturan sudut ban yang miring terjadi saat spooring. Setelan toe in dan toe out tidak sesuai dengan nilai standar akan menyebabkan aus. 

  • Setelan Suspensi

Sudut tapak ban ke tanah yang tidak tegak lurus, antara membuat terlalu miring ke dalam atau ke luar. Suspensi yang kurang pas berpengaruh pada camber, yaitu tingkat kemiringan roda pada bagian atas apabila dilihat dari sudut vertikal. 

Apabila sisi bawah ban miring ke arah luar, maka dikatakan membentuk camber negatif sehingga bagian dalam ban yang akan terkikis lebih cepat. Sebaliknya, jika sisi bawah ban miring ke arah dalam, maka akan membentuk camber positif dengan bagian sisi luar ban aus lebih dahulu.

  • Tekanan Angin

Faktor lainnya yang membuat ban mobil botak sebelah adalah tekanan angin. Pemilik kendaraan disarankan untuk menjaga tekanan angin sesuai dengan saran pabrikan yang bisa dilihat pada sisi samping pintu pengemudi.

Jika tekanan angin kurang, ban akan keausan di sisi luar. Dan apabila angin terlalu tinggi melebihi pedoman, malah bagian tengah tapak ban yang lebih tipis. 

Kamu juga perlu berhati-hati dalam memompa ban, jangan sampai tidak sesuai dengan tekanan yang disarankan. Bila tekanan diberikan berlebihan, putaran panas yang tinggi menyebabkan risiko pecah ban.

Memperbaiki Ban Mobil Botak Sebelah

Ban mobil yang aus tidak merata bisa diperbaiki dengan membawanya langsung ke tenaga ahli atau bengkel terpercaya. Teknisi akan mengecek kendala dan segera melakukan service

Nantinya ban akan diganti dengan yang baru. Setelah itu spooring atau wheel alignment sebaiknya dilakukan setiap kali melakukan penggantian ban. Tak hanya itu, ketika pengemudi merasakan kemudi mobilnya tidak terasa lurus alias condong ke salah satu sisi bisa diatasi dengan spooring

Apabila belum sempat ke bengkel, kamu bisa mengecek kondisi bagian kaki mobil terlebih dahulu dengan mengikuti langkah ini:

  1. Dongkrak mobil di bagian tengah agar keseluruhan roda terangkat. 
  2. Goyangkan ban ke seluruh sisi (atas, bawah, kanan kiri). Bila terasa ada yang longgar, berarti terdapat masalah dan perlu segera diperbaiki. 
  3. Turunkan dongkrak, lalu fokus pada posisi ban. Jika posisinya miring, biasanya disebabkan ball joint aus, rusak atau perlu diganti yang baru. Namun bisa juga terjadi masalah pada bagian sayap karena setelannya kurang pas. Kamu bisa menyetelnya dengan baut untuk merubah dan menggeser posisi ban.

Setelah posisi ban tegak lurus, kamu perlu menyelaraskan antara ban kanan dan ban kiri. Apabila dapat melakukan spooring sendiri, kamu bisa mengerjakannya. Namun bila penangan sendiri belum dirasa maksimal, kamu bisa mengunjungi bengkel ahli.

Untuk mengantisipasi biaya resiko dari ban mobil botak, kamu bisa memberikan proteksi untuk kendaraanmu. Perlindungan maksimal bisa diberikan dengan asuransi mobil. 

Kamu bisa menemukan asuransi mobil terbaik di Cekpremi, dari Mega Insurance, Simas Insurtech, Intra Asia, dan Staco Mandiri. Keempatnya juga memberikan beberapa tipe produk, seperti Total Loss Only (TLO), Comprehensive, dan All Risk.

TLO memberikan jaminan penggantian kerugian atas risiko seperti kehilangan dan kerusakan besar. Comprehensive menawarkan jaminan proteksi minor hingga menyeluruh. Dan kamu pun bisa menambahkan perluasan untuk kondisi tertentu di All Risk

Dapatkan segera cashback menarik untuk pembelian produk asuransi mobil di Cekpremi, portal online nomor satu dan terpercaya di Indonesia.

Pertanyaan Seputar Ban Mobil Botak Sebelah

Apa Penyebab Ban Mobil Aus?

Penyebab ban mobil aus karena posisi ban yang miring atau tidak lurus dan setelan suspensi yang kurang pas. Sehingga penekanan tapak ban terjadi lebih besar pada salah satu sisi, sementara sisi lainnya cenderung terangkat. Penyebab lainnya karena tekanan angin tidak sesuai dengan pedoman yang ditentukan.

Apa Kegunaan Spooring Ban?

Spooring adalah proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan pengaturan pabrik. Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala.