Beli Tanah atau Rumah? Ini yang Paling Menguntungkan!

Jun - 04
2021
beli tanah atau rumah

Beli Tanah atau Rumah? Ini yang Paling Menguntungkan!

Dilema membeli rumah atau tanah sudah menjadi dilema banyak orang yang ingin berinvestasi. Keduanya memiliki keuntungan nya tersendiri membeli rumah artinya nilai jual akan semakin tinggi namun biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. Jika kalian membeli tanah biaya yang diperlukan juga sedikit namun harga jual tidak tinggi. Yuk simak mana pilihan yang cocok bagi kalian di artikel ini!

Beli tanah atau rumah? Berikut pertimbangannya!

– Tanah lebih murah jika dibandingkan dengan rumah

Membeli tanah artinya kalian hanya membeli hak kepemilikan suatu bidang tanah tidak termasuk harga bangunan yang berdiri di tanah tersebut. Harga tanah yang berada di pinggiran kota biasanya juga jauh lebih murah.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Cocok sekali bagi kalian yang ingin berinvestasi dengan membeli tanah, kalian bisa membangun cluster/perumahan sendiri dan mendapatkan keuntungan dari sana. Kalian juga bisa menyewakan tanah untuk acara dan juga lahan parkir.

– Sesuaikan dengan tujuan investasi kalian

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli rumah atau tanah pastikan aset yang kalian beli sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jika tujuan kalian membeli aset properti untuk menghasilkan penghasilan pasif yang besar maka membeli rumah lebih disarankan.

Namun jika tujuan investasi kalian adalah untuk mendapatkan penghasilan pasif yang kecil dan aman, maka membeli tanah adalah pilihan yang terbaik.

– Pengurusan dokumen untuk tanah lebih rumit dibandingkan dengan rumah

Jika kalian membeli tanah, biasanya kalian akan mengurus semua dokumen legalitas oleh diri kalian sendiri. Mulai dari sertifikat tanah, IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SIPPT (Surat Izin Penunjukkan dan Penggunaan Tanah), PBB (Pajak Bumi Bangunan) semua harus diurus agar tanah yang kalian beli aman dari sengketa.

Berbeda dengan kalian membeli rumah, biasanya dokumen legalitas sudah diurus oleh pihak developer. Cukup membayarkan sejumlah uang, maka kalian tinggal terima beres deh!

 

Baca juga artikel properti kami lainnya: 

Ingin Investasi Tanah? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Dahulu!

Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Menguntungkan di 2021?

 

– Beli rumah tidak bisa menentukan desain sendiri

Bagi kalian yang ingin membangun rumah impian yang berdasarkan desain kalian sendiri, kami sarankan untuk membeli tanah. Pada saat kalian membeli rumah, desain ruang sudah diatur oleh pihak pengembang dan biasanya tidak bisa kalian rubah-rubah.

Harga tentunya lebih murah jika kalian membeli rumah yang sudah jadi namun kekurangannya adalah kalian tidak bisa merancang rumah sesuai dengan keinginan kalian.

Berbalik dengan kalian membangun rumah sendiri, biaya yang dibutuhkan biasanya lebih mahal sedikit. Namun desain ruang dan eksterior rumah bisa kalian tentukan sendiri.

Mana yang paling menguntungkan rumah atau tanah?

Jika kalian bertanya mana yang lebih menguntungkan jawabannya adalah tergantung tujuan investasi kalian keduanya sama-sama memberikan untung.

Kalau kalian membeli tanah untung yang didapat sedikit namun biaya perawatan tidaklah besar.

Sebaliknya jika kalian membeli rumah untung yang didapat bisa lebih besar dibandingkan dengan tanah namun biaya perawatan rumah juga tidaklah sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *