Bisnis Perumahan, Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan

Mei - 13
2021
developer perumahan

Bisnis Perumahan, Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan

Bisnis properti adalah salah satu peluang bisnis jangka panjang yang menjanjikan. Termasuk di dalam bisnis ini adalah kepemilikan aset, contohnya tanah dan bangunan, termasuk sarana dan prasarana yang ada di dalamnya. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa bisnis properti adalah kegiatan jual beli atau sewa menyewa produk properti agar mendapat keuntungan. Bentuk produk beragam, mulai dari sewa menyewa rumah, vila, kost, hingga bisnis perumahan. Berawal untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan pasar akan rumah pribadi, kemudian berkembang untuk memenuhi kebutuhan usaha perkantoran, perdagangan dan perindustrian.

Peluang Bisnis Properti 

bisnis perumahan

Berbisnis Sebagai Broker

Sebelum menjadikannya sebagai pekerjaan utama, Anda bisa mencobanya sebagai pekerjaan sampingan. Yah, walaupun kemungkinan hasilnya tidak sebesar broker profesional yang menekuni profesi secara serius dan penuh waktu. Sebagai broker, Anda bisa menawarkan berbagai macam properti yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan mendapat keuntungan dari setiap penjualan yang berhasil dicapai.

Menjadi Investor Properti 

Selain itu, untuk menjalani bisnis properti Anda juga bisa menjadi investor dengan memiliki properti untuk disewakan. Bisa dalam bentuk rumah kos, guest house, homestay, rumah, apartemen, atau properti yang dikelola secara lebih profesional dengan modal dan omset besar seperti hotel, condotel, taman wisata, dan lain-lain.

Menjadi Flipper

Cara kerja seorang flipper lebih simpel tetapi perlu ketekunan luar biasa untuk melakukannya. Langkah awal musti hunting properti dulu, kemudian bernegosiasi dengan pemilik selanjutnya mencari pembeli. Prinsipnya kerja seorang flipper adalah membeli properti, kemudian menjual secepatnya sehingga anda mendapatkan capital gain. 

Menjadi Developer Perumahan 

Untuk memulainya bisa dengan menjadi penjual kavling tanah satu atau dua unit, kemudian baru menjual banyak kavling dalam suatu kawasan. Tentukan hasil dari bisnis ini adalah putaran omsetnya besar. Bayangkan, jika proyek Anda terdiri dari 5 unit saja sudah memungkinkan Anda memiliki omset satu miliar bahkan lebih.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Developer Perumahan?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari lahan yang layak untuk dijadikan proyek. Pertimbangkan harga dan lokasi yang strategis. Jika Anda memiliki uang yang cukup, beli lahan secara tunai. Pembelian lahan juga bisa dilakukan secara bertahap. Kemudian urus perijinan, buat perencanaan, bangun fisik proyek dan pasarkan. Semua itu bisa Anda lakukan sendiri, namun bisa juga Anda serahkan kepada vendor. 

Developer properti, lebih banyak mengandalkan kekuatan outsource dalam pelaksanaannya. Anda tidak membutuhkan keahlian teknis untuk sukses sebagai developer properti. Anda tidak dituntut harus pintar ngaduk semen, memasang bata atau menggali dan memasang batu kali di pondasi. Semua itu sudah ada ahlinya, Anda hanya dituntut untuk mampu mengelola sumber daya tersebut.

Kerjasama Lahan Juga Bisa Menjadi Alternatif

Selain pembayaran secara bertahap, strategi akuisisi lahan yang bisa anda praktekkan adalah menawarkan kerjasama lahan kepada pemilik lahan. Pada prinsipnya kerjasama lahan sama dengan pembayaran bertahap. Hanya saja pada kerjasama lahan ini pemilik lahan juga berhak mendapatkan laba proyek. 

Jadi pemilik tanah mendapatkan harga tanahnya dan keuntungan proyek. Harga tanah dibayarkan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan. Pada umumnya pola pembayaran yang disepakati adalah pembayaran bertahap sesuai dengan unit terjual. Sedangkan keuntungan proyek dibayarkan pada saat proyek sudah selesai, sehingga keuntungan proyek sudah dihitung dan disepakati. Pembagian keuntungan proyek bersamaan dengan pembagian keuntungan proyek yang menjadi hak developer.

Dapatkan Investor Untuk Membiayai Bisnis Perumahan Anda

Jika belum memiliki modal, Anda bisa mencari investor yang akan membiayai seluruh proyek Anda. Investor biasanya akan menanamkan modal untuk bisnis yang dirasa potensial. Jadi pastikan proyek yang Anda ajukan telah matang dan memiliki potensi keuntungan tinggi. Kemudian tentukan pembagian keuntungan dengan pihak investor. 

Memiliki bisnis perumahan berarti Anda harus mengatur dengan baik manajemen proyek, mulai dari proses pembangunan hingga pemasaran. Tentunya bisnis ini juga bisa memberikan keuntungan yang besar lho dan bisa untuk ditekuni jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

asuransi properti cekpremi