5 Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan!

Nov - 09
2021
bisnis tanaman hias

5 Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan!

Anda berencana untuk memulai suatu bisnis, tapi bingung kira-kira bisnis apa yang akan digeluti? Nah, bisnis tanaman hias bisa menjadi salah satu pilihan tepat, lho! Ya, faktanya berjualan tanaman hias bisa mendatangkan keuntungan yang banyak, asalkan Anda tahu trik-triknya dan tekun dalam menggelutinya.

Berikut ini sejumlah tips memulai bisnis tanaman hias beserta daftar tanaman hias yang berpotensi menghasilkan profit besar untuk Anda. Yuk, disimak!

Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

Sama seperti jenis usaha atau bisnis lainnya, berbisnis tanaman hias juga memerlukan persiapan yang matang agar Anda terhindar dari kerugian. Lantas, apa saja tips yang perlu Anda terapkan saat ingin menggeluti bisnis yang satu ini?

1. Gali Informasi Soal Tanaman Hias Sebanyak-banyaknya

Pertama, Anda membutuhkan pengetahuan dan keterampilan soal tanaman hias yang mumpuni. Selain agar Anda bisa melakukan perawatan tanaman dengan baik, ini juga bertujuan agar Anda tidak bingung ketika ditanya oleh konsumen.

Oleh sebab itu, sebelum terjun ke dalam bisnis ini, Anda sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanaman hias, mulai dari harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang jenis, cara perawatan, hingga harga jual.

Harga tanaman hias di pasaran sangat beragam dan ditentukan oleh sejumlah faktor seperti jenis, estetika, kesuburan, pertumbuhan, dan perawatannya. Sebagai langkah awal, ada baiknya Anda menjual jenis tanaman yang harganya relatif terjangkau dan perawatannya mudah.

2. Pilih Jenis Tanaman Hias yang Banyak Peminatnya

Tips selanjutnya adalah memilih jenis tanaman hias yang tergolong banyak peminatnya. Anda tentu ingin mendapatkan keuntungan, bukan?

Apabila Anda cenderung menjual tanaman berbentuk bunga, memilih fokus, maka pilihlah jenis bunga yang laku di pasaran sehingga daya jualnya stabil dan tidak hanya musiman. Hal serupa juga berlaku untuk tanaman dalam bentuk dedaunan.

3. Gunakan Media Tanam Berkualitas

Media tanam menjadi hal yang paling utama dalam bisnis tanaman hias. Agar tanaman yang Anda jual benar-benar berkualitas, tentunya diperlukan media tanam yang berkualitas juga/

Untuk awal-awal, Anda bisa membeli media tanam di took-toko online maupun offline. Namun ke depannya, Anda bisa membuat media tanam sendiri agar biaya perawatan dapat ditekan.

4. Pilih Lokasi Tanam yang Strategis

Selain media tanam, lokasi tanam juga memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis ini. Pilihlah lokasi yang ramai dan mudah dijangkau sehingga potensi keuntungan yang didapat semakin besar.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan luas area tanam, mengingat bisnis tanaman hias tentunya membutuhkan area yang cukup luas. Tidak ketinggalan, pastikan lokasi menanam memiliki suhu yang ideal guna menunjang pertumbuhan tanaman.

5. Maksimalkan Promosi

Namanya juga bisnis, maka promosi juga menjadi faktor kunci kesukesan yang harus dimaksimalkan. Buatlah konten promosi yang menarik, pun packaging-nya agar konsumen tertarik untuk membeli tanaman hias Anda.

Ada banyak sekali referensi konten promosi yang bisa Anda temukan di internet. Setelah itu, manfaatkan medium promosi secara online melalui media sosial maupun e-commerce guna menjangkau banyak konsumen sehingga peluang terjadinya transaksi akan semakin besar.

Bisnis Tanaman Hias, Ini Jenis Tanaman yang Menguntungkan

Nah, pada poin kedua di atas, dijelaskan bahwa salah satu tips berbisnis tanaman hias adalah memilih jenis tanaman yang menguntungkan, dalam artian banyak peminatnya.

Beberapa contoh tanaman hias yang bisa dikatakan laris manis di pasaran antara lain sebagai berikut:

  • Sansevieria
  • Daun Puring
  • Philodendron
  • Pachypodium (Madagascar palm)
  • Euphorbia
  • Caladium
  • Bromelia
  • Anthurium
  • Alokasia
  • Aglaonema
  • Adenium

Itu dia informasi mengenai tips bisnis tanaman hias bagi Anda yang tertarik untuk menggelutinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid