7 Cara Ampuh Menghilangkan Karat, Mudah untuk Dicoba!

Jun - 29
2021
cara menghilangkan karat

7 Cara Ampuh Menghilangkan Karat, Mudah untuk Dicoba!

Karat merupakan sebuah kondisi yang membuat alat yang berbahan dasar logam menjadi tidak enak untuk dipandang. Selain tidak enak untuk dipandang, besar kemungkinan jika dibiarkan, maka sebuah alat akan rusak. Namun ternyata ada solusinya loh untuk menghilangkan karat. Yuk simak 7 cara menghilangkan karat yang ampuh dan mudah untuk dilakukan di artikel ini!

7 cara ampuh menghilangkan karat

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan karat yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

– Amplas

Amplas sering digunakan untuk tahap finishing suatu benda agar permukaan benda tersebut bisa halus. Namun ternyata amplas juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat loh! Cukup gosokkan amplas ke bagian yang berkarat maka karat secara perlahan akan menghilang. Jangan terlalu keras ya saat menggosokkan amplas ke karat!

– Cuka biasa

Selain digunakan sebagai bahan penyedap makanan, ternyata cuka juga dapat digunakan sebagai bahan penghilang karat loh! Cara menggunakannya adalah dengan merendam benda yang berkarat dan diamkan selama 24 jam, lalu setelah itu gosok bagian yang berkarat menggunakan spons secara perlahan ya!

– Baking soda

Bahan satu ini terkenal akan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Siapa sangka ternyata baking soda juga memiliki kegunaan lain yaitu membersihkan karat. Campurkan baking soda dengan air dan aduk hingga mengental. Setelah itu oleskan ke bagian yang berkarat dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian gosok dengan kain dan ulangi proses ini sebanyak 2-3 kali.

– Kombinasi kentang dan sabun cuci piring

Jika kalian memiliki sisa kentang yang tidak terpakai, maka sebaiknya gunakan untuk menghilangkan karat. Caranya adalah dengan mencampurkan kentang yang sudah diblender dengan sabun cuci piring. Oleskan pada bagian yang berkarat dan diamkan selama beberapa menit. Jika sudah gosok bagian yang sudah dioleskan dengan spons kasar lalu bilas.

Baca juga artikel tips & trik kami lainnya:

Simak Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

– Menggunakan solar

Solar memiliki kandungan khusus yang mampu menghilangkan karat pada benda-benda seperti tang, obeng dan alat sejenisnya. Cara menggunakannya cukup mudah, rendam alat yang berkarat di wadah yang sudah berisikan solar dan diamkan selama 1 jam. Jika sudah, angkat benda dan kalian bisa melihat karat sudah hilang dengan sendirinya.

– Minuman bersoda

Selain segar untuk diminum, ternyata minuman bersoda dapat dijadikan sebagai bahan penghilang karat loh! Tuangkan minuman bersoda ke wadah kosong dan rendam benda yang berkarat dan diamkan sampai karat menghilang. Jika sudah bilas dan lap dengan kain bersih.

– Asam sitrat

Kalian bisa mendapatkan bahan satu ini di toko kue terdekat. Cara menggunakannya juga sangatlah mudah, campurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat di dalam suatu wadah. Rendam benda yang karatan selama beberapa menit, lalu bersihkan sisa-sisa karat menggunakan sikat ataupun spons.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *