Modal Tekad dan Semangat, Begini Cara Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

Aug - 27
2021
bisnis kos kosan tanpa modal

Modal Tekad dan Semangat, Begini Cara Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

Bisnis properti memang menawarkan hasil yang sangat menggiurkan. Selain karena memiliki permintaan yang terus meningkat, harga jualnya juga terus naik seiring banyaknya permintaan. Tak terkecuali dengan bisnis kos-kosan. Ternyata ada beberapa cara untuk bisnis kos kosan tanpa modal.

Bisnis kos-kosan merupakan salah satu bisnis properti yang memberikan keuntungan besar. Dengan menyewakan kos-kosan, Anda bisa mendapatkan pemasukan rutin. Selain itu, pengelolaannya pun relatif mudah sehingga tidak memerlukan terlalu banyak usaha dan pengeluaran. Banyak pensiunan dan ibu rumah tangga yang memilih bisnis ini sebagai ladang pemasukan rutin jangka panjang mereka.

Seperti bisnis properti pada umumnya, bisnis kos-kosannya juga biasanya membutuhkan modal yang besar. Hal ini juga yang sering kali menjadi kendala bagi para kaum muda untuk memulai bisnis kos-kosan. Dengan modal yang minim, sulit rasanya bagi kaum muda untuk bisa membeli rumah dengan banyak kamar, menyiapkan perabotan dan peralatan di dalamnya, serta menggaji petugas rumah tangga atau keamanan.

Namun, Anda para kaum muda tidak perlu berkecil hati. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati keterbatasan modal tersebut, dan Anda tetap bisa memulai bisnis kos-kosan dengan modal terbatas atau bahkan tanpa modal. Cukup dengan tekad yang kuat untuk memulai usaha bisnis properti Anda. Berikut ini 3 cara bisnis kos kosan tanpa modal yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca juga: 5 Tips Investasi Properti di Masa Pandemi Agar Tetap Cuan

3 Cara Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

bisnis kosan

 

1. Menjadi agen pemasaran kost

Cara bisnis kos kosan tanpa modal yang pertama dan paling mudah adalah dengan menjadi agen pemasaran kost. Cara ini juga cocok sekali bagi kaum muda yang masih sekolah, kuliah, atau bekerja dan ingin mendapatkan pemasukan rutin sekaligus memulai bisnis kos-kosan. Anda bisa menawarkan diri kepada pemilik kos yang saat ini Anda tempati untuk mencarikan penyewa kos.

Selain mudah, Anda juga bisa melakukan penawaran kepada kolega, teman, atau mahasiswa lainnya untuk menjadi penyewa dengan berbagai macam cara. Dari usaha tersebut, Anda bisa mendapatkan imbalan yang bervariasi tergantung kesepakatan dengan pemilik kos. Apabila kos yang Anda tawarkan saat itu sudah penuh, Anda bisa menjadi agen pemasaran dari beberapa kos lainnya juga, lho!

2. Menjadi pengelola kost

Selain menjadi agen pemasaran kos, cara memulai bisnis kos kosan tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi pengelola kost. Cobalah menawarkan diri Anda kepada pemilik kos-kosan untuk menjadi pengelola kos yang ia miliki. Jasa ini biasanya sangat dibutuhkan oleh para pemilik kos-kosan yang tinggal jauh dari rumah kos mereka. Anda bisa meminta gaji bulanan atau komisi dari harga sewa kos kepada pemilik kos.

Menjadi pengelola kos dan bertanggung jawab dengan kebersihan, keamanan, dan berbagai pengelolaan kos-kosan lainnya mungkin memberikan kesan sebagai pekerjaan yang tidak mudah. Namun, Anda juga tidak harus mengerjakan semuanya sendiri. Anda bisa menggunakan jasa seperti asisten rumah tangga untuk kebersihan. Selain itu, Anda juga bisa membuka usaha lain seperti berjualan kebutuhan anak kos untuk menambah penghasilan. Menggiurkan sekali, bukan?

3. Menyewakan kamar kosong yang ada di rumah

Cara bisnis kos-kosan tanpa modal yang ketiga dan tak kalah gampang adalah dengan menyewakan kamar kosong di rumah Anda. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan kamar layak huni namun jarang ditempati. Misalnya, kamar yang hanya ditempati ketika ada keluarga dari luar kota yang menginap. Nah, Anda bisa menyewakan kamar ini dan mendapatkan pemasukan rutin.

Cara satu ini seringkali dipandang sebelah mata karena terlihat kecil. Namun, jika Anda lakukan, usaha ini bisa memberikan pemasukan yang dapat Anda gunakan untuk membayar tagihan-tagihan seperti air, telepon, dan listrik. Bahkan, hasil yang Anda kumpulkan juga bisa untuk membiayai liburan.

Jadi, apakah Anda akan menggunakan cara bisnis kos kosan tanpa modal yang mana? Cara manapun yang Anda gunakan untuk memulai bisnis, hal yang perlu diingat adalah konsistensi. Banyak bisnis yang tidak berjalan lancar di awal, namun akan berkembang seiring perjalanan waktu. Semoga artikel ini membantu, ya, dan selamat memulai bisnis properti Anda.

Baca juga: Bisnis Properti Syariah, Cara Memulai dan Tips Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi
banner asuransi covid