5 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

cara cek bpjs kesehatan aktif atau tidak

Last Updated on February 21, 2022 by

Memiliki BPJS Kesehatan memberikan perlindungan finansial jika Anda atau keluarga sedang jatuh sakit, karena Anda tak harus pusing memikirkan biaya pengobatan yang mahal. Pasalnya, BPJS Kesehatan akan menanggung biayanya. Jika Anda ingin berobat ke Puskesmas atau rumah sakit rujukan BPJS, penting untuk mengecek status kepersertaan Anda terlebih dahulu. Hal ini untuk jaga-jaga kalau ternyata BPJS Kesehatan tidak aktif otomatis Anda harus mengeluarkan uang untuk berobat. Tapi Anda tak perlu panik karena Anda bisa cek kepesertaan BPJS Kesehatan apakah masih aktif atau tidak baik itu secara online atau offline. Berikut Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak.

Melalui Aplikasi Mobile JKN

status kepersertaan bpjs kesehatan aplikasi mobile jkn

Cara pertama untuk mengetahui BPJS Kesehatan milik Anda aktif atau tidak melalui aplikasi Mobile JKN.

Langkah 1: Download aplikasi Mobile JKN di smartphone

  • Apabila Anda pengguna Android bisa men-download-nya di Google PlayStore atau jika Anda pengguna iPhone bisa men-download-nya di App Store secara gratis.

Langkah 2: Buka aplikasi Mobile JKN

  • Setelah download dan instalasi selesai, buka aplikasi Mobile JKN.

Langkah 3: Lakukan pendaftaran JKN Mobile atau langsung Sign In

  • Apabila ini adalah kali pertama Anda mengecek status BPJS Kesehatan, pilih Daftar. Kemudian, pilih lagi Pendaftaran Pengguna Mobile. Setelah itu, langsung ke langkah 4 di bawah ini.
  • Jika sebelumnya Anda sudah pernah mengecek status BPJS Kesehatan Anda melalui aplikasi Mobile JKN, langsung masukkan data yang diminta seperti pilihan Jenis Kartu (nomor kartu BPJS Kesehatan atau nomor induk kependudukan/NIK KTP), password, dan captcha. Klik Sign In.

Langkah 4: Isi data diri

  • Setelah Anda klik Pendaftaran Pengguna Mobile, masukkan data yang diminta seperti memilih jenis kartu bisa nomor kartu BPJS Kesehatan atau NIK KTP.
  • Kemudian, masukkan nomor handphone Anda yang aktif dan password Anda untuk aplikasi Mobile JKN. Ketik lagi password Anda untuk konfirmasi.

Langkah 5: Pilih menu Peserta

  • Setelah selesai melakukan pendaftaran dan melakukan Sign In, pilih menu Peserta. Di sini Anda akan melihat tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda sekaligus status BPJS Kesehatan Anda apakah masih aktif atau tidak.

Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Apabila Anda sedang tidak memegang handphone atau ingin mengeceknya lewat laptop dan PC, Anda bisa mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan. Patut dicatat, bahwa seringkali laman BPJS Kesehatan ini tidak bisa diakses.

Jika Anda ingin mencobanya berikut caranya:

Langkah 1: Kunjungi BPJS-Kesehatan.go.id

  • Buka browser Anda, lakukan pencarian di mesin pencari Google dengan mengetik BPJS Kesehatan. Nanti hasil pencarian akan langsung menampilkan situs resmi BPJS Kesehatan, aau Anda bisa mengklik langsung tautan BPJS Kesehatan.

Langkah 2: Isi data diri

  • Isi data yang diminta seperti nomor kartu BPJS Kesehatan Anda dan tanggal lahir. Mohon isilah data dengan benar.

Langkah 3: Status BPJS Kesehatan ditampilkan

  • Selanjutnya,  sistem di website akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan, termasuk status iuran.

Melalui WhatsApp layanan CHIKA

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak di hp

CHIKA kependekan dari Chat Assistant JKN adalah layanan dalam bentuk chatbot atau layanan informasi ini secara otomatis direspons oleh sistem.

Melalui CHIKA, Anda dapat melakukan cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data faskes, maupun informasi letak faskes atau kantor BPJS Kesehatan. Caranya:

  • Whatsapp CHIKA di nomor 0811-8750-400
  • Tulis pesan “Halo CHIKA”
  • Sistem akan otomatis membalas pesan singkat Anda, “Saya bisa membantu dalam memberikan informasi: 1. Cek Status Peserta BPJS Kesehatan, 2. Cek Tagihan BPJS Kesehatan, 3. Lokasi Faskes, dan lainnya
  • Sesuai informasi yang Anda inginkan, maka balas dengan menuliskan nomor “1”
  • Maka sistem akan membalas dengan jawaban informasi yang kamu minta, apakah status kepesertaan BPJS Anda aktif atau nonaktif

Melalui Call Center

Selain tiga cara di atas, Anda juga bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. Setiap peserta bisa menanyakan secara langsung kepada petugas mengenai status kepesertaan dengan menyebutkan NIK atau nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

Datang ke Kantor Cabang atau Rumah Sakit Rujukan

cara cek bpjs kesehatan aktif atau tidak di kantor cabang and rumah sakit rujukan

Terakhir, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak juga dapat dilakukan dengan cara mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat atau apabila Anda sedang di rumah sakit rujukan biasanya petugas BPJS Kesehatan juga ditempatkan di situ.

Para petugas ini pada umumnya menggunakan rompi khusus. Nah, Anda pun bisa menanyakan status BPJS Kesehatan Anda kepada petugas tersebut.

Bagaimana Cara Agar Status BPJS Kesehatan Aktif Terus?

Agar BPJS Kesehatan Anda aktif terus, setiap bulannya Anda harus membayar iuran baik itu secara mandiri atau potong gaji oleh perusahaan. Selain dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan, BPJS Kesehatan juga bisa digunakan untuk mengontrol kesehatan seperti meminta vitamin.

Tak sampai di situs, agar lebih hemat, misalnya ketika Anda sakit flu, lebih baik berobat ke Puskesmas daripada ke Klinik 24 Jam. Karena kalau di Puskesmas dan menggunakan BPJS Kesehatan, Anda tidak perlu membayar sepeserpun.  Belum punya BPJS Kesehatan? Yuk, daftar BPJS Kesehatan sekarang!

Itulah beberapa cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak yang dapat Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian. Karena pertanggungan BPJS Kesehatan yang terbatas, Anda sebaiknya juga memiliki asuransi kesehatan swasta.

Untuk harga preminya jangan khawatir! Karena ada asuransi kesehatan murni yang memiliki harga premi murah. Mau tau lengkapnya? Yuk, cek dan bandingkan Asuransi Kesehatan di CekPremi.