13 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

Oct - 04
2021
cara menggunakan kartu kredit

13 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

Last Updated on October 6, 2021 by Andini

Ibarat pedang bermata dua, kartu kredit bisa menguntungkan jika digunakan dengan benar. Di sisi lain, produk finansial ini juga bisa menjadi senjata makan tuan apabila Anda tidak bijak dalam menggunakannya. Bagi Anda yang baru ingin apply atau baru saja mempunyai kartu kredit, berikut adalah cara cerdas menggunakan kartu kredit untuk pemula.

Kartu kredit memiliki banyak kemudahan, salah satunya memberi kebebasan untuk membeli apa pun yang kita suka kapan saja tanpa harus khawatir membayarnya secara tunai.

Karena alasan itu, kartu kredit mendapatkan reputasi sebagai salah satu produk keuangan yang paling disukai dalam menangani krisis keuangan. Apalagi promo-promo diskon yang ditawarkan kera kali membantu menghemat dan memberi gaya hidup yang lebih baik.

Terlepas dari manfaatnya, kartu kredit juga bisa menjadi bencana. Tak jarang, ada orang yang tak mampu membayar tagihan akan terjerat hutang hingga dikejar oleh depkolektor. Bahkan, kasus orang bunuh diri atau kabur karena hutang kartu kredit pun sering terjadi.

Oleh karenanya, bagi Anda yang hendak atau baru saja memiliki kartu kredit, sangat penting untuk memahami apa yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika menggunakan produk ini.

Ketika Anda bijak menggunakannya, kartu kredit akan membawa keuntungan. Berikut ini adalah tips dan cara cerdas dalam menggunakan kartu kredit agar tidak terbelit hutang dan bunga yang tinggi.

1. Tentukan limit dan sesuaikan dengan tabungan dan penghasilan

Jangan terlalu memaksakan diri ketika Anda berbelanja online atau offline dengan nominal yang besar. Dengan kata lain, sesuaikan dengan pendapatan Anda. Pastikan dulu setidaknya total tabungan Anda memiliki jumlah yang lebih dari hutang Anda.

Hal ini untuk mengantisipasi apabila tiba-tiba Anda tidak mendapatkan penghasilan, Anda masih sanggup membayar tagihannya. Memang terlihat asyik memiliki kartu kredit apalagi yang limitnya besar. Akan tetapi, akan lebih membahayakan jika Anda tidak bisa membayar tagihan kartu kredit tersebut karena terlalu memaksakannya.

2. Kelola anggaran dengan baik

Gunakanlah kartu kredit sesuai anggaran atau budget Anda. Limit pada kartu kredit bukan berarti membatasi Anda dalam memakai kartu kredit atan tempat berhutang.

Kartu kredit dapat memberikan manfaat apabila Anda jadikan sebagai alat pembayaran untuk memudahkan transaksi. Jadi Anda boleh saja memiliki hutang asalkan jangan sampai membeli barang di luar kemampuan Anda.

3. Bayar tagihan Anda secara penuh setiap bulannya

Cara bijak menggunakan kartu kredit terbaik agar terhindar dari hutang  adalah dengan membayar tagihan Anda secara penuh setiap bulannya. Untuk bisa melakukan ini, pastikan Anda hanya berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Sama seperti Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR, kartu kredit adalah alat untuk membangun kredit dan alat untuk membayar suatu barang atau layanan secara bertahap, sehingga Anda tidak boleh menggunakannya sebagai cara untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Bayar tagihan Anda tepat waktu

4. Bayar tagihan Anda tepat waktu

Selain membayar tagihan secara penuh, pastikan Anda membayar tagihan tepat waktu. Banyak bank mengizinkan Anda mengatur pembayaran otomatis, sehingga uang dari rekening Anda dapat langsung ditarik langsung  sebelum jatuh tempo setiap bulan.

Apabila telat membayar, Anda dapat dikenakan bunga yang pada akhirnya mempersulit Anda. Pertimbangkan untuk melunasi tagihan Anda dalam sebulan jika sesuai dengan anggaran.

5. Pertahankan rasio pemanfaatan yang rendah

Idealnya, Anda ingin membayar saldo Anda secara penuh setiap bulan, tetapi jika itu tidak memungkinkan, cobalah untuk menjaga rasio pemanfaatan yang rendah.

Rasio pemanfaatan Anda adalah persentase kredit. Katakanlah Anda memiliki batas kredit sebesar Rp50 juta. Jika Anda berbelanja Rp25 juta menggunakan kartu kredit, Anda memiliki rasio pemanfaatan 50 persen.

Persentase yang lebih tinggi daripada itu dapat mempersulit Anda untuk melunasi hutang yang nantinya akan menurunkan skor kredit Anda. Sebagai saran, pertahankan rasio pemanfaatan Anda di bawah 30 persen.

6. Pahami persyaratan kartu kredit Anda

Sebelum Anda menggunakan kartu kredit, bacalah perjanjian untuk memahami kapan Anda akan dikenakan biaya lebih, bagaimana bunganya, dan kapan bunga itu akan meningkat. Pilih kartu yang sesuai dengan kebiasaan belanja dan tujuan keuangan Anda.

7. Jangan memiliki lebih dari satu kartu kredit dalam waktu singkat

Banyak bank yang menawarkan kartu kredit dengan promo-promo dan diskon yang menarik. Di sisi lain, ini juga dapat membuat Anda menumpuk hutang.

Memiliki kartu kredit lebih dari satu akan membuat Anda kesulitan untuk melacak tagihan Anda, sekaligus mempersulit Anda dalam mengatur pengeluaran dan tanggal pembayaran.

Ditambah, memiliki kartu kredit di luar kemampuan juga dapat berdampak negatif pada skor kredit dan ada kemungkinan pengajuan baru Anda ditolak jika apply banyak kartu dalam beberapa bulan.

8. Hindari tarik tunak menggunakan kartu kredit Anda di ATM

Ya, kartu kredit memberi Anda fasilitas untuk tarik tunai dari ATM. Tapi haruskah Anda melakukannya? Jangan pernah melakukan hal ini, kecuali Anda dalam situasi yang terdesak.

Hal ini dikarenakan mengambil uang tunai menggunakan kartu kredit akan ditarik bunga sekitar 2,5 persen setiap bulannya. Jadi, jangan perlakukan kartu kredit Anda seperti kartu debit. Jika tidak dibayar tepat waktu bunga akan terus meingkat.

9. Bayar dulu tagihan berbunga tinggi

Kredit macet salah satunya juga disebabkan karena bunga yang terlampau tinggi. Untuk itu, Anda harus memprioritaskan pembayaran tagihan yang berbunga tinggi.

Buatlah rencana keuangan yang baik dan tuliskan semua hutang Anda. Singkirkan hutang berbunga tinggi Anda terlebih dahulu sambil terus membayar tagihan Anda yang lain.

10. Hati-hati dengan penawaran promosi

Bank umumnya memikat nasabah (baik yang sudah lama maupun yang baru) dengan penawaran promosi dan diskon. Meskipun penawaran ini tampaknya menguntungkan, Anda harus memahami persyaratannya secara menyeluruh agar Anda tidak jatuh ke dalam perangkap untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

11. Jangan gunakan kartu kredit untuk berbelanja dalam jumlah kecil

Karena kemudan yang ditawarkan kartu kredit, banyak orang terbiasa melakukan pembelian dalam jumlah kecil. Jika ini menjadi kebiasaan tanpa Anda sadari hutang akan semakin menumpuk.

Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit hanya untuk pembelian besar dan cobalah untuk mengatur uang belanja dengan baik.

12. Manfaatkan hadiah Anda sebaik-baiknya

Kartu kredit biasanya menawarkan reward dalam bentuk diskon, voucher, atau akses gratis ke airport lounge. Untuk itu, gunakan kartu kredit sebaik mungkin agar Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari reward, pastikan Anda membayar hutang Anda secara penuh.

13. Segera laporkan kartu kredit yang hilang atau hilang

Jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri, segera laporkan ke bank. Bank menggunakan chip yang tersemat dalam kartu kredit. Hal ini agar transaksi Anda lebih aman. Saat ini, bank pun sudah mendorong nasabah kartu kredit untuk menggunakan PIN alih-alih tanda tangan.

Hal ini untuk mencegah agar kartu kredit Anda tidak digunakan oleh pihak lain. Oleh sebab itu, segera lapor ke pihak bank apabila kartu Anda hilang agar Anda tidak dikenai biaya tagihan yang tidak Anda lakukan.

Nah, dari pembahasan seputar cara menggunakan kartu kredit di atas, jika digunakan dengan bijak, kartu kredit dapat membantu Anda secara finansial. Tetap berpegang pada tips ini, dan Anda akan terhindar dari hutang kartu kredit yang berlebihan.

Salah satu tips jitu agar terhindari dari hutang adalah dengan memiliki asuransi. Asuransi dapat dijadikan suatu kebiasaan menabung dengan tujuan menyiapkan dana darurat apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari terjadi.

Apakah Anda sudah melindungi diri Anda dengan asuransi? Kalau belum, yuk, lindungi diri Anda dan keluarga dengan produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan asuransi properti dari CekPremi.com. Kunjungi CekPremi.com untuk membandingkan produk asuransi pilihan Anda. Nanti tim kami akan menguhubungi Anda untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan profil Anda, tentu dengan premi yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid