Cara Daftar Rekening Jenius Lewat HP, Mudah dan Cepat

cara daftar jenius

Apakah Anda ingin membuka rekening tanpa harus pergi ke bank? Saat ini, ada satu layanan perbankan yang memungkinkan Anda untuk memiliki rekening bank tanpa harus datang ke kantor cabang yakni Jenius. Layanan ini merupakan produk perbankan dari BTPN. Anda bisa melakukan berbagai transaksi finansial baik itu menggunakan mata uang rupiah atau dolar AS hanya dengan menggunakan smartphone Anda. Berikut pembahasan cara daftar dan aktivasi rekening Jenius lewat HP.

Apa Itu Rekening Jenius?

jenius

Jenius (Banking Reinvented) adalah layanan perbankan dari BTPN yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan keuangan terbaik untuk Anda. Dengan Jenius, Anda memiliki kendali penuh dalam mengatur hidup dan keuangan melalui smartphone dengan aman, mudah, dan cerdas. 

Selain dapat membuka tabungan melalui smartphone tanpa perlu ke bank, Anda akan menemukan cara baru mengatur keuangan Anda dengan $Cashtag, Save It, Send It, Pay Me, Split Bill, eCard, dan lain-lain.

Jenis Kartu Jenius

jenis kartu jenius

Salah satu keuntungan menggunakan Jenius adalah Anda bisa menggunakan kartu tersebut dengan fungsi yang sama seperti kartu kredit. Agar aktivitas finansial menjadi lebih praktis dan lebih mudah Jenius menyediakan tiga jenis kartu.

Setelah mengikuti cara daftar jenius di bawah ini dan melakukan aktivasi, Anda akan mendapatkan dua jenis kartu debit yaitu m-Card dan dan e-Card. Berikut penjelasannya

m-Card

Seperti kartu debit pada umumnya yang dikeluarkan oleh bank, m-Card bisa Anda gunakan a untuk melakukan tarik tunai, pembayaran, maupun transfer di ATM atau di merchant yang bekerja sama dengan BTPN Jenius.

Sebagai kartu berlogo Visa, Anda juga bisa melakukan pembayaran online dan offline di seluruh merchant Visa baik di dalam maupun luar negeri. Tidak hanya bertransaksi dengan rupiah, Anda juga bisa memilih mata uang lain seperti dollar US, dollar Singapore, dll.

e-Card

Selain m-Card, Anda juga bisa memanfaatkan kartu debit virtual atau e-Card dari Jenius untuk bertransaksi secara online tanpa kartu kredit di semua merchant Visa. Setelah rekening Jenius aktif, maka kartu ini bisa segera digunakan.

x-Card

x-Card adalah kartu tambahan yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengatur pengeluaran yang spesifik. x-Card tersedia dalam bentuk fisik dan virtual. 

Dengan tiga pilihan warna yaitu hijau, biru, dan ungu Anda bisa mendapatkan kartu sesuai dengan warna favorit Anda. 

x-Card juga bisa Anda berikan kepada orang tersayang untuk kebutuhan tertentu. Anda pun bisa memantau penggunaan kartu tersebut melalui Card Center yang merupakan fitur dari aplikasi Jenius. Fitur ini juga memungkinkan kamu mengubah limit transaksi atau memblokir kartu.

Cara Daftar Rekening Jenius

cara daftar rekening jenius

Sebelum mengikuti langkah-langkah cara daftar rekening Jenius, Anda harus menyiapkan dokumen sebagai berikut.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP (Tidak wajib) Anda bisa memilih “Saya tidak memiliki NPWP” ketika proses pendaftaran. Namun, saat melakukan aktivasi rekening, Anda akan diminta menunjukkan NPWP penanggung dana. 

Dokumen pendukung saat proses video call, yakni

  • SIM
  • Passport
  • KTM atau identitas lain sesuai data KTP
  • Kertas untuk tanda tangan

Kemudian ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pendaftaran.

Langkah 1: Download Aplikasi Jenius

Langkah 2: Isi data pribadi

  • Masukkan email dan nomor handphone Anda yang aktif. Setelah itu, Anda akan dikirimkan kode OTP.

Langkah 3: Foto KTP

  • Foto KTP asli Anda dan pastikan KTP Anda terlihat jelas

Langkah 4: Personalisasi Akun Jenius

  • Ketik nama $Cashtag Anda yang bisa Anda pilih sesuai dengan pilihan Anda, lalu ketik nama untuk kartu debit Jenius Anda.

Langkah 5: Buat Password dan Pin

  • Buatlah password yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, huruf kapital, dan angka untuk autentifikasi transaksi di Jenius.
  • Kemudian, tentukan 6 digit PIN untuk login di aplikasi Jenius Anda.

Langkah 6: Aktivasi

  • Pilih aktivasi untuk mengaktifkan rekening Jenius Anda.

Cara Aktivasi Rekening Jenius

cara aktivasi jenius

Setelah Anda selesai melakukan pendaftaran akun Jenius, berikut ada cara untuk aktivasi rekening Jenius dan kartu debit Anda.

Video Call

Video Call Anda bisa memilih Jenius Crew agar menghubungi Anda untuk melakukan aktivasi akun.

Pastikan koneksi internet stabil dan patut dicatat bahwa jam operasional hari Senin sampai dengan Minggu, pukul 08.00-21.00. Tunggu untuk masuk ke dalam antrian pendaftaran.

Selama menunggu, Anda bisa mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti yang telah kami cantumkan di atas. Setelah Anda melakukan video call, bukalah email Anda dan cek pesan dari Jenius yang menyatakan rekening Anda sudah aktif.

Datang ke Jenius Live

Selain video call, Anda juga bisa berkunjung ke kantor cabang BTPN terdekat dengan membawa KTP asli untuk aktivasi akun. 

Tim Jenius nantinya akan meminta Anda untuk melakukan tanda tangan dan mengambil foto KTP Anda. Setelah itu, Anda akan mendapat pesan yang dikirim ke email Anda yang menyatakan rekening Jenius Anda telah aktif.

Cara Top Up Jenius

Sebelum Anda melakukan transaksi finansial, Anda harus melakukan top up dulu. Caranya sebagai berikut.

  • Aktifkan kartu fisik Jenius Anda karena nantinya Anda akan mentransfer uang ke rekening BTPN Anda dan transaksi dilakukan menggunakan kartu debit ini.
  • Transfer uang ke rekening BTPN Anda
  • Buka aplikasi Jenius Anda
  • Pilih menu Card Center
  • Pilih menu Top Up
  • Pilih kartu debit yang ingin Anda tambahkan untuk saldo dan tekan Lanjut
  • Masukkan nominal yang ingin Anda tambahkan dan cek kembali jumlah nominalnya
  • Pilih Konfirmasi

Jenius memudahkan Anda untuk melakukan transaksi finansial hanya dengan menggunakan smartphone Anda. Cara daftar dan aktivasi Jenius yang mudah menjadikan salah satu produk keuangan dari Bank BTPN ini favorit masyarakat Indonesia khususnya milenial. Anda bisa melakukan transfer dan melakukan pembayaran baik itu dalam negeri maupun internasional.

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →