Sebelum Membeli, Perhatikan Cara Kerja Reksadana Ini!

cara kerja reksadana

Last Updated on January 11, 2022 by Rhandy Verizarie

Investasi merupakan suatu hal penting yang harus dipersiapkan oleh manusia. Investasi sangatlah berguna jika seseorang ingin meraih financial freedom, yang artinya kalian bisa membeli segala hal yang kalian mau tanpa harus berpikir ulang. Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih adalah reksadana. Nah, sebelum itu, ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja reksadana berikut ini!

Apa itu Reksadana?

Pada dasarnya investasi reksadana artinya kalian membeli berbagai produk investasi yang digabung menjadi satu portfolio. Nah uang yang kalian investasikan selanjutnya akan dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Resiko kerugian otomatis akan lebih kecil karena uang kalian sudah dikelola oleh orang yang berpengalaman. Namun kalian harus membayar jasa manajer investasi tersebut.

Bagaimana Cara Memilih Reksadana yang Baik?

Banyak manajer investasi bertebaran di Indonesia, namun pastikan kalian mempercayakan uang kalian ke manajer investasi yang sudah terdaftar di OJK. Otomatis uang kalian akan aman karena sudah dijamin oleh lembaga keuangan milik pemerintah.

Jenis-Jenis Reksadana

Reksadana sendiri terbagi lagi menjadi 3 jenis yaitu reksadana saham, obligasi dan pasar uang. Mari simak cara kerja dari setiap jenis reksadana ini!

1. Reksadana Saham

Bagi kalian yang ingin untung banyak maka disarankan untuk membeli reksadana saham. Pergerakan harga di reksadana saham sangatlah tinggi, jika kondisi ekonomi sedang bagus maka otomatis kalian bisa untung banyak sebaliknya jika kondisi ekonomi lesu kalian bisa rugi banyak pula.

Pastikan kalian siap untuk menghadapi pergerakan harga saham yang dinamis sebelum terjun di reksadana saham ya!

2. Reksadana Obligasi

Bagi kalian yang ingin bermain lebih aman maka disarankan untuk memilih reksadana obligasi. Dibilang aman karena meskipun kondisi ekonomi sedang turun, nilai obligasi tidak terlalu terpengaruh. Jika kondisi ekonomi sedang bagus kenaikan nilai juga tidak terlalu tinggi juga. Cocok sekali bagi investor pemula yang ingin bermain aman.

3. Reksadana Pasar Uang

Ingin investasi dengan resiko rugi yang rendah namun tetap memberikan untung maka reksadana pasar uang jawabannya. Biasanya manajer investasi akan membelanjakan uang kalian ke Sertifikat Bank Indonesia, obligasi, dan deposito berjangka.Seluruh instrumen tersebut memiliki resiko kerugian yang sangatlah kecil namun tetap memberikan untung.

Bagaimana Cara Membeli Reksadana?

marketplace reksadana

Banyak cara untuk membeli reksadana, kalian bisa memanfaatkan berbagai pialang online yang sudah terdaftar di OJK seperti Bibit, Ajaib dan masih banyak lagi. Pastikan tempat kalian membeli reksadana sudah terdaftar di OJK agar uang kalian aman dan tidak disalahgunakan.

 

Dapatkan berbagai pilihan produk asuransi di Cekpremi!

Pilihan produk investasi tidak hanya reksadana kalian juga bisa membeli asuransi. Kalian bisa memilih dan membandingkan berbagai produk asuransi di Cekpremi. Kami memberikan banyak penawaran menguntungkan bagi customer baru kami segera kunjungi website Cekpremi yuk!

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →